Apakah makna qadha dan qadar ilmi dan aini Allah SWT itu?

Apakah makna qadha dan qadar ilmi dan aini Allah Swt itu?

Qadha dan qadar Ilahi terbagi menjadi dua bagian: Qadha dan qadar ilmi dan aini.

Qadha dan Qadar Ilmi

Yang dimaksud dengan qadha ilmi adalah mengetahui kemestian terjadinya sesuatu ketika sebab-sebabnya tersedia; artinya Tuhan mengetahui semenjak azal bahwa segala sesuatu dalam kondisi tertentu dan pusaran mekanisme kausalitas dan sebab-akibat akan mengada.

Adapun yang dimaksud dengan qadar ilmi adalah sebelum penciptaan Allah Swt mengetahui tipologi, batasan dan sifat-sifat ciptaan. Karena itu, yang yang dimaksud dengan takdir ilmi adalah Allah Swt mengetahui semenjak azal setiap makhluk memiliki ciri apa, tipologi apa dan sifat-sifat seperti apa.

Singkatnya ilmu Tuhan sebelumnya terhadap kemestian adanya segala sesuatu dan tipologinya itulah yang dimaksud dengan qadha dan qadar ilmi.

Qadha dan Qadar Aini

Yang dimaksud dengan qadar aini adalah bahwa Allah Swt menciptakan setiap makhluk berdasarkan ukuran, syarat, tipologi dan kemampuan tertentu.

Adapun yang dimaksud dengan qadha aini adalah bahwa Allah Swt memberikan kemestian eksistensial kepada makhluk-makhluk-Nya dan melalui kanal hukum kausalitas kemudian makhluk-makhluk tersebut memiliki entifikasi luaran. Tuntutan qadha aini Ilahi adalah terwujudnya fenomena-fenomena semenjak awal hingga akhir usia, bahkan tatkala tersedianya pendahuluan-pendahuluan sebelum mengadanya, berada di bawah pengaturan Ilahi dan disandarkan kepada-Nya.

Qadha dan qadar aini – berbeda dengan qadha dan qadar ilmi – tidak mendahului adanya sesuatu – melainkan ada bersama-sama dan beserta dengan munculnya sesuatu.

Dalam qadar aini Ilahi; seluruh makhluk sedemikian diatur sehingga memiliki ukuran, kondisi-kondisi tertentu yang berkaitan dengannya dan tidak melebihi porsi keberadaannya. Allah Swt berfirman:

Sesungguhnya Kami telah menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.” (Qs. Al-Qamar [54]:49)

Segala sesuatunya telah kami ciptakan sesuai dengan ukurannya masing-masing. Sebagai contoh, takdir manusia adalah hidup semenjak awal masa tertentu, hingga pada masa tertentu di muka bumi. Takdir setiap orang adalah muncul pada tingkat masa terbatas dan lahir dari ayah dan ibu tertentu. Demikian juga takdir rezeki dan hal-hal lainnya, perbuatan-perbuatan ikhtiari manusia, tersedianya syarat-syarat tertentu, masing-masing darinya.

Untuk diketahui bahwa qadar (takdir) aini Ilahi tidak bertentangan dengan kebebasan dan ikhtiar manusia.