Apakah manfaat panjat tebing untuk kesehatan?

panjat tebing
Panjat tebing atau rock climbing adalah merupakan salah satu olahraga bebas yang merupakan bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa anda lakukan dengan berjalan kaki. Apakah manfaat panjat tebing untuk kesehatan?

  1. Meningkatkan Massa Otot
    Dengan melakukan olahraga panjat tebing otot tubuh anda akan meningkat. Karena olahraga panjat tebing menuntut kekuatan otot. Sehingga tanpa otot yang kuat anda tidak bisa memanjat tebing atau batu yang terjal. Dengan melakukan olahraga ini secara teratur dapat meningkatkan otot anda, karena olahraga menuntut totalitas aktivitas fisik.

  2. Meningkatkan Daya Tahan Dan Kekuatan Tubuh
    Pada saat anda melakukan olahraga ini, daya tahan tubuh anda akan meningkat dengan sendirinya. Karena pada saat melakukannya anda memerlukan daya tahan tubuh yang cukup untuk dapat menyelesaikan panjatan anda. Sehingga daya tahan dan kekuatan tubuh akan meningkat dengan sendirinya pada saat anda secara konsisten melakukan panjat tebing.

  3. Meningkatkan Kinerja Jantung
    Dengan melakukan olahraga panjat tebing akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh terutama jantung. Karena pada saat anda sedang menaklukan sebuah tebing, jantung anda akan memompa darah keseluruh tubuh, seperti halnya olahraga kardio lainnya, yang membuat sirkulasi darah dalam tubuh anda akan lancar.

  4. Meningkatkan Koordinasi Seluruh Organ Tubuh
    Ketika anda melakukan olahraga panjat tebing dengan berbagai medan yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang berbeda pula. Berarti pada saat melakukannya anda melibatkan berbagai kekuatan, seperti kekuatan lengan, bahu, paha, kaki, leher dan punggung yang membuat anda dapat menaklukan sebuah tebing. Sehingga ketika ingin melakukan olahraga ini, anda harus benar-benar memiliki cukup kekuatan yang diperoleh dari latihan sebelum melakukan panjat tebing.