Apakah laptop/hp yang baru dibeli harus dicharge selama 4 jam sebelum dapat digunakan?


(Muhammad Indra Firdaus) #1

Biasanya setelah kita membeli laptop/hp,sang penjual sering memberitahukan kepada kita bahwa kita harus mengosongkan baterai saat pertama kali digunakan setelah itu menchargenya hingga penuh agar baterai tidak cepat rusak. Apakah hal tersebut benar?


(Julia ferlin) #2

Berdasarkan info dari AsianFanatics, ponsel saat ini menggunakan baterai tipe Lithium Ion. Sedangkan baterai yang harus dicharge selama 4 jam adalah jenis niCad yang digunakan pada ponsel tahun 1995 sampai 2000 dan setelah itu tidak digunakan lagi karena digantikan oleh Lihium Ion. Alasan penggantian ini karena daya baterai yang kurang maksimal.

Nah, kebanyakan gadget pada saat ini telah menggunakan baterai tipe ini, sehingga tidak perlu di charge dulu sebelum pertama kali pemakaian.


(Ade Listiawan) #3

Sebenarnya kebutuhan charge laptop baru itu bervariasi sesuai kapasitas batterai dan tegangan charger sendiri. Prosedur charge dahulu merupakan tindakan awal untuk menghindari kebocoran batterai, kerusakan dini pada batterai pada Lihium Ion. Namun pada gadget umumnya pada era sekarang tidak memerlukan dicharge ulang, namun alangkah baiknya jika mengikuti tersebut.


(I Made Andwi Raditya Prabhawa) #4

Baterai-baterai ponsel pada zaman dulu (dalam era 1997 hingga 2003) masih menggunakan jenis niCad. Dimana pada baterai ponsel jenis ini memang dibutuhkan pengisian ekstra pada saat pertama kali digunakan. Hal ini bertujuan agar baterai dapat bertahan lama saat pemakaian dikarenakan komposisi baterai yang masih menggunakan niCad.

Nah, untuk baterai pada HP modern maupun smartphone seperti sekarang ini anda tidak perlu lagi mencharge selama itu untuk membuat daya tahan baterai anda awet. Pasalnya pada HP keluaran 2005 keatas sudah banyak yang menggunakan baterai dengan teknologi Lithium Ion.

Jadi, kesimpulan yang dapat kita garisbawahi adalah mencharge baterai ponsel selama 8 jam sebelum digunakan adalah MITOS. Tetapi tergantung dari baterai yang anda gunakan. Untuk memastikan apakah baterai pada HP maupun laptop anda sudah menggunakan Lithium Ion, anda dapat mengeceknya pada buku panduan dusbook ponsel atau laptop.