Apakah manfaat dari melukis?

Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.

  1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Melukis membantu kita untuk berkomunikasi secara berbeda melalui bahasa personal. Ini merupakan manfaat yang baik bagi orang-orang yang memiliki permasalahan dalam berkomunikasi ataupun dalam mengekspresikan diri sendiri, seperti autisme, disabilitas dan lainnya.

  1. Sarana Terapi

Melukis adalah kegiatan individu baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Melalui kegiatan ini seseorang dapat membuat dunia sesuai dengan keinginannya dimana segalanya menjadi mungkin. Stimulus dari otak kreatif akan membawa seseorang ke suatu tempat yang positif di luar dunia realitas, yang memberikan kenyaman, menumbuhkan perasaan menyenangkan, dan sebagainya. Hal ini dikhususkan bagi orang-orang yang mengalami kondisi kegelisahan dan agresi.

  1. Menghilangkan stress

Meskipun manfaat utama dari melukis melibatkan aspek emosional seseorang. Tetapi, banyak orang yang melukis untuk menghilangkan stress. Tekanan dalam kehidupan juga dapat membuat kita lelah. Melukis dapat membuat seseorang merasa rileks. Mereka mampu mengubah stress tersebut ke dalam bentuk warna dan gambar. Sementara mereka meninggalkan dunia yang penuh kekhawatiran dan ketakutan, mereka kemudian masuk ke dunia yang menyenangkan. Menurunkan stress dapat mengurangi risiko penyakit psikis.

  1. Mobilitas

Belajar memegang kuas atau pensil dapat menolong kita dalam mengatur gerakan tangan, serta menstimulasi koneksi otak kita di waktu yang bersamaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi. Melukis juga menolong orang-orang lanjut usia dalam memperkuat kemampuan motorik mereka.

  1. Meningkatkan kecerdasan emosional

Emosi adalah bagian dari dunia kreatif yang kita miliki. Melalui melukis kita dapat mengalirkan emosi kita, sehingga membantu untuk menghasilkan harmoni antara hati dan pikiran yang akan membawa kita pada perasaan bahagia, cinta, empati, dan kedamaian. Dalam kondisi yang sedang kacau, visualisasi dan relaksasi yang didapatkan dari melukis adalah suatu alat untuk mengatur emosional, energi, dan kehidupan spiritual.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Mengetahui hasil kerja keras kita memliki hasil yang baik, dapat membuat diri kita senang dan merasa lebih baik dalam menyelesaikan lukisan kita. Sehingga, dapat menstimulasi rasa kepercayaan diri kita. Mendapatkan respon yang positif dari orang-orang yang melihat lukisan kita juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri kita.

  1. Meningkatkan kemampuan mengingat

Di sisi lain, manfaat kesehatan dari melukis juga dirasakan oleh orang yang mengalami penyakit Alzheimer. Meskipun, mereka memilki masalah pada ingatan mereka, melukis dapat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan mengingat atau memanggil kembali ingatan. Dengan melukis penderita Alzheimer dilatih untuk meningkatkan ketajaman dalam berimajinasi dan berpikir.

  1. Meningkatkan kreativitas

Melukis akan menggunakan imajinasi kita, seperti membuat suatu pemandangan, orang-orang, maupun bentuk lainnya. Seseorang dapat melukiskan emosi dan menghasilkan gambar abstrak sebagai outputnya. Sehingga meningkatkan kemampuan artistik yang ada pada otak kanan kita. Selain itu, otak kiri yang biasanya dominan pada kemampuan analisis, dapat juga terstimulasi untuk menghasilkan kreativitas.

Mengetahui hal tersebut, melukis sangat direkomendasikan untuk anak-anak. Dibuktikan, banyak anak-anak yang sedang mengalami perkembangan di umurnya lebih banyak memilih kegiatan melukis. Dengan melukis, dapat mengembangkan kemampuan otak mereka, mereka akan lebih siap dalam menyelesaikan tugas akademik. Selain itu, mereka dapat lebih mudah dalam mendapatkan teman karena dalam melukis akan ada kegiatan sharing dengan teman-temannya.

  1. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah

Melukis juga dapat meningkatkan kemampuan dalam beripikir kritis dan memecahkan masalah. Nyatanya, melukis memungkinkan seseorang untuk menyadari bahwa terdapat banyak solusi untuk menyelesaikan satu permasalahan. Dalam menghasilkan suatu karya, seseorang akan dilatih untuk mengembangkan suatu teknik dimana mengubah kertas putih menjadi suatu karya serta melatih untuk berpikir yang out of the box.

  1. Meningkatkan kemampuan observasi

Melukis dapat meningkatkan kemampuan observasi seseorang dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut berhubungan dengan properti melukis seperti pewarnaan, shading, dan lainnya. Mata kita akan terlatih untuk menyesaikan sesuatu yang merumitkan dalam menyelesaikan lukisan. Sehingga, akan meningkatkan konsentrasi otak kita. Dengan demikian, kemampuan observasi juga akan meningkat seiring terbiasanya diri kita untuk melukis.

  1. Menambah penghasilan

Beberapa manfaat lain dari melukis selain manfaat bagi kesehatan, terdapat juga manfaat bagi kehidupan pada sisi lain. Melukis juga dapat menjadi suatu aktivitas yang konvensional. Banyak orang yang hobi melukis kemudian menjadikannya sebagai mata pencaharian maupun penghasilan tambahan.