Apakah kurangnya minat baca menjadi salah satu penyebab kemiskinan di Indonesia?

image

Banyak orang bertanya mengapa negara kita susah bersaing dengan negara-negara lain. Sebenarnya apa yang kurang dari negara indonesia ini. Seberapa besarkah strata pendidikan, kemampuan dan penguasaan ilmu pengetahuan yang dimiliki, inovasi dan rekayasa teknologi yang sudah di buat, karya apa yang telah dihasilkan oleh putra-putri Bangsa Indonesia? Ternyata para penggiat pendidikan sepakat bahwa pintu gerbang penguasaan ilmu pengetahuan adalah dengan banyak MEMBACA. Sebab dengan membaca dapat membuka jendela dunia. Sehingga cara berpikir masyarakat akan lebih maju.

Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia sangat mempengaruhi kualitas bangsa Indonesia, sebab dengan rendahnya minat baca, tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di dunia, di mana pada ahirnya akan berdampak pada ketertinggalan bangsa Indonesia.

Dari deskripsi di atas, apakah penyebab kemiskinan di indonesia salah satunya adalah membaca? Lalu apakah kualitas baca mempengaruhi perekonomian negara?