Apakah Me Time itu Perlu?


Di tengah segala rutinitas dan kesibukan yang ada, me time merupakan hal yang sangat penting atau menjadi suatu kemewahan bagi seseorang. Me time yaitu kita menyediakan dan menyiapkan waktu untuk diri sendiri dan penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mental.
Selama ini, ada salah kaprah bahwa menghabiskan waktu untuk diri sendiri diasosiasikan dengan kesepian, sedih, atau antisosial. Ada juga orang yang merasa bersalah karena meluangkan waktu sendirian, padahal dikelilingi orang terkasih. Padahal, me time sejenak penting bagi tubuh dan baik untuk menjaga kesehatan mental.
Apakah me time itu perlu bagi teman-teman Youdics? dan Bagaimana cara teman-teman dalam meluangkan waktu sendiri atau me time?

Tentu saja, me time itu sangat-sangat perlu. Sebagai seorang yang rada introvert terkadang saya merasa capek berada ditengah banyak orang dalam waktu yang lama. Untuk itu, biasanya yang saya lakukan untuk membalikan mood dan energi adalah berkeliling kota menggunakan motor dengan headset ditelinga (jangan ditiru ya gabaik wkwk). Hal ini bagi saya sangat bermanfaat, terkadang saya menghabiskan waktu di jalan untuk berbicara sendiri menggunakan bahasa asing untuk melatih kemampuan saya dan untungnya saya sering memakai masker sehingga orang lain tidak akan mengecap saya sebagai orang yang aneh :laughing:

1 Like

Wah perlu banget dong! Menurutku me time itu berguna untuk meningkatkan kualitas dari diri kita, karena dengan me time kita memberikan kesempatan tubuh kita untuk beristirahat, menjernihkan pikiran sehingga mengurangi stress. Selain itu, me time juga membantu kita untuk lebih mengenal diri sendiri sebab kita mengetahui apa yang benar-benar diinginkan. Bukan hanya itu, me time juga sangat diperlukan ketika kita tengah sibuk dalam bekerja karena jika kita terlalu sibuk maka kualitas hasil kerja kita tidak akan maksimal.

Cara aku menghabiskan waktu untuk diri sendiri biasanya menonton netflix, merawat diri dan olahraga. Menurutku dua hal itu (self care dan olahraga) penting banget, karna bukan hanya sekedar me time namun juga salah satu bentuk mencintai diri sendiri.

1 Like

Perlu banget. Apalagi untuk para tipe introvert yang men- charge energinya dengan melakukan hal-hal yang disenanginya sendirian. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa yang tipe kepribadian ekstrovert tidak perlu me time. Me time untuk semua. Dan ini menurut saya penting banget untuk merefleksikan dan mengenal diri sendiri untuk sekedar meleihat kilas balik kehidupan kita kebelakang, apa saja yang sudah kita lakukan, apa hal itu baik atau tidak jika tetap dilakukan dikemudian hari.

Kalau me time yang saya lakukan biasanya, membaca buku, nonton film atau drama korea, masak resep baru, main sama hewan peliharaan, karokean di kamar, atau jalan-jalan sekedar melihat-lihat aktivitas orang-orang, dari sini biasanya saya bisa bertemu dengan orang-orang hebat yang memberi saya banyak pelajaran tentang hidup.

1 Like

Sebuah kewajiban sih! Karena kalau aku sendiri, disaat aku udah stres dan mumet banget, aku gabisa tuh yang namanya nemuin ide atau mikir jalan keluar dr suatu masalah yang lagi dihadepin di perkuliahan/magang/organisasi. Jadi, aku ‘me time’ deh. Biasanya ngapain sih me time itu? Sebenernya simplenya nih ya, me time adalah segala kegiatan/aktifitas yang bisa bikin kita seneng, that’s it! Wkwk. So bebas sih mau ngapain aja, kalau aku biasanya nonton film bareng temen (nobar) pake aplikasi, karena lagi ldr nih sama temen temen kampus huhu, dan kadang main gitar juga karena aku percaya musik itu bisa bikin rilex, ya bener.

Setelah itu, aku merasa lebih lega dan happy aja! Dan siap melanjutkan kegiatan deh!

Jangan lupa me time ya!

1 Like

Setelah melakukan berbagai rutinitas yang cukup menguras tenaga dan pikiran, me time menurut saya adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk merefresh kembali pikiran yang jenuh sehingga perasaan menjadi positif dan meminimalisir tingkat stress. Alhasil output saat melakukan sesuatu pun lebih meningkat daripada terus menerus mengerjakan sesuatu tanpa jeda.

