Apakah manfaat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat?

Qanaah ditunjukkan dengan kerelaan diri untuk menerima apa adanya dan menjauhkan diri dari sikap tidak puas terhadap ketentuan Allah. Sifat qanaah penting dimiliki pada saat kita tertimpa musibah. Musibah merupakan ujian bagi umat manusia untuk menguji kadar keimanan mereka. Apakah manfaat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat?

Qanaah artinya merasa cukup terhadap pemberian rezeki dari Allah swt. Qona’ah adalah rela dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki, serta menghindari rasa tidak puas dalam menerima pemberian dari Allah swt. Dengan sikap inilah maka jiwa akan menjadi tentram dan terjauh dari sifat serakah atau tamak.

Masyarakat akan menjadi baik jika dimulai dari kehidupan pribadi yang baik. Begitu pula manfaat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya manfaat qanaah dalam kehidupan pribadi, otomatis dalam kehidupan bermasyarakat pun sifat qanaah akan bermanfaat. Di antara manfaat sifat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat sebagai berikut.

  1. Terjalin hubungan yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Tercipta masyarakat yang senantiasa jujur satu sama lain dalam setiap perbuatan.
  3. Terhindar dari sifat suka menyakiti dan memfitnah.
  4. Terhindar dari sifat saling iri dan dengki.

Sifat qanaah membawa banyak manfaat bagi kehidupan, baik bagi kehidupan pribadi maupun bermasyarakat. Manfaat yang ditimbulkan oleh sifat qanaah hendaknya mendorong kita untuk menerapkan sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi :