Apakah lagu bisa menjadi menjadi penyemangat kita?

Semua orang pasti memiliki lagu kesukaan masing-masing. Jelas, semua orang memiliki genre lagu yang berbeda. Terkadang ketika kita sedih, cemas, bahkan bahagia mungkin bisa saja dengan mendengarkan lagu bisa menjadi pengubah suasana menjadi lebih baik.

Nah, apakah lagu bisa menjadi penyemangat kita ketika kita bersedih atau kegagalan? kira-kira lagu favorit apa nih yang kalian suka untuk menyemangati diri kalian?

Kalau buat aku, bisa dan berpengaruh banget. Karena lagu itu berisi lirik dan vokal. Serta memiliki jenis musik yang berbeda-beda.
Dan beberapa penyanyi pasti memiliki lagu dengan lirik dan makna yang bertujuan untuk menyemangati pendengarnya. Selain itu, jenis musik yang up-beat, enak dan asyik didengar berpengaruh dalam menyemangatiku. Vokal penyanyi yang enak didengar juga terkadang dapat membuat mood-ku menjadi lebih baik lagi.
Kalau lagu favorit untuk menyemangati diri, aku lebih sering mendengar lagu-lagu dari penyanyi favoritku, yaitu BTS :purple_heart:

Menurut saya iya dan bahkan musik juga mempengaruhi suasana hati saya. Sejauh ini saya sedang suka mendengarkan lagu next level aespa dan lagu-lagu olivia.

Lalu untuk mendukung opini saya, Merrit (2003) menyebutkan beberapa manfaat musik yang salah satunya yaitu refreshing.

Maksud dari refreshing disini adalah ketika pikiran seseorang sedang kacau atau jenuh, dengan mendengarkan musik walaupun sejenak, terbukti dapat menenangkan dan menyegarkan pikiran kembali.

Bisa banget!

Sebenarnya menurutku gak cuma jadi penyemangat aja, tapi bisa ngerubah mood kita dari yang sedih jadi seneng, ataupun sebaliknya. Karena buat aku sendiri, lagu tuh punya memori yang tersimpan gitu, terlepas dari arti atau makna lagu itu sendiri, kalau denger lagu yang dulu kita denger mau gak mau kita bisa inget memori saat dengerin lagu itu dulu. Jadi memori atau mood yang kesimpen di lagu itu tuh kadang bisa sampai ke kita pas lagi dengerin lagu. Selain itu juga, ini biasanya akan berlaku untuk lagu yang memiliki arti yang kuat, kalau kita bisa interpretasikan lagu itu, makna yang disampaikan oleh penyanyi pasti sampe ke kita. Dan untuk lagu yang bisa nyemangatin kita, biasanya lagu yang bertema fun atau happy atau bahkan yang liriknya menceritakan slice of life.

Nah, biasanya kalau butuh penyemangat, aku akan pilih lagu sebelumnya aku denger waktu aku lagi seneng, atau lagu yang mempunyai memori bahagia, kaya contohnya lagu yang didengerin bareng temen-temen saat di jalan. Tapi kalau buat lagu baru, aku biasa denger dari yang tempo lambat ataupun tempo cepat. Sekaligus ngebuat memori baru di lagu yang baru aku dengerin. Lagu-lagu dengan bahasa asing pun bisa jadi penyemangat, jangan lupa dengan slogan ‘music is a universal language’ , walaupun gak bisa mengerti arit lagunya seccara langsung, biasanya emosi yang ingin disampaikan penyanyi bisa kita rasakan.

menurutku bisa banget, nyatanya penelitian membuktikan bahwa musik dapat memengaruhi mood atau bahkan pikiranmu sendiri. Mendengarkan lagu, dengan jenis musik yang up-beat yang memiliki lirik bersemangat bisa membantu menaikkan mood dan semangat saya kembali, kalau lagu favorit sih gaada ya tergantung mood lagi mau dengerin lagu dengan genre apa dan gimna hehe

Sebagai orang yang selalu mendengarkan music setiap harinya, pasti bisa banget dong musik menjadi penyemangat kita saat lagi down atau pun kurang semangat. Menurut saya tidak hanya sebagai penyemangat aja tapi dengan mendengarkan music kita juga bisa merubah mood yang senang menjadi sedih maupun sebaliknya. Sebuah lirik dari lagu dan dentuman musiknya menurut saya juga berpengaruh pada semangat kita saat mendengarkan lagu tersebut, misal lagu yang kita dengarkan mempunyai nada dan irama yang bersemangat maka mood kita akan langsung berubah mengikuti lagu tersebut, begitu pun sebaliknya jika kita mendengarkan lagu dengan irama yang sedih maka mood kita juga akan mengikuti. Tidak hanya lirik dan nada nya saja yang membuat semangat tetapi vocal dari para penyanyi, bagi saya juga menentukan dalam perubahan mood dalam diri saya. Kalau saya biasanya lebih suka mendengarkan music ballad saat mengerjakan sesuatu di depan laptop dan music pop saat sedang membereskan atau membersihkan kamar.

