Apakah makan kubis dapat menyebabkan perut kembung?

Kembung umumnya bukanlah masalah esehatan yang serius, tapi kondisi ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

download (8)

Makan kubis tidak akan membuat perut kembung, justru memiliki banyak manfaat. Berikut 5 manfaatnya:

  1. Anti-aging
    Makan kol setiap hari, dalam keadaan mentah atau dijadikan lalapan, bisa membantu melambatkan proses penuaan. Kol punya kandungan anti-aging yang baik untuk kulit. Kaya vitamin C, A dan E sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas. Vitamin D dalam kol juga membantu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit secara alami.

  2. Mencegah jerawat dan mencerahkan kulit
    Masih tentang kulit, kandungan vitamin E dan mineral berupa kalium dan sulfur dalam kol sangat ampuh mencegah timbulnya jerawat, menghaluskan dan mencerahkan warna kulit. Kol bisa diblender dan diminum setiap hari atau dijadikan masker wajah untuk mengurangi kulit berminyak dan menyembuhkan jerawat.

  3. Menyuburkan dan menghaluskan rambut
    Ingin rambut lebat dan sehat? Kol punya kandungan antioksidan seperti vitamin C dan A yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Cukup dimakan setiap hai, atau diblender dan dijadikan masker rambut. Bahkan bisa menghaluskan dan menjaga kilau alami rambut. Karena nutrisinya yang lengkap untuk rambut, kol juga efektif mengurangi rambut rontok.

  4. Melancarkan buang air besar
    Kandungan serat dalam kol sangat baik menjaga pencernaan, terutama saat konstipasi. Konsumsi kol setiap hari dapat membantu susah buang air besar sekaligus menjadi detoks yang menyehatkan untuk susu.

  5. Mencegah kanker
    Kol punya banyak kandungan sehat, salah satunya adalah diindolylmethane (DIM), sinigrin, lupeol, sulforaphane dan indole 3 – carbinol (I3C) yang merupakan senyawa yang bisa meningkatkan imun tubuh dan punya efek anti kanker yang kuat.

Referensi: