Apakah manusia akan dapat menggunakan VR dalam kegiatan sehari-hari?

Masa depan akan dipenuhi oleh kemajuan teknologi yang mempermudah kehidupan manusia. Dengan adanya kemajuan teknologi peradaban manusia pun akan berubah dan tidak sama seperti pada masa sekarang. Salah satu teknologi tersebut adalah VR atau Virtual Reality

Virtual Reality adalah sebuah inovasi dalam teknologi informasi yang sangat berguna dan hebat sekali. Dengan teknologi VR kita dapat merasakan pengalaman yang lebih baik dalam dunia hiburan dan juga pengurangan resiko hal buruk dalam dunia pekerjaan.

Namun, Apakah Manusia akan dapat menggunakan VR dalam kegiatan sehari - hari(nantinya), bisa. Kenapa bisa? karena dengan teknologi VR memungkinkan kita untuk dapat beraktivitas seperti biasa namun kita tidak perlu keluar rumah. kita dapat merasakan seperti apa dunia tanpa kita harus merasakan langsung dunia tersebut.

Untuk saat ini , mungkin VR masih digunakan dalam dunia hiburan seperti video atau game(yang populer). Namun ada kemungkinan VR dapat di gunakan untuk sekolah, meeting, dan lain - lain. berikut adalah beberapa cara bagaimana VR dapat mengubah kegiatan kita nantinya.

  1. Permainan
    permainan digital sudah banyak yang di produksi menggunakan teknologi VR. mulai dari game fantasi, action, hingga horror pun telah banyak yang menggunakan teknologi VR. sehingga User menjadi merasakan pengalaman bermain yang lebih “nyata”.

  2. Watching Film
    selain Game, film pun memiliki kemungkinan untuk menggunakan teknologi VR. apalagi sudah banyak video - video yang menggunakan teknologi VR. Namun kendala dalam film adalah, jika menggunakan VR akan sulit menaruh lighting dan properti-properti lain untuk keperluan film.

  3. merasakan tempat
    Ada kemungkinan bahwa nantinya kita tidak perlu datang ke tempat - tempat wisata untuk dapat merasakan keindahannya. kita hanya perlu menggunakan teknologi VR untuk dapat merasakannya lebih nyata dan hampir sama persis bila kita datang kesana.

  4. pekerjaan operasional(teknis)
    VR juga tidak menutup kemungkinan bahwa pekerjaan dapat dilakukan di rumah. dengan cara kita mengendalikan dari jarak jauh menggunakan VR, lalu robotlah yang melakukan pekerjaan teknis atas perintah kita.

  5. mengajar ataupun meeting
    dengan VR memungkinkan kita untuk dapat melakukan rapat atau kumpul tanpa harus beranjak dari kasur. dengan terhubung oleh orang - orang yang ingin kita hubungi, dan disambung dengan menggunakan VR. sehingga kita dapat melakukan meeting seperti biasa walaupun kita tidak melihat orang asli namun hanya avatar.

  6. dan masih banyak lagi.

Intinya, VR dalam kehidupan Manusia berguna untuk membuat sesuatu menjadi lebih nyata, walaupun sebenarnya tidak.VR sangat memungkinkan dapat digunakan oleh manusia pada kehidupan sehari - hari karena praktis dan berkualitas.

"Semua pekerjaan IT adalah fana, namun semakin nyata itu, semakin berhasillah itu"-Anonymous



Pada zaman sekarang, VR sudah sangat berkembang sangat luas dan sangat maju. Walaupun, sekarang lebih banyak digunakan untuk bermain. Namun, penggunaan VR tidak hanya sebatas untuk bermain. VR juga dapat digunakan untuk simulasi berwisata. sebagai contoh, dengan aplikasi yang dibuat untuk VR, kita dapat “Keliling dunia” dalam kenyaman rumah kita sendiri. Hal tersebut dapat sangat membantu menghilangkan stress ketika kita ingin berwisata, namun tidak memiliki waktu atau uang.

