Apakah Kurikulum Pendidikan Indonesia Sudah Optimal?

Apakah Kurikulum Pendidikan Indonesia Sudah Optimal?

Pendidikan merukapan aspek yang sangat mempengaruhi daya saing sebuah bangsa dengan negara lainnya. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengkritisi perangkat yang dignuakan dalam pendidikan salah satunya kurikulum. Lalu apakah kurikulum pendidikan di Indonesia sudah optimal? Berikut ini terdapat beberapa informasi yang dapat memberikan gambaran bagaiman kondisi pendidikan Indonesia.

Skor PISA Indonesia

Berdasarkan Hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018 Indonesia di-urutan ke-74 dari 79 negara dalam Kategori kemampuan membaca, sains, dan matematika. Perlu diketahui, PISA merupakan program tiga tahun sekali yang digagas oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) untuk mengukur kompetensi belajar peserta didik global.
image
Ditambah Skor PISA indonesia tahun 2018 mangalami penurunan di semua kategori kemampuan dibandingkan dengan tahun 2015.
image
Kemampuan Membaca, Matematika, dan Sains di rata-rata internasional ada di angka 487, 489, dan 489. Indonesia bahkan tidak berhasil menembus skor di atas 400 untuk ketiganya.

Education Index Indonesia dibandingkan negara lain di Asia Tenggara

image
Berdasarkan Education Index yang dikeluarkan oleh Human Development Reports, pada 2017, Indonesia ada di posisi ketujuh di ASEAN dengan skor 0,622. Angka tersebut dihitung menggunakan Mean Years of Schooling dan Expected Year of Schooling.

Dari Informasi di atas nampak mengerucut pada kesimpulan bahwa kurikulum pendidikan di Indonesia belum maksimal, lalu bagaimana menurut kalian agar kurikulum pendidikan di Indonesia lebih optimal?

Source

1 Like