Apakah Makna Langit Menurut Al-Quran?

Langit menurut Al Quran

Apakah makna langit menurut Al Quran?

Dalam al-Quran langit disebutkan dengan makna yang beragam:

Langit Material


Al-Quran pada kebanyakan ayat menggunakan kata sa-ma (langit) dengan artian materi yang menyebutkan obyek-obyek dan makna-maknanya. Di antara ayat-ayat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Langit bermakna arah atas, “Ashluhâ tsâbit wa far’uhâ fi al-samâ;

    “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit.” (Qs. Ibrahim [14]:24)

  • Langit bermakna suhu udara di sekeliling bumi, “Wa nazzalnâ min al-samâ mâ’an mubârakan;”

    “Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh berkah lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (Qs. Qaf [50]:9)

  • Langit yang bermakna tempat bintang-bintang dan galaksi-galaksi:

    “Maha Agung nan Abadi Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya.” (Qs. Furqan [24]:61)

Langit non-material


Al-Quran pada kebanyakan ayat menggunakan kata sa-mâ (langit) yang bermakna non-material yang juga menyebutkan ragam obyek dan makna. Ayat-ayat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Langit bermakna makam qurb dan makam hudhur yang merupakan tempat pengaturan segala urusan alam semesta:

    “Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian urusan itu naik kepada-Nya pada satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu (dan dunia pun musnah).” (Qs. Al-Sajdah [32]:5)

  • Langit yang bermakna entitas tinggi dan hakiki:

    “Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu.” (Qs. Al-Dzariyat [56]:22)

al-Quran mengabarkan tentang mikrajnya Rasulullah Saw ke langit-langit dan menyatakan,

“(yaitu) di Sidratul Muntaha. Di dekatnya ada surga Al-Ma’wâ. Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh suatu (cahaya cemerlang) yang meliputinya.” (Qs. Al-Najm [53]:15)

Sumber : https://www.syahida.com/2014/11/24/757/dimanakah-lokasi-neraka/#axzz5AdQdz0QE