Apakah manajer produk mempresentasikan product roadmap yang sama ke setiap tim projek dan stakeholder?

Apakah product manager menggunakan product roadmap yang sama untuk dipresentasikan dengan tim projek dan stakeholder lainnya?

Alangkah baiknya jika product roadmap tidak bersifat global yaitu, mencukup seluruh sasaran stakeholder dan audiens. Product roadmap menceritakan kisah tentang produk dan yang dirancang dan untuk berkomunikasi dan membujuk, akan lebih baik jika sasarannya disepesifikasi untuk mendapatkan feedback yang sesuai. Berikut adalah template berbagai macam product roadmap yang harus dipresentasikan oleh product manager berdasarkan sasarannya :

Template untuk menyajikan rencana roadmap ke dewan eksekutif dan penasihat

  1. Untuk siapa presentasi itu?
    Eksekutif dan dewan penasihat
  2. Apa tujuannya?
    Mengkomunikasikan tema tingkat tinggi - arahan produk, area investasi, dan jadwal rilis di seluruh produk
  3. Bagaimana cara menyambung ke visi?
    Tunjukkan relevansi dengan strategi perusahaan Anda - lanskap pasar, model bisnis, serta sasaran dan inisiatif.
  4. Roadmap apa yang harus digunakan?
    Sertakan pandangan tingkat tinggi - tampilan portofolio yang menunjukkan rilis yang direncanakan dipetakan ke produk dan inisiatif strategis
  5. Bagaimana peta jalan harus disesuaikan?
    Tampilkan informasi umum - garis waktu untuk badan-badan utama kerja
  6. Seberapa luas harus dibagikan?
    Batasi pembagian - tandai sebagai rahasia dan perbarui setiap tiga bulan

Template untuk menyajikan rencana roadmap ke tim pemasaran

  1. Untuk siapa presentasi itu?
    Divisi Marketing
  2. Apa tujuannya?
    Mengkomunikasikan faktor-faktor lintas fungsional - Go-to-Market planning
  3. Bagaimana cara menyambung ke visi?
    Hubungkan ke strategi produk - sasaran dan inisiatif, pesaing, personas
  4. Roadmap apa yang harus digunakan?
    Sertakan kerja terencana - roadmap inisiatif triwulanan yang menyoroti tujuan
  5. Bagaimana peta jalan harus disesuaikan?
    Sorotan jangka waktu - fitur dan rilis
  6. Seberapa luas harus dibagikan?
    Batasi pembagian - tandai sebagai rahasia dan perbarui sesuai dengan status rilis

Template untuk menyajikan rencana roadmap ke Teknisi dan Tim TI

  1. Untuk siapa presentasi itu?
    Teknisi dan Tim TI
  2. Apa tujuannya?
    Mengkomunikasikan waktu - estimasi perencanaan kapasitas
  3. Bagaimana cara menyambung ke visi?
    Hubungkan ke strategi produk - sasaran dan inisiatif yang dipetakan ke fitur yang direncanakan
  4. Roadmap apa yang harus digunakan?
    Sertakan pekerjaan yang direncanakan - fitur peta jalan diurutkan berdasarkan jenis, menunjukkan status dengan tanggal rilis internal
  5. Bagaimana peta jalan harus disesuaikan?
    Detail sorotan - informasi tentang fitur, tanggal rilis, persyaratan
  6. Seberapa luas harus dibagikan?
    Batasi pembagian - tandai sebagai rahasia dan perbarui sesuai dengan status rilis

Template untuk menyajikan rencana roadmap ke tim penjualan dan dukungan

  1. Untuk siapa presentasi itu?
    Penjualan dan dukungan
  2. Apa tujuannya?
    Mengkomunikasikan waktu - menutup transaksi dan pemberdayaan pelanggan
  3. Bagaimana cara menyambung ke visi?
    Detail pelanggan dan mitra - inisiatif dipetakan untuk merilis fase
  4. Roadmap apa yang harus digunakan?
    Sertakan rencana kerja - lepaskan peta jalan dengan fase dan ketergantungan untuk upaya lintas fungsional
  5. Bagaimana peta jalan harus disesuaikan?
    Sorotan jangka waktu - fitur dan rilis
  6. Seberapa luas harus dibagikan?
    Batasi pembagian - tandai sebagai rahasia dan perbarui sesuai dengan status rilis

Template untuk menyajikan rencana roadmap kepada pelanggan

  1. Untuk siapa presentasi itu?
    Pelanggan
  2. Apa tujuannya?
    Mengkomunikasikan arah produk - fungsi yang akan datang dan tema utama
  3. Bagaimana cara menyambung ke visi?
    Detail yang berpusat pada pelanggan - inisiatif dipetakan untuk merilis fase
  4. Roadmap apa yang harus digunakan?
    _Sertakan pekerjaan terencana - peta jalan khusus yang menunjukkan tonggak utama dan prioritas utama
  5. Bagaimana peta jalan harus disesuaikan?
    Tampilkan informasi umum - tanggal rilis triwulanan
  6. Seberapa luas harus dibagikan?
    Semi-publik - gerbang sesuai kebutuhan dan perbarui setiap tiga bulan

Template untuk menyajikan rencana roadmap kepada mitra

  1. Untuk siapa presentasi itu?
    Mitra
  2. Apa tujuannya?
    Mengkomunikasikan arah produk - fungsi yang akan datang dan tema utama
  3. Bagaimana cara menyambung ke visi?
    Perincian mitra-sentris - inisiatif dipetakan untuk merilis fase
  4. Roadmap apa yang harus digunakan?
    Sertakan pekerjaan yang direncanakan - fitur roadmap yang difilter untuk menunjukkan kerja yang direncanakan mitra-sentris dengan tanggal rilis eksternal
  5. Bagaimana peta jalan harus disesuaikan?
    Tampilkan informasi umum - tanggal rilis triwulanan dengan dependensi
  6. Seberapa luas harus dibagikan?
    Rahasia atau semi-pribadi - gateway sesuai kebutuhan dan perbarui setiap tiga bulan

Template untuk menyajikan rencana roadmap kepada analis dan media

  1. Untuk siapa presentasi itu?
    Analis dan media
  2. Apa tujuannya?
    Mengkomunikasikan arahan produk tingkat tinggi - fungsi yang akan datang dan tema utama yang menunjukkan diferensiasi
  3. Bagaimana cara menyambung ke visi?
    Detail yang berpusat pada pasar - persona dan inisiatif yang dipetakan untuk merilis fase
  4. Roadmap apa yang harus digunakan?
    Sertakan pekerjaan terencana - roadmap khusus yang menunjukkan tema mendatang dan tonggak utama
  5. Bagaimana peta jalan harus disesuaikan?
    Tampilkan informasi umum - tanggal rilis triwulanan
  6. Seberapa luas harus dibagikan?
    Batasi berbagi - tandai sebagai rahasia.

Sumber :
https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/what-product-roadmap-presentation-templates-do-product-managers-use