Apakah manajemen risiko juga diperlukan oleh para pelaku startup IT ?

download

Akhir-akhir ini marak bermunculan startup IT. Bayak dari mereka yang mampu mewujudkan perubahan yang mereka cita-citakan melalui ide bisnis mereka. Dan tidak sedikit juga dari para pelaku startup IT yang gulung tikar.

Apakah manajemen risiko juga diperlukan oleh para pelaku startup IT ?

Sangat perlu, mengingat segala tindakan pasti memiliki risiko. Maka segala risiko atau kemungkinan terburuk harus diidentifikasi sejak dini sehingga dapat ditanggulangi dengan upaya preventif.

Manajemen risiko mencakup kegiatan merencanakan, mengorganisir, menyusun, memimpin/mengoordinir dan mengawasi (termasuk mengevaluasi) program penanggulangan risiko. Dengan demikian manajemen risiko mampu memperkecil kemungkinan kerugian yang dialami start-up dikarenakan dampak dari risiko dan kemungkinan yang akan terjadi.

Manajemen resiko sangat di perlukan oleh startup IT karena diharapkan dengan adanya manajemen resiko yang baik di awal waktu perencanaan startup akan menjadi tindakan prefentiv untuk meminimalisir masalah masalah yang akan timbul dikemudian hari dan hal ini bertujuan juga untuk perkembangan Startup tersebut agar dapat lebih siap menghadapi resiko yang ada dengan perencanaan yang matang sebelumnya, selain itu banyak sekali manfaat yang di peroleh dari sebuah manajemen resiko yaitu sebagi berikut :

  1. Berguna untuk mengambil keputusan dalam menangani masalah-masalah yang rumit.
  2. Memudahkan estimasi biaya.
  3. Memberikan pendapat dan intuisi dalam pembuatan keputusan yang dihasilkan dalam cara yang benar.
  4. Memungkinkan bagi para pembuat keputusan untuk menghadapi resiko dan ketidakpastian dalam keadaan yang nyata.
  5. Memungkinkan bagi para pembuat keputusan untuk memutuskan berapa banyak informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah.
  6. Meningkatkan pendekatan sistematis dan logika untuk membuat keputusan.
  7. Menyediakan pedoman untuk membantu perumusan masalah.
  8. Memungkinkan analisa yang cermat dari pilihan-pilihan alternatif.

Refrensi:

http://www.parwito.com/2016/06/pengertian-dan-manfaat-risk-management.html

Sangat diperlukan dan penting, pentingnya manajemen risiko bagi perusahaan atau bagi para pelaku bisnis dapat dibagi menjadi dua sudut pandang :

  1. Dilihat dari sudut pandang seseorang sebagai pelaku organisasi atau perusahaan, entah itu sebagai Manajer atau pemimpin perusahaan akan dapat mengetahui cara-cara/metode yang tepat untuk menghindari atau mengurangi besarnya kerugian yang diderita perusahaan atau start-up IT, sebagai akibat ketidakpastian terjadinya suatu peristiwa yang merugikan.

  2. Dilihat dari sudut pandang pribadi seseorang dapat melatih dirinya lebih cepat dalam memimpin sebuah perusahaan atau start-up IT. Dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi manajer risiko dari perusahaan dimana yang bersangkutan menjadi anggota. Selain itu juga dapat menjadi seorang manajer risiko yang professional dalam jangka waktu yang relatif lebih cepat daripada yang belum pernah mempelajarinya.

Dengan demikian, manajemen risiko sangat diperlukan bagi para pelaku start-up IT karena,

  • Dapat mengidentifikasi risiko-risiko yang dihadapi,
  • Dapat mengukur atau menentukan besarnya risiko tersebut,
  • Dapat mencari jalan untuk menghadapi atau menanggulangi risiko,
  • Dapat menyusun strategi untuk memperkecil ataupun mengendalikan risiko,
  • Dapat mengoordinir pelaksanaan penanggulangan risiko,
  • Serta dapat mengevaluasi program penanggulangan risiko yang telah dibuat.

Referensi :
Soeisno Djojosoedarso. 1999. Prinsip-prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi. Jakarta: Salemba Empat.

Kegagalan dalam start up sebagian besar disebabkan oleh kurangnya dalam memanajemen resiko. Hampir 90% startup yang muncul selalu mengalami kegagalan. Data ini diambil dari survei kewirausahan yang menunjukan bahwasanya penanganan resiko yang sangat kurang pada dunia start up. Sebagai contoh adalah kasus Valadoo. Start-up bisnis perjalanan online yang sudah beroperasi sejak 2010 itu, akhirnya memutuskan untuk menutup layanan per akhir April 2015. Padahal, perusahaan tersebut telah menjalin kemitraan strategi dengan Wego sejak 2012, dan di awal tahun ini juga melakukan merger dengan layanan social travel Burufly. Hal yang paling mendasar dalam tutupnya Valadoo adalah ketergantugan mereka terhadap investor yang memicu seluruh gerak dari perusahaan lebih diatur oleh investor.

Adapun, manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur atau metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan atau pengelolaan sumberdaya.

Berikut merupakan elemen-elemen utama dalam proses manajemen resiko pada dunia start up.

  • Penetapan tujuan
  • Identifikasi resiko
  • Analisis resiko
  • Evaluasi resiko
  • Pengendalian resiko
  • Monitor dan review
  • Komunikasi dan konsultasi

Referensi
http://healthsafetyprotection.com/prinsip-dasar-manajemen-risiko-risk-management/