Apakah makan lele terlalu banyak dapat membahayakan?

Belum banyak diketahui masyarakat setelah mengkonsumsi lele berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Karena lele dapat bertahan hidup pada tempat yang buruk dan kotor yang mengandung limbah rumah tangga yaitu dengan kapasitas kandungan oksigen rendah

download (11)

Bahaya makan ikan lele masih banyak belum diketahui masyarakat pada umumnya karena setelah mengkonsumsi belum merasakan gejala atau keluhan apapun. Resiko bahaya makan ikan lele :

  1. Hipertiroid
    Bahaya makan ikan lele yang akan dialami para mengkonsumsi adalah berupa munculnya gangguan pada kelenjar tiroid yang berada disekitar leher. Leher akan terasa nyeri, Timbul pembengkakan dan peradangan serta infeksi.Kondisi ini disebabkan cairan didalam tiroid menjadi meningkat.

  2. Pertumbuhan sel abnormal
    Terlalu sering mengkonsumsi ikan lele yang digoreng dengan minyak jelantah hitam yang mengandung racun trans 2 hidroksiloktenal(HNE) yang terbukti berpotensi menyebabkan seseorang terserang kanker hati, Kanker lambung dan lain lain.

  3. Mengandung berbagai macam bakteri aktif
    Ikan lele akan memakan apapun yang ada disekelilingnya. Ikan lele yang makan kotoran manusia dapat menyebabkan kualitas gizinya menjadi hilang dan mengandung banyak bakteri termasuik bakteri e-coli yang menyebabkan sakit perut dan diare.

  4. Penyakit jantung
    Gangguan jantung tersebut tidak hanya akan menyerang kaum dewasa namun berpotensi pada anak anak muda terlepas terlalu sering mengkonsumsi ikan lele yang mengandung racun yang digoreng dengan minyak jenuh atau tidak. Bahaya makan ikan lele berupa munculnya penyakit jantung yang terdiri dari jantung koroner