Apakah kurang tidur membuat sekitar mata menghitam?

Ada dua hal yang paling banyak dikeluhkan menyangkut kesehatan kulit di sekitar mata, yakni kantung mata, dan kulit yang menghitam seperti panda. Apa penyebabnya?

Jawabannya juga bisa bermacam-macam. Yang paling mudah dijelaskan adalah karena usia. Ya, karena makin tua usia manusia, makin berkurang pula kekencangan kulitnya.

Menurut salah satu sumber, ahli dermatologis mengatakan bahwa salah satu penyebab mata panda adalah kurang tidur. Hal tersebut dikarenakan dapat menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit mata menjadi membesar sehingga muncul mata panda. Padahal saat manusia sedang tidur sel-sel tubuh akan melakukan pemulihan diri, mengganti sel-sel mati dengan sel baru, pembuangan racun, dll.

Menurut sumber lain, mata panda dapat terjadi karena adanya faktor keturunan atau genetika yang kebanyakan dialami oleh orang-orang Asia yang secara genetika pigmen di sekitar mata memang lebih banyak, sehingga mata akan terlihat menghitam, walaupun sudah tidur yang cukup dan tubuh dalam keadaan sehat. Stress, anemia, merokok, alergi, konsumsi alkohol, penggunaan kosmetik, gangguan liver atau ginjal, dan polusi juga menjadi beberapa faktor munculnya mata panda.

Terdapat pula beberapa cara untuk mengurangi mata panda, salah satunya adalah dengan perbanyak minum air putih. Mengurangi konsumsi kafein dan minuman beralkohol, karena keduanya dapat memicu dehidrasi yang membuat area di bawah mata menjadi gelap. Kemudian tidur yang cukup, yakni sekitar 7 hingga 9 jam setiap malamnya.

References

https://www.alodokter.com/ternyata-mata-panda-tidak-hanya-dipicu-oleh-kurang-tidur-lho
http://sains.me/tanyasains-kurang-tidur-membuat-sekitar-mata-menghitam-seperti-panda/