Iya bener banget saya juga merasakan hal yang sama ketika mendengarkan lagu. Ketika banyak tugas pun sambil mendengarkan lagu keadaan saya jadi lebih relaks dan lebih mudah untuk berpikir meskipun sambil nyanyi". Saya tipe orang yang harus dengerin musik ketika lagi stress sama suatu pekerjaan jadinya mood saya gak ikut turun dan bener banget jadi semangat apalagi musiknya yang semangat gitu jangan yang galau-galau nanti ikut galau.

aku pribadi setuju sih kalau lagu bisa jadi salah satu penyemangat, karena dengan mendengarkan musik musik yang kita suka, sedikit banyak bisa berpengaruh pada mood kita saat itu. Misal ketika sedang down, baiknya mendengarkan lagu lagu yang makna atau isinya dalam, serta nada dan tempo yang ceria. Tapi kadang kita salah atau sengaja mendramatisir suasana hati dengan lagu lagu yang mellow yang semakin membuat kita larut dalam perasaan sedih, sebenernya boleh boleh aja sih asal tidak berlebihan dan hanya sekedar melepas emosi saat itu. Bukan untuk diteruskan hingga hari hari berikutnya, cmiiw

Yup bisa. Saya pernah membaca salah satu penelitian yang dilakukan oleh Simone Ritter dari Radbound University di Belanda dan Sam Ferguson dari University of Technology Sydney, Australia, melakukan riset terhadap 155 orang untuk mengetahui efek yang ditimbulkan musik terhadap kemampuan kognitif seseorang. Dalam penelitian ini, musik dapat membantu menyelesaikan tugas repetitif lebih cepat dengan kesalahan yang minim. Dampak positif ini bukan berasal dari musik saja, namun, efek dari lagu terhadap mood pendengarnya.

Musik adalah bagian dari hidup saya, jadi tidak ada satu haripun yang saya lewati tanpa mendengarkan musik dan lantunan lagu. Berdasarkan apa yang saya rasakan, mendengarkan musik dan lagu dapat memberi efek terhadap perasaan (mood) saya baik itu sedih, senang, bimbang, hampa dan sebagainya. Manfaat lainnya yang saya rasakan adalah dapat menambah semangat saat beraktivitas, bahkan dapat membantu saya untuk menjadi lebih fokus.

Summary

Musik Bantu Tingkatkan Semangat dan Fokus | Republika Online

1 Like

Membaca tanggapan dari teman-teman diatas, saya juga satu pendapat dengan mereka bahwa lagu dapat menjadi penyemangat. Lagu bisa menjadi penyemangat saya. Ketika dalam mood yang kurang baik, saya biasanya memutar lagu dengan genre sad song juga. Saya merasa bahwa lagu tersebut relate dengan mood saya hari itu. Berbeda lagi ketika saya mengerjakan tugas, berolahraga, atau mengisi waktu luang, saya akan memutar lagu dengan genre happy dan bisa meningkatkan semangat tentu saja. Bahkan terkadang saya menjadi teringat akan suatu kenangan karena lagu tersebut. Entah mengapa, saya juga tidak terlalu mengerti mengenai itu :sweat_smile:.

Setiap hari saya mendengarkan lagu. Seperti yang diungkapkan oleh kak @ayushintyadewi bahwa musik ini bagian dari hidup saya. Lagu dapat menemani hari-hari saya dan menemani saya dalam segala mood yang hadir. Menurut saya, banyak manfaat yang saya rasakan ketika mendengarkan lagu, seperti mengurangi penat, menjadi penyemangat, dan juga mengisi suasana saat itu. So, ayo kita mendengarkan lagu :grinning_face_with_smiling_eyes:.

