Apakah Kompas masih dapat digunakan di Dalam Tanah?

kompas

Kompas mempermudah kita untuk menentukan arah dimana pun kita berada. Mengapa? Karena kedua ujung jarumnya selalu menunjukkan arah utara dan selatan sesuai medan magnet bumi. Lalu, apakah kompas masih akan berfungsi jika digunakan di dalam tanah?

Kompas yang berupa aplikasi pada ponsel yang kita miliki mungkin tidak akan bisa bekerja di dalam tanah. Kompas ini bergantung pada sinyal radio yang mudah terhalang oleh batu atau air. Oleh karena itu, jika dibawa ke dalam tanah tentunya akan banyak yang mengganggu sinyal radio.

Berbeda dengan kompas aplikasi ponsel, kompas tradisional yang menggunakan jarum goyah masih bisa aktif di dalam tanah. Jenis kompas ini bekerja dengan bergantung pada medan magnet yang membentang antara kutub utara dan kutub selatan bumi. Kekuatan medan magnet tersebut akan sama besar jika kompas digunakan dalam gua atau kedalaman laut.

Namun, jarum magnet pada kompas akan rusak saat digunakan pada lingkungan yang memiliki medan kekuatan dari besi cair dalam inti bumi. Tentunya medan tersebut akan kita temui jika mengebor jauh ke bawah menuju inti bumi.

Sumber:
sains.me