Dalam melakukan me time saya biasanya membaca buku yang disukai, menulis secara bebas, merapikan barang-barang pribadi karena biasanya disana ada hal unik yang bisa ditemukan, mendengarkan musik yang menenangkan, melihat sesuatu yang lucu, maupun melihat pemandangan di sekitar. Meski melakukannya hanya sebentar tapi cukup untuk menyegarkan badan dan pikiran.

Menurut saya tentu perlu, George menyebutkan waktu luang (free time) sebagai waktu dimana seseorang terlepas dari sesuatu yang terikat dan bersifat membebani serta menekan dan dapat digunakan atau diisi dengan berbagai macam kegiatan yang bersifat menyenangkan, menghibur dan melepas penat dari kegiatan rutinitas.

Tentu setiap orang punya rutinitas kegiatan atau yang tanpa disadari hal-hal yang dilakukan sebenarnya tidak sesuai dengan diri. Menurut saya, dengan menggunakan waktu me time juga menjadi kesempatan untuk dapat mengenali diri apa yang menjadi kesenangan, ketidaksenangan atau apapun hal yang berkaitan dengan diri.

1 Like

Bener banget kalau me time itu perlu untuk dilakukan. Menurut aku me time itu baik untuk kesehatan mental, karna memberikan banyak dampak positif seperti menjernihkan pikiran, mengurangi stress, dapat digunakan untuk mengenal diri sendiri, meningkatkan konsentrasi hingga bisa juga menghargai hubungan dengan orang lain. Setidaknya memang benar kita perlu melakukan me time ditengah-tengah rutinitas yang sedang kita jalani.

Cara aku untuk me time biasanya dengan menyiapkan waktu khusus saat aku sedang melakukann banyak kegiatan, setidaknya ada beberapa menit aku lakukan dengan bermain atau melakukan kegiatan yang aku sukai lainnya. Atau mungkin saat weekend biasanya mengisi waktu dengan berolahraga, membuat jurnal atau jalan-jalan.

1 Like

Perlu banget. Karena me time itu bisa membuat saya relaks dan lebih tenang jika sudah mengerjakan pekerjaan menguras otak. Me time penting banget buat kesehatan mental jadi me time itu perlu ya. Ketika stress karena tugas atau kuliah yang padat weekend biasanya pas buat me time. Kalau saya sendiri ketika me time biasanya nonton drakor atau film, foto-foto alam, cari angin muter-muter pake motor, dan paling main bulutangkis sama keponakan.

1 Like

Buat aku me time itu perlu banget ya, bukan karena aku orang yang selalu kesepian, sedih, anti sosial ataupun semacamnya, dengan me time aku tuh bisa relax, beban-beban di otak itu sedikit berkurang, dan lebih nyaman aja karena aku termasuk orang yang introvet jadi meluangkan waktu untuk diri sendiri itu berasa nyaman banget. Cara aku untuk me time itu biasanya aku cek jadwal untuk melihat waktu luang dan pastikan semua pekerjaan itu udah selesai. Kalau bosen di rumah, biasanya aku pergi ke suatu tempat yang sepi ntah itu sekedar jalan-jalan di taman, cuci mata ke mall, olahraga, ataupun ngopi sendirian. Setelah me time itu aku ngerasain efeknya sih kayak jadi lebih santain aja dan beban di pikiran sedikit berkurang sehingga menjadi lebih fresh lagi buat melakukan aktivitas selanjutnya.

1 Like

Menurut saya, me time ini perlu banget ya. Sama seperti pendapat teman-teman diatas, me time ini dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan penat dan refresh diri kita. Me time ini dapat bermacam-macam bentuknya, seperti maskeran, jalan-jalan ke mall, makan makanan favorit, dan berbagai kegiatan lainnya yang disukai. Ketika saya penat dan merasa memerlukan kegiatan untuk mengembalikan semangat saya, salah satunya menggunakan me time ini. Sebenarnya ada beberapa alasan saya me time sejauh ini:

