Apakah makna dari kalimat fid dunya hasanah ?

“Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka.” (QS. al-Baqarah : 201).

Kebaikan di dunia yang dimaksud dalam ayat di atas mencakup seluruh keinginan duniawi, baik berupa kesehatan, rumah yang lapang, istri yang cantik, reseki yang melimpah, ilmu yang bermanfaat, amal shalih, kendaraan yang mewah, pujian dan selainnya (Tafsir Ibn Katsir 1/343).

Tetapi, terdapat tulisan yang menarik dari Gus Mus,

ketika kita mengulang-ulang doa,“Rabbanaa aatina fid-dunya hasanah wa fil-akhirati hasanah,” bukankah kita memang sedang mengharapkan kebahagiaan (secara materiil) di dunia dan kebahagiaan (surga) di akhirat, tanpa mengusut lebih lanjut, apakah memang demikian arti sebenarnya dari hasanah, khususnya hasanah fid-dunya itu?

Lalu, apakah makna sejati dari kalimat fid dunya hasanah tersebut ?

Menurut Ali bin Abu Thalib,

Kebaikan bukanlah memiliki harta yang melimpah dan anak banyak. Tapi, kebaikan adalah jika amalmu banyak, ilmumu luas dan engkau tidak menyombongkan diri kepada orang lain dengan ibadahmu kepada Allah swt”.

Catatan : Quote diatas didapatkan dari internet, apakah benar quote tersebut dari Ali bin Abu Thalib, tidak dapat dipastikan