Apakah Kita Perlu Meregulasi Emosi?

Regulasi emosi ialah cara yang dilakukan dengan sadar maupun tidak untuk mempertahankan, memperkuat atau mengurangi satu atau lebih sapek dari reaksi emosi yaitu pengalaman emosi dan perilaku. Seseorang yang bisa melakukan regulasi emosi dapat mempertahankan atau meningkatkan emosi yang dialaminya baik positif maupun negatif. selain itu, seseorang juga dapat mengurangi emosinya baik emosi yang positif atau negatif. (Gross, 2007)

menurut Youdics apakah kita perlu meregulasi emosi? atau ada Youdics yang sudah berhasil mengontrol emosinya? berikan tanggapan kalian dibawah ini ya.

referensi

Apa yang dimaksud dengan Regulasi Emosi?

Regulasi emosi adalah kemampuan yang kita miliki untuk bisa mengatur emosinya, sehingga kita gak terlarut dalam emosi yang dirasakan. Menurut Gross hal ini berfungsi untuk mengelola emosi biar respon emosi kita gak salah dan berakhir sedih atau menyesal itu tadi.

Mungkin kamu bertanya-tanya, bukannya emosi itu sifatnya mutlak sehingga gak bisa dikontrol dan gak bisa diubah-ubah ya? Well, itu semua bener bahwa emosi sifatnya otomatis sehingga kita gak bisa request atau mengubah-ubah emosi seenaknya.