  1. Menghilangkan Penat
    Seperti yang sudah saya singgung diatas. Me time saya jadikan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan penat ketika mengerjakan suatu hal. Ketika mengerjakan suatu hal, entah kesibukan apapun itu saya merasa penat dan bosan atau kadang merasa capek juga. Me time ini berguna untuk menghilangkan penat saya tersebut.
  2. Self Reward
    Me time dapat menjadi alah satu bentuk self reward saya terhadap pencapaian yang telah saya dapat. Ada banyak cara untuk self reward, salah satunya me time ini. Ketika saya berhasil mencapai suatu hal, biasanya saya memberikan diri saya hadiah, seperti jalan-jalan ke mall atau makan makanan yang sudah lama diinginkan.
  3. Jeda Sejenak dari Kesibukan
    Me time dapat menjadi pelarian ketika diri ini menghadapi kesibukan. Bukan berarti ketika kita sibuk lalu dengan seenaknya me time, no. Ketika sibuk, lalu disela-sela kesibukan tersebut ada jeda untuk beristirahat, entah sehari atau dua hari, bisa dimanfaatkan untuk me time. Terkadang kita butuh waktu untuk sendiri, selain waktu untuk bersama orang lain. Nah, me time ini waktu yang tepat untuk sendiri.
1 Like

Menurutku, sangat perlu. Aku adalah orang yang cukup menikmati me time ini. Sebelum pandemi muncul, aku selalu menyempatkan diri untuk hangout sendirian, biasanya kalau jam pulang dari kampus tidak sore banget. Nonton bioskop sendirian, beli makan sendirian, hunting barang sendirian, dsb.
Manfaat Me Time menurutku,

  1. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas
    Kehidupan sehari-hari penuh dengan berbagai hal yang dapat mengganggu dan mengalihkan pikiran. Masalah tertentu bisa jadi begitu membekas sehingga kita terus memikirkannya saat bekerja, beraktivitas, bahkan hingga beristirahat. Me time memiliki manfaat untuk menghilangkan pikiran tersebut. Ketenangan yang kita dapatkan dari menghindari hiruk-pikuk kehidupan untuk sejenak juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja di kemudian hari.

  2. Me Time Memungkinkan Kamu untuk Me-reboot Otak dan Bersantai
    Terus-menerus “aktif” tidak memberi otak kamu kesempatan untuk beristirahat dan mengisi kembali dayanya sendiri. Menjadi seorang diri tanpa gangguan tanggung jawab pekerjaan memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran, fokus, dan berpikir lebih jernih. Ini merupakan kesempatan untuk merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan.

  3. Mengisi energi mental
    Memang tidak bisa disangkal bahwa mengerjakan pekerjaan yang banyak dan bersosialisasi menguras energi mental kita. Di saat seperti inilah kita membutuhkan me time . Dengan menyendiri, kita bisa mengistirahatkan pikiran. Ibarat charger , me time dapat mengisi ulang energi mental kita untuk menghadapi hari esok.

1 Like

Tentu saja! Me time merupakan salah satu alternatif yang kerap kali saya lakukan ketika merasa jenuh dan penat akan berbagai rutinitas. Dengan melakukan me time, secara tidak langsung kita telah mengapresiasi diri kita sendiri dengan cara meluangkan waktu kita untuk melakukan hal-hal yang kita sukai.

Cara saya pribadi dalam meluangkan waktu untuk diri saya sendiri adalah dengan melakukan hobi hobi saya, seperti menonton film, mendengarkan musik favorite saya, mencoba bereksperimen di dapur, melakukan olahraga seperti berenang dan bersepeda dan masih banyak lagi. Dengan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya senangi, maka hal ini akan dapat meningkatkan suasana hati saya sehingga tidak merasa stress akibat tekanan pekerjaan

1 Like

Sangat sangat perlu. Me time adalah cara kita beristirahat sejenak dari banyaknya aktivitas yang telah kita jalani. Bentuk me time tiap orang pun tentu berbeda-beda, ada yang berbelanja sendirian, makan makanan enak, menonton drama korea dan masih banyak lagi. Salah satu fungsi me time adalah agar kita bisa healing, tidak terus-terusan merasa sumpek ataupun jenuh dengan keadaan yang telah kita jalani.

1 Like

Jawabannya, perlu banget.

Setelah kita bekerja keras entah dalam bekerja, belajar, dunia perkuliahan, organisasi, magang, volunteer, atau yang lainnya, pasti yang dirasakan capek, lelah, butuh hiburan. Kita butuh yang namanya mengembalikan energi yang hilang tersebut, agar energi yang hilang bisa balik lagi dengan energi baru yang lebih fresh, apalagi orang yang introvert seperti ku, butuh banget buat charge energi.

