Apakah manfaat senam hamil bagi ibu hamil?

Senam hamil merupakan latihan yang dilakukan oleh ibu hamil untuk memperoleh keadaan prima dengan melatih dan mempertahankan kekuatan otot dinding perut dan dasar panggul, jaringan penyangganya serta dapat memeperbaiki kedudukan janin (Kusmiyanti, 2009).

Apakah manfaat senam hamil bagi ibu hamil ?

Secara umum senam hamil memiliki lima tujuan penting, antara lain, Indriarti (2008):

  1. Senam hamil dilakukan agar ibu hamil menguasai teknik pernapasan dengan baik. Latihan pernapasan sangat bermanfaat untuk memperlancar suplai oksigen pada janin ibu.

  2. Ibu hamil yang rajin mengikuti senam hamil otot-otot dindingnya semakin kuat, sehingga elastisitas otot-otot dinding perut juga dapat dipertahankan. Hal tersebut diharapkan dapat mencegah dan mengatasi keluhan nyeri di daerah bokong serta nyeri di daerah perut bagian bawah, dan keluhan wasir.

  3. Diharapkan ibu hamil akan terlatih untuk melakukan relaksasi sempurna. Kemampuan relaksasi sempurna tersebut dapat dilakukan dengan berlatih secara rutin bagaimana cara berkonsentrasi dan berelaksasi dengan benar. Relaksasi ini diperlukan untuk mengatasi ketegangan atau rasa sakit karena proses persalinan.

  4. Ibu hamil yang rajin mengikuti senam hamil diharapkan akan menjadi terlatih ketika melakukan sikap tubuh yang baik dan benar selama menjalani kehamilan. Sikap tubuh yang baik tersebut akan membantu ibu dalam mengurangi keluhan yang timbul akibat perubahan bentuk tubuh.

  5. Ibu hamil diharapkan dapat menjalani proses kelahirannya dengan lancar dan aman tanpa berbagai kesulitan yang berarti. Sehingga ibu dan bayi tetap sehat setelah persalinan

Manfaat Senam Hamil

Senam hamil atau latihan dapat memberikan keuntungan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan fisik ibu hamil, memperlancar peredaran darah, mengurangi keluhan kram atau pegal- pegal, dan mempersiapkan pernafasan, aktifitas otot dan panggul untuk menghadapi proses persalinan (Bandiyah, 2009)

Manfaat senam hamil antara lain (wahyuni & layinatun 2013) :

  1. Mengurangi stress selama kehamilan dan pada masa pasca melahirkan
    Beberapa penelitian yang membuktikan bahwa senam hamil dapat mengatasi kecemasan bagi ibu hamil. Senam hamil secara rutin dapat mengurangi stress bagi ibu hamil. Hal ini terkait dengan hasil penelitian Wulandari pada tahun 2006 bahwa senam hamil sebagai asuhan prenatal efektif untuk mengatasi kecemasan menghadapi persalinan.

  2. Meningkatkan pertumbuhan janin dan plasenta pada trimester pertama dan kedua

  3. Mengurangi insiden komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan
    Senam hamil adalah suatu bentuk latihan bagi wanita hamil yang tidak melelahkan, tetapi dapat membantu wanita hamil tersebut agar terhindar dari komplikasi yang mungkin timbul selama proses kehamilan dan persalinan.

    Hasil penelitian Syahrul (2013) menunjukkan bahwa ibu yang aktif senam hamil 90,9 melahirkan bayi dengan berat normal, sedangkan yang ibu yang tidak senam hamil 27,3 melahirkan bayi dengan BBLR

  4. Memperbaiki sirkulasi darah.
    Senam hamil memberikan efek yang baik bagi sistem kardiovaskular. Dengan senam hamil tubuh ibu dapat memberikan cardiac respons yang baik bagi ibu dan bayi.

  5. Memudahkan proses persalinan
    Hasil penelitian Hendarmin Aulia (2010) menyebutkan bahwa ibu yang aktif mengikuti senam hamil memiliki angka persalinan normal lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengikuti senam hamil. Selain itu, ibu dengan senam hamil memiliki waktu partus yang lebih singkat dibandingkan yang tidak senam hamil…

  6. Mengurangi nyeri pinggang selama trimester ketiga
    Menurut Eileen (2007), melakukan senam hamil secara teratur dipercayai dapat menurunkan nyeri punggung, salah satunya dengan latihan transversus, latihan dasar pelvis dan peregangan umumnya.