Apakah makan hingga kenyang akan menyebabkan penyakit?


(Muhammad Iqbal) #1

Ilustrasi-makan-saur-Istimewa

Apakah makan hingga kenyang akan menyebabkan penyakit seperti kusta? Dari Imam Shadiq As diriwayatkan: “Makan kekenyangan akan menyebabkan penyakit kusta”. (Al Kafi 6-269). Apakah dalam ilmu kedokteran hal ini telah dibuktikan?


(anon56287618) #2

Redaksi riwayat sebenarnya yang dikemukakan dalam pertanyaan adalah:

«عَنْ أَبِی عَبْدِ اللَّهِ (ع) قَالَ الْأَکْلُ عَلَى الشِّبَعِ یُورِثُ الْبَرَصَ»

Diriwayatkan dari Imam Shadiq As yang bersabda, “Makan dalam kondisi kenyang akan menimbulkan penyakit kusta.”
Sebagaimana yang Anda saksikan riwayat ini berkata bahwa makan dalam kondisi kenyang akan mengakibatkan timbulnya penyakit kusta.
Tentu saja hal ini tidak bermakna bahwa seluruh orang-orang yang lahap makannya akan terjangkiti penyakit kusta; karena kalau begitu betapa banyak orang yang terjangkiti penyakit kusta sementara tidak demikian banyaknya.
Apa yang ingin dijelaskan dari riwayat ini adalah salah satu adab makan – bahwa manusia ketika ia kenyang dan kantung perutnya tidak lagi tersisa ruang lebih dari itu – maka tidak boleh dipaksakan dan lebih dari kadarnya perut dijejali dengan makanan. Riwayat ini tidak pada tataran menjelaskan kepastian timbulnya penyakit kusta. Boleh jadi banyak makan (atau masih kenyang melahap makanan lainnya) merupakan salah satu faktor berpengaruh pada munculnya penyakit kusta. Dengan kata lain riwayat ini berada pada tataran ingin menjelaskan bahwa melahap makan ketika masih kenyang akan banyak menimbulkan penyakit. Hal ini juga telah dibuktikan melalui ilmu kedokteran.