Apakah manfaat yang didapat dengan belajar pemrograman?

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.

Namun adakah manfaat yang didapat saat belajar pemrograman?

Belajar bahasa pemrograman merupakan sebuah pembiasan. Pembiasaan dalam menuliskan baris-baris kode yang benar, pembiasaan dalam menggunakan penalaran yang tepat, dan pembiasaan dalam menggunakan perumusan yang sesuai. Proses-proses tersebut juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi orang-orang yang mempelajari bahasa pemrograman.

Beberapa manfaat belajar bahasa pemrograman di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis
  2. Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis
  3. Melatih Teliti Terhadap Detail
  4. Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah

Dengan kita belajar pemrograman, tentunya ada manfaat yang akan kita dapatkan. Walaupun tidak semua manfaat bisa kita rasakan secara langsung, tetapi dengan kita belajar pemrograman setidaknya akan ada hal baru yang akan kita peroleh. Berikut beberapa manfaat belajar pemrograman :

  • Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis
    Pemrograman benar-benar membantu anda meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan memecahkan masalah adalah segalanya. Ini tidak hanya digunakan dalam matematika atau sains, ini bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan belajar pemrograman, kita akan terbiasa dengan pemecahan masalah. Dengan itu juga akan meningkatkan rasa ingin tahu dan pencapaian.

  • Memulai bisnis
    Misalnya anda punya ide untuk produk perangkat lunak atau bisnis web. Tapi anda kekurangan uang untuk menyewa programmer. Mengapa tidak belajar pemrograman dan membangun produk sendiri? Ini adalah jalan yang banyak dipilih oleh entrepreneurs. Mereka memulai dengan pengetahuan nol tentang pengkodean dan berhasil mengembangkan bisnis software mereka sendiri.

  • Bersenang-senang
    Ada banyak hal keren yang dapat lakukan dengan pemrograman dan akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencoba mengerjakan sebuah proyek. Ini adalah cara yang hebat untuk melatih kemampuan memecahkan masalah, belajar beberapa pemrograman dan bersenang-senang pada saat yang bersamaan.

  • Memahami Cara Kerja Komputer
    Ini mungkin adalah keuntungan terbesar dari semua, dan yang akan berlaku untuk anda tidak peduli siapa anda atau mengapa anda tertarik untuk belajar pemrograman. Lagi pula, anda menggunakan Internet, HP, dan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Bukankah agak aneh jika anda tidak sepenuhnya mengerti bagaimana teknologi ini bekerja?

Referensi

https://www.quora.com/What-are-the-benefits-from-learning-how-to-code

Belajar pemrograman tentu ada sisi positifnya. Dampak dari belajar pemrograman lebih mengarah ke cara pola pikir kita. Berikut ini adalah manfaat dari belajar pemrograman.

Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis
Selain dapat mempertimbangkan dengan tepat bagaimana kita akan menyelesaikan sebuah permasalahan, manfaat belajar bahasa pemrograman yang lainnya adalah dapat mengembangkan cara berfikir sistematis. Dengan belajar coding atau memprogram komputer, kita akan belajar bagaimana cara berpikir yang baik, tertruktur, sistematis dan efisien. Itu akan sangat berguna sekali dalam kehidupan kita, terutama dalam menyelesaikan masalah kita.

Problem Solving
Dalam programming, tidak selamanya kode program yang kita buat akan berjalan dengan lancar, bisa jadi terdapat beberapa permasalahan (error). Nah, pada bagian tersebut kita dituntut untuk menyelesaikan permasalahan itu sehingga menjadikan program berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Dalam hal ini, kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, apabila program kita error, pasti yang kita lakukan adalah mencari baris kode yang error lalu memperbaikinya. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari. Semisal kita melakukan kesalahan, maka kita harus berbenah diri dan instropeksi diri, melihat apa saja kesalahan yang pernah kita lakukan, kemudian kita memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Melatih Kesabaran
Misal nih, program kita error, yang kita lakukan pasti adalah mencari permasalahan tersebut lalu memperbaikinya. Tapi terkadang, setiap kali kita mencoba memperbaiki, pasti error melulu. Nah, dari kejadian tersebut kita dituntut untuk sabar, cobalah untuk tenang dan berpikir sejenak hingga kita bisa menemukan problem solving-nya. Dalam kehidupan sehari-hari pun juga demikian. Apabila kita melakukan sesuatu namun ternyata tidak sesuai yang kita harapkan, maka bersabarlah dan tetap bersikap tenang.