Berarto, me time itu kita mengasingkan diri dari dunia luar ya? tentu tidak selama nya artian me time seperti itu, mungkin itu cocok untuk orang introvert yang butuh ketenangan. Tapi, perlu diingat kau me time bisa aja loh berjalan-jalan sendiri ke mall menghabiskan waktu berbelanja atau hanya sekedar membeli minum, duduk sebentar lalu pulang. Bisa juga hanya keliling di toko buku, itu me time. Karena setiap orang pasti punya waktu dan cara me time nya masing-masing, untuk menghadapi masalah kehidupan sehari-hari yang kian menumpuk dapat membebani dan bahkan rentan menimbulkan stres. Itu sebabnya, “me time” dibutuhkan untuk menenangkan pikiran kamu sejenak.

1 Like

MENURUT OPINI SAYA TERKAIT " APAKAH ME TIME ITU PERLU.?

1. Me Time Memungkinkan Kamu untuk Me-reboot Otak dan Bersantai

  • Terus-menerus “aktif” tidak memberi otak kamu kesempatan untuk beristirahat dan mengisi kembali dayanya sendiri. Menjadi seorang diri tanpa gangguan tanggung jawab pekerjaan memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran, fokus, dan berpikir lebih jernih. Ini merupakan kesempatan untuk merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan.

2. Me Time Membantu Meningkatkan Konsentrasi dan Meningkatkan Produktivitas

  • Saat kamu menghilangkan atau mengesampingkan sejenak gangguan dari hari kamu, kamu dapat lebih bisa berkonsentrasi. Dengan kembalinya konsentrasi membantu kamu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

3. Me Time Memberi Kesempatan untuk Mendengar Suara Kamu Sendiri

  • Ketika kamu menjadi bagian dari suatu kelompok (misalnya di tempat kerja atau di kampus), kamu cenderung mengikuti apa yang dilakukan atau dipikirkan oleh kelompok tersebut. Padahal tidak selalu tindakan yang kelompok kamu ambil mengandung keputusan yang sama dengan suara kamu.

4. Me Time Membantu Kamu Mengatasi Masalah dengan Lebih Efektif

  • Sulit untuk memikirkan solusi atau jalan keluar yang efektif untuk masalah saat kamu terganggu oleh informasi yang masih terlepas dari apakah sumbernya elektronik atau manusia.

5. Me Time dapat Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Orang Lain

  • Dengan menghabiskan waktu bersama diri sendiri dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri kamu, apa yang kamu inginkan dalam hidup kamu lebih mungkin untuk membuat pilihan yang lebih baik tentang apa yang kamu inginkan. Kamu juga bisa lebih menghargai hubungan kamu setelah menghabiskan waktu sendirian.

REFERENSI:

WebMD. Diakses pada 2019. Make Healthy ‘Me Time’ a Priority.

Psychology Today. Diakses pada 2019. 6 Reasons You Should Spend Time Alone.

1 Like

Seperti yang sudah banyak teman-teman tuliskan manfaat me time bagi kesehatan mental itu sangat banyak dan aku setuju akan hal tersebut. Menurut ku manfaat me time juga ngga cuma memberikan dukungan untuk mental, emosional, dan spiritual bagi diri sendiri, tapi juga memberikan sikap positif dalam meningkatkan kualitas hubungan dengan orang sekitar. Cara setiap orang dalam melakukan me time berbeda-beda, tapi klo aku sendiri setelah lelah dengan aktifitas dari Senin sampai Jumat, aku selalu ambil waktu setiap hari Sabtu untuk latihan yoga dan di lanjut nonton drakor seharian.

1 Like

Me time merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Selain mengistirahatkan pikiran, me time membuat tubuh siap melakukan aktivitas kembali. Tiap orang memiliki cara me time masing-masing. Me time menurut versiku biasanya dengan mendengarkan musik, tidur, menonton film, berkebun, dan sebagainya.

1 Like

Menurut saya, me time itu sangat perlu untuk diri sendiri. Karena, me time juga sangat berguna untuk kita mengerti diri sendiri, intropeksi diri, atau mengobrol dengan diri sendiri. Khususnya mengobrol diri sendiri itu menurut saya sangat berguna, berpikir apa saja yang sudah dicapai, apa yang kurang, apa yang belum tercapai, apa yang besok atau lusa yang akan kita lakukan dan masih banyak lagi. Me time juga tidak perihal merenung saja, me time juga bisa untuk me refresh otak dengan cara berkendara sepeda motor berkeliling kota-kota atau pedesaan.

1 Like