Apakah kita butuh antibiotik untuk segala penyakit?

Pada umumnya saat kita sakit, obat yang sering banget dikasih dokter adalah antibiotic. Tapi apa kita memang butuh obat ini? Sebagian besar orang mungkin jawab iya tapi ga jarang juga ada orang yang memilih untuk ga menkonsumsi obat ini dan memberi kepercayaan penuh terhadap tubuhnya. Okayyy mari disimak……Mari back to basic. Kenapa sih manusia bisa sakit??? pada penyakit umum mungkin disebabkan virus atau bakteri tapi ga semuanya disebabkan oleh mereka ya.

Microbaada sejak 3 miliar tahun yang lalu dan keberadaannya udah banyak banget membantu manusia dalam kehidupannya tapi pada dasarnya ga semua microbabaik. Pathogens merupakan bagian dari microba juga tapi dia yang jahatnya. Di dalam tubuh manusia, terdapat 10 triliun sel dan 100 triliun bakteria kebayang kan seberapa peran bakteri untuk kalian, dan diluar 100 triliun tersebut yang tidak termasