Apakah kucing jenis serval dapat dipelihara?

Akhir-akhir ini publik sering diperlihatkan oleh peliharaan para influencer dan artis di instagram akan hewan ini, seperti apakah hewan ini? apakah boleh dipelihara?

Serval adalah kucing berukuran sedang, dengan panjang kaki sekitar 59–92 cm. Berat serval berkisar antara 7–12 kg untuk betina, dan 9–18 kg untuk jantan.Serval memiliki kaki yang panjang dibandingkan dengan spesies kucing pada umumnya, karena hewan ini terdapat tulang metatarsus yang memanjang di kakinya. Serval (Leptailurus serval), juga dikenal sebagai Tierboskat, adalah kucing liar yang ada di Afrika. Studi DNA telah menunjukkan bahwa serval berkaitan erat dengan kucing emas Afrika dan karakal.

Bulu serval biasanya berwarna kilap kuning keemasan, dan terdapat bintik maupun garis berwarna hitam.Telinga serval dapat bergerak 180 derajat secara terpisah. Serval memiliki kemampuan yang baik dalam melihat, mencium, maupun mendengar.

Serval berasal dari Afrika, dan lebih banyak terdapat di Afrika bagian selatan. Serval pernah juga ditemukan di Maroko, Tunisia, dan Aljazair; tetapi mungkin telah hilang dari Aljazair dan hanya tersisa di Tunisia karena program reintroduksi. Habitat utamanya adalah savana, meskipun beberapa spesies biasanya ditemukan di daerah pegunungan pada ketinggian sampai 3.000 meter. Serval membutuhkan aliran air dalam wilayahnya, sehingga tidak tinggal di wilayah semi gurun atau stepa kering. Mereka mampu memanjat dan berenang, tetapi jarang melakukannya.

Serval aktif di malam hari, sehingga sebagian besar berburu di malam hari, kecuali terganggu oleh aktivitas manusia atau adanya predator. Meskipun serval sering menangkap tikus, ia juga memangsa burung, kelinci, Hyrax, reptil, serangga, ikan, dan katak. Serval terkadang berburu hewan yang lebih besar daripada dirinya, misalnya seperti rusa, gazel, dan springbok.
Serval mampu melompat hingga 3,6 meter secara horizontal, dan mendarat tepat pada sasaran dengan kekuatan yang cukup untuk menghentikan atau membunuh mangsanya.

Seperti sebagian besar kucing pada umumnya, serval aktif di malam hari. Mereka dapat melakukan perjalanan sejauh 3 sampai 4 kilometer setiap malam untuk mencari makanan. Jika sedang dalam bahaya, mereka menyerang dengan kaki depan panjang serta membuat suara menggonggong tajam dan keras menggeram.
Seperti banyak kucing, serval mampu mendengkur. Serval juga memiliki kicauan bernada tinggi, serta dapat mendesis, berkotek, menggeram, mendengus, dan mengeong.

Sejarah Kucing Serval


Kucing serval berasal dari Afrika di mana rumput tinggi dan semak-semak dapat menyamarkan kucing tinggi ini memungkinkannya untuk menyelinap di mangsanya. Mereka dikenal menyerupai cheetah tetapi memiliki ekor yang lebih pendek dari sepupu mereka yang lebih besar. Mereka biasanya berburu di mana mereka bisa bersembunyi dan tinggal di dekat air. Di alam liar, mereka soliter dan mencakup wilayah rumah empat hingga 12 mil persegi. Serval kucing Afrika tidak termasuk dalam daftar spesies yang terancam punah.

Memiliki kaki terpanjang dari kucing mana pun (sebanding dengan tubuh mereka), pelayan adalah pelompat tangkas serta penggali yang berpengalaman. Mereka dapat menangkap burung lebih dari sembilan kaki di udara dan menggali beberapa kaki ke tanah untuk masuk ke bawah pagar.

Servis membuat berbagai suara atau vokalisasi: seruan nyaring untuk memanggil pelayan lain, menggeram, suara meludah, mendengkur, dan banyak lagi.

Serval kucing telah dipelihara oleh manusia sejak zaman Mesir kuno dan digambarkan dalam karya seni mereka. Namun, mereka tidak dijinakkan. Stok pembibitan tiba di AS lebih dari seabad yang lalu dan Anda mungkin menemukan kucing serval yang banyak generasi dikeluarkan dari impor Afrika. Bahkan pelayan yang dibiakkan di dalam negeri seperti itu tunduk pada pembatasan kepemilikan kucing liar dan binatang eksotis.

Peternak juga telah menyilangkan kucing serval dengan kucing domestik untuk menghasilkan hibrida, seperti kucing Savannah. Savannah mungkin merupakan opsi yang lebih baik daripada serval jika Anda menyukai tampilan serval tetapi membutuhkan kucing penjinak yang lebih mudah dirawat.

Merawat Kucing Serval


Kandang luar yang besar adalah keharusan bagi kucing yang sangat aktif dan menyendiri ini yang berkeliaran setidaknya empat mil sehari di alam liar. Menjadi aktif di malam hari, mereka lebih aktif di malam hari dan dikenal melompat keluar dari area berpagar atau menggali di bawah pagar. Sebuah kandang luar harus benar-benar dipagari di semua sisi dengan bagian atas dan sisi-sisinya harus turun beberapa meter ke dalam tanah.Genangan air juga penting untuk minum, berenang, dan mungkin bahkan membiarkan kucing kecil Anda menangkap ikannya sendiri.

Kucing Serval dapat berikatan dengan manusia, terutama jika mereka dibesarkan dengan botol dan diberi makan dengan tangan. Biasanya, mereka adalah kucing satu-manusia dan ikatan seumur hidup. Anda harus menghabiskan waktu bersama kucing, bermain pada levelnya, saling berhadapan. Mereka bisa penuh kasih sayang tetapi membutuhkan kesabaran dan tangan yang lembut dalam pelatihan. Meskipun Anda dapat mencoba untuk mensosialisasikan sebuah serval, mereka akan tetap malu dengan orang asing dan dapat ditakuti oleh pengunjung.

Kucing-kucing ini biasanya pemalu di siang hari dan lebih aktif di malam hari. Serval bisa sangat aktif dalam permainan dan jika Anda membawa serval ke dalam rumah, ia harus berada di ruang kucing yang tahan serval yang tidak memiliki benda yang dapat dipecahkan, kabel, atau bahaya lainnya.