Iya, lagu bisa menjadi salah satu penyemangat ketika saya mau melakukan apapun. Misalnya jika ingin mengerjakan tugas kuliah, biasanya saya mendengarkan lagu agar tidak cepat bosan maupun mengantuk. Lalu jika saya membutuhkan inspirasi untuk menulis (sastra) maka saya biasanya juga mendengarkan lagu. Bahkan ketika sedih dan kesal pun saya biasanya mendengarkan lagu untuk menyalurkan emosi.
Jika ditanya apa lagu favorit saya, agak susah menjawabnya sebab saya tidak terlalu terpaku pada satu lagu/penyanyi saja. Lagu apapun yang sekiranya sesuai dengan suasana hati saya hari itu maka lagu itu juga yang akan saya dengarkan.

Untuk ku pribadi, ya. Self escape tiap pribadi berbeda-beda, and mine is music. Aku pribadi adalah pendengar K-Pop yang setia, kurang lebih sudah 10 tahun aku mengikuti perkembangan musik Korea. Everytime I listen to their songs, pasti baik fisik maupun psikis ku jadi sangat rileks dan semangat. Disamping K-Pop, aku juga mendengar musik lokal maupun western.

Beberapa dari kita pasti pernah mendengar istilah bahwa ‘Musik adalah bahasa universal’ Maksudnya, hampir semua orang tidak peduli suku bangsa dan bahasa dapat berkomunikasi lewat musik. Dengan musik kita dapat menangkap gagasan, ide, dan maksud yang ingin disampaikan lewat nada dan iramanya. Dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang, setiap hari kita dapat mendengarkan musik di manapun dan kapanpun. Saat macet di jalan, belajar, berbelanja di toko, bekerja, dan lain-lain, kita bisa melakukannya sambil mendengarkan musik. Sebuah penelitian terhadap 60 orang dewasa yang dilakukan tahun 2006 menemukan bahwa musik mampu mengurangi rasa sakit, depresi, serta dapat meningkatkan kualitas tidur. Bahkan, sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa bernyanyi dan mendengarkan musik dapat meningkatkan suasana hati atau mood. Peneliti menyatakan bahwa kemampuan musik untuk mengurangi stres berkaitan dengan kemampuannya untuk menurunkan tingkat kortisol tubuh. Disebutkan bahwa musik yang berperan dapat mengurangi stres adalah musik dengan irama tenang.

Yups! Aku setuju banget bahwa lagu memang bisa menjadi penyemangat bagi diri kita. Enggak cuma penyemangat waktu kita gagal atau sedih, namun juga menjadi penyemangat waktu kita hampir menyerah dengan keadaan, penyemangat untuk lebih rajin belajar, atau bahkan penyemangat untuk lebih berusaha keras mengejar cinta orang yang kita sayang? dan lain sebagainya. Hahahaha :joy: :v: Bagiku lagu-lagu tersebut seolah memberi mantra kepadaku untuk tetap semangat, juga menyadarkan dan menguatkanku. Like- I can feel it through my ears then it spreads throughout my body, until my brain & my heart say “cheer up! u can do it, Isa!”

Hmmm berbicara mengenai lagu favorit untuk menyemangati diri, aku paling suka Fight Song-nya Rachel Platten!!! :star_struck: :raised_hands:

Di era sekarang lagu menjadi salah satu alat yang digunakan untuk refreshing ataupun menjadi penyemangat di kala seseorang sedang sedih. Sebuah studi mengatakan bahwa lagu atau musik dapat menjadi cara untuk meningkatkan semangat dan performa seseorang.

Lagu yang belakangan ini menjadi penyemangat saya yaitu lagu “Scars to Your Beautiful” dan “Rumors”. “Scars to your beautiful” menjadi lagu penyemangat saya karena saya pernah merasa insecure dengan diri saya khususnya dengan fisik saya. Pada lagu tersebut saya mendapatkan pesan bahwa kita tidak perlu mengikuti “standar” orang lain dalam hidup.

Lagu “Rumors” dari Lizzo ft. Cardi B menjadi lagu penyamangat selanjutnya sebab lagu ini mengatakan bahwa kita harus menerima semua realita yang ada pada diri kita. Jangan menolak realita demi “kesempurnaan”. Selain itu, alasan saya memilih kedua lagu tersebut karena nada, lirik, dan irama yang dimainkan juga mendukung untuk menjadi lagu yang memotivasi.

Nah buat kalian yang sedang kurang motivasi/semangat, bisa nih dicoba-coba mendengarkan lagu-lagu yang mengandung semangat motivasi. Biar kita tetap semangat menjalani hari. Yeayyy…

ref:
Laukka, P., & Quick, L. (2013). Emotional and motivational uses of music in sports and exercise: A questionnaire study among athletes. Psychology of Music, 41(2), 198–215. https://doi.org/10.1177/0305735611422507