Hal lain yang dapat menggunakan VR adalah belajar memasak. Ketika kita ingin masak untuk pertama kalinya, pasti kita akan takut makanan tersebut menjadi rusak dan membuang bahan. Dengan VR dan aplikasi memasak, kita dapat melakukan hal tersebut tanpa membuang apapun dan lebih praktis. Kita dapat belajar memasak dengan mudah dan menyenangkan. Saat ini sudah ada banyak game yang mengajarkan kamu cara memasak. Cooking Mama mungkin adalah salah satu contoh yang paling terkenal. Meskipun tidak terlalu detail, masakan yang kamu masak di game tersebut adalah masakan nyata dan cara memasak yang diperlihatkan terbilang tepat.

Saat ini, teknologi Virtual Reality sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang tidak hanya yang tadi disebutkan. Seperti bidang kedokteran, penerbangan, militer, bahkan juga digunakan sebagai perangkat pendukung untuk bermain game. Pada bidang kedokteran, Virtual Reality biasanya digunakan untuk mendeskripsikan bagian anatomi tubuh sehingga organ-organ dalam tubuh tampak terlihat lebih nyata.

Sedangkan pada bidang penerbangan, Virtual Reality digunakan sebagai simulasi penerbangan bagi para pilot. Simulasi penerbangan disini meliputi cara menerbangkan pesawat di berbagai kondisi cuaca, cara berkomunikasi antar pesawat satu dengan yang lain atau dengan bandara serta cara mengatasi keadaan yang darurat jika terjadi masalah saat terbang. Hal ini bertujuan agar pilot dapat lebih terbiasa dan mengenal berbagai medan serta akan lebih mendapatkan pengalaman yang cukup jika suatu saat pilot menerbangkan pesawat terbang yang sebenarnya. Dan pada bidang militer, Virtual Reality digunakan sebagai simulasi perang. Para tentara akan merasakan situasi di medan pertempuran yang terlihat secara nyata. Cara ini dipilih karena cukup efektif dalam mengadakan latihan perang dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan latihan perang yang sebenarnya.

referensi :
https://www.trentech.id/penggunaan-virtual-reality-alternatif-untuk-kehidupan-sehari-hari/

Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.

Kelebihan utama dari virtual reality adalah pengalaman yang membuat user merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia maya. Bahkan perkembangan teknologi virtual reality saat ini memungkinkan tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran saja yang bisa merasakan sensasi nyata dari dunia maya dari virtual reality, namun juga indra yang lainnya.

Penggunaan Virtual reality dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari, yang paling dekat adalah penggunaan VR di konsol game maupun smartphone. Namun VR tidak hanya bisa digunakan untuk game saja

  • Manufaktur
    Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, prosuksi
    dan pemeliharaan

  • Arsitektur
    Perancangan gedung

  • Militer
    Pelatih (pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan

  • Kedokteran
    Pelatihan pembedahan, terapi fisik

  • Penelitian / Pendidikan
    Sebagai sarana belajar mengajar, Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks

  • Hiburan
    Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman virtual, simulasi ski,dll

source :



Perkembangan teknologi Virtual Reality kian berkembang sejak 2016 lalu. Begitu banyak perusahaan besar yang telah mengembangkan serta merilih produk baru mereka berupa perangkat keras yang mendukung VR.

Meskipun begitu,masyarakat awam masih menganggap bahwa penggunaan VR dalam dunia nyata masih sebatas dalam hiburan/permainan game saja. Padahal,masih banyak bidang lain yang dapat dikembangkan dengan menggunakan teknologi VR. Beberapa diantaranya yaitu :

1. Bidang Kedokteran
VR akan sangat membantu dokter dalam operasi pasien. Dengan VR,dokter dapat melihat organ dalam milik pasien sebelum melakukan pembedahan. Selain itu,VR juga memudahkan dokter dalam mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien.

2. Bidang Militer
VR akan membantu dalam bidang ini terutama dalam proses pelatihan tentara. Tentara akan berlatih menggunakan VR seolah-olah sedang beraksi di medang perang yang sesungguhnya.

3. Bidang Teknik dan Otomotif
VR akan sangat membantu dalam proses perancangan serta desain sebuah mobil. Hal inipun sudah diterapkan pada perusahaan mobil Ford.

Sumber :


https://id.techinasia.com/talk/penggunaan-virtual-reality-alternatif-kehidupan-sehari-hari