Apakah manfaat dari akupuntur ?

Jika tadi akupuntur memiliki efek samping, apakah akupuntur ini memiliki manfaat bagi tubuh kita agar menjadi lebih sehat ? jika ada, apa saja manfaat dari akupuntur ini ?

Kondisi dapat dilakukan perawatan akupunktur
Saat memutuskan untuk melakukan terapi akupunktur, penting untuk memastikan jarum akupunktur telah dilakukan sterilisasi dengan benar atau sebaiknya gunakan jenis yang sekali pakai. Hal ini untuk menghindari risiko infeksi, misalnya terkena hepatitis akibat pemakaian jarum yang kotor atau tidak steril.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang diduga dapat ditangani melalui terapi akupunktur.

Pengobatan suportif pasca stroke
Akupunktur dapat dilakukan sebagai pengobatan tambahan setelah stroke. Penderita yang mendapatkan terapi akupunktur mengalami peningkatan kemampuan menggerakkan pergelangan tangan dan bahu, dibandingkan penderita stroke yang tidak mendapatkan terapi ini. Akupunktur juga kemungkinan dapat membantu meringankan rasa sakit dan rasa tidak nyaman akibat stroke. Penelitian menunjukkan terapi akupunktur ditambah fisioterapi memberi hasil yang lebih baik.

Membantu mengatasi obesitas
Penelitian membuktikan, akupunktur dapat membantu menurunkan berat badan pada penderita obesitas. Titik-titik yang ditusuk pada akupunktur dapat menekan nafsu makan dan memengaruhi metabolisme. Selain itu, akupunktur juga berperan dalam produksi hormon endorfin dan dopamin sehingga membantu meredakan stres dan depresi, yang berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Namun, untuk mengatasi obesitas dengan akupunktur, tetap dibutuhkan kombinasi dari program diet dan olahraga teratur.

Nyeri punggung bawah
Nyeri punggung akibat saraf terjepit dapat menimbulkan kesakitan dan kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terapi akupunktur ditambah fisioterapi dan kompres hangat atau dingin dapat mengurangi durasi dan derajat nyeri punggung. Terapi akupunktur juga menunjukkan hasil yang positif dalam memperbaiki kemampuan fungsional penderita nyeri punggung dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Radang sendi
Penyakit radang sendi atau arthritis bisa diredakan melalui akupunktur. Begitu juga dengan sakit lutut akibat osteoarthritis. Bila artritis pada lutut masih ringan atau sedang, akupunktur dapat membuat kondisi ini membaik. Sementara, jika kondisi artritis lebih berat diperlukan kombinasi akupunktur dengan obat antinyeri dan fisioterapi.

Penuaan
Terapi akupunktur juga dikatakan memiliki fungsi kosmetik, yaitu melawan penuaan dengan membantu memperbaiki elastisitas wajah. Jarum akupunktur akan ditusuk ke titik-titik pada kulit yang ada di kepala, wajah, dan leher. Terapi ini dikenal dengan istilah akupunktur kosmetik. Tetapi efektivitas akupunktur dalam bidang kecantikan belum dibuktikan sepenuhnya dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Referensi

Menurut ajaran ilmu akupuntur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit. Akupuntur juga merupakan warisan penting ilmu kedokteran tradisional Cina. Karena efektifitas dan kemanjurannya yang menakjubkan, terutama dalam pengobatan penyakit-penyakit dan yang susah / tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan medis biasa. Akibatnya ilmu ini berkembang dengan pesat dan diterima hampir disemua bagian ilmu kedokteran barat modern.Selain itu, ada juga beberapa manfaat utama akupuntur, antara lain :

  1. Mengurangi Rasa Nyeri
    Akupuntur bisa mengurangi nyeri akibat sakit kepala kronis. Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Duke yang dikepalai Dr. Tong Joo Gan melibatkan nyaris 4000 pasien dengan gangguan migrain, tegang di kepala dan beragam bentuk gangguan sakit kepala lain membuktikan bahwa penggunaan akupuntur untuk mengurangi nyeri kepala kronis 62 persen lebih efektif dibanding dengan obat yang hanya mampu mengurangi rasa nyeri kepala hingga 45 persen. Akupuntur juga mampu mengurangi nyeri yang biasa terjadi usai operasi di kepala, kanker leher, mengrangi efek kemoterapi seperti mual.

  2. Meningkatkan Kesuburan
    Tujuan dari akupuntur kesuburan adalah :

  • Meningkatkan vitalitas seksual baik pada pria maupun wanita.
  • Menyeimbangan hormon-hormon dalam tubuh.
  • Meningkatkan sirkulasi darah di daerah rahim dan sekitarnya.
  • Meningkatkan produksi sel telur atau sperma serta kualitasnya juga.
  1. Menghaluskan Kulit
    Bagian dari manfaat akupuntur adalah untuk kecantikan yang biasa diistilahkan akupuntur estetik medik. Dibidang kosmetik dan kecantikan akupuntur dapat digunakan untuk menghaluskan kulit, menghilangkan keriput / mengencangkan kulit, mengobati jerawat dan juga yang paling penting adalah untuk mengaktifkan inner beauty yaitu kecantikan yang terpancar dari dalam jiwa/batin seseorang dengan membersihkan dan kemudian mempertebal aura kecantikan yang menyelimuti wajahnya.

    Semakin tebal kecantikan seseorang semakin bercahaya lah wajahnya. Wajahnya akan terlihat berbinar-binar dan memancarkan daya tarik yang sangat kuat terhadap orang lain maupun pasangannya. Secara medik penusukan titik akupuntur akan merangsang sistem pensarafan sehingga menimbulkan reaksi setempat, reaksi melalui jalur saraf tepi maupun saraf pusat dan reaksi pelepasan zat-zat neurohumoral.

  2. Melangsingkan Tubuh
    Target akupuntur untuk urusan langsing ini adalah bagian otak yang disebut Thalamus (bagian terbesar dari batang otak paling atas yang membentuk dinding samping ventrikel ketiga) dan hypothalamus (bagian dasar batang otak paling atas, berada dibawah thalamus). Kedunya adalah bagian dari otak yang mengatur sistem lapar dan haus, detak jantung, jam tidur dan bekerja, pencernaan, dan kontrol keseimbangan cairan tubuh. Dengan menusukan jarum di meridian yang tersambung dengan thalamus, keinginan untuk makan bisa dikendalikan. Meridian adalah jalur atau tempat mengalirnya Qi dalam tubuh.