Apakah manfaat dari memelihara burung ?

jalak suren

Memelihara hewan jenis apapun ada manfaat masing masing yang kita terima, lalu Apakah manfaat dari memelihara burung ?

MANFAAT MEMELIHARA JALAK SUREN

1.Burung Bisa Menghilangkan Depresi
Setelah seharian lelah beraktivitas, burung peliharaan di rumah bisa menjadi penghibur yang meredakan stres maupun depresi. Kicauan burung bisa memberikan efek relaksasi sejenak dan membuat hati lebih damai.

Suara burung yang khas dan unik seolah membawa pemilik dan penghuni rumah seperti berada di alam terbuka. Media relaksasi yang tepat, hemat waktu, dan hemat biaya, karena pemilik biasanya hanya menghabiskan waktu sejenak dengan bercengkrama dengan burung kesayangan di rumah.

2.Suara Burung Dapat Menciptakan Energi Baru
Layaknya berlibur ke alam terbuka, kicauan burung memberikan nuansa segar dan menenangkan. Nuansa yang bisa kembali mengisi energi manusia untuk memulai aktivitas selanjutnya.

Memelihara burung juga bisa memotivasi pemiliknya untuk bekerja lebih giat. Alasannya karena ada energi baru yang selalu terisi setiap melihat dan mendengar suara burung. Selain itu, untuk merawat burung kesayangan sebaik mungkin tentu butuh biaya dan hal ini bisa jadi semangat tersendiri dalam bekerja.

3.Menjaga Kesehatan Mata
Burung peliharaan sangat senang bergerak kesana-kemari, walaupun ia berada di dalam sangkar. Beberapa orang meyakini bahwa melihat gerak-gerik burung ini bisa membantu menjaga kesehatan mata manusia.

Dengan melihat gerak-gerik burung, mata akan ikut dilatih untuk bergerak mengikuti pergerakan burung. Secara tidak langsung, itu sama saja dengan kita melakukan senam mata. Sebuah kebiasaan yang bisa diibaratkan terapi alternatif, agar mata terjaga kesehatannya.

4.Mempertajam Keterampilan Motorik
Tahukah Anda, menurut sebuah penelitian disaat kita memberi makan burung ternyata mempuyai manfaat yang positif bagi diri kita sendiri. Apa manfaatnya? Ketika manusia memberi makan burung, itu sama saja dengan melatih keterampilan motorik diri.

Bagi para lansia, memelihara burung bisa menjadi terapi untuk melatih jari-jari yang kaku. Kehadiran burung peliharaan pun bisa mengusir kesepian, memberikan hiburan, menjadi teman, dan terapi kesehatan sekaligus. Menarik bukan?

5.Penjaga Rumah Dari Orang Yang Berniat Jahat
Burung-burung yang pintar dan bisa berbicara bisa menjadi salah satu penjaga rumah yang baik. Mereka akan berkicau keras sekali sebagai bentuk peringatan, bila mengetahui ada orang-orang yang berniat jahat. Namun, ini hanya berlaku pada burung-burung tertentu yang memang sudah dilatih.

Selain yang disebutkan sebenarnya masih banyak manfaat positif yang didapat dari memelihara burung. Misalnya seperti dijadikan bisnis sampingan, mengikuti lomba-lomba berhadiah seputar burung, dan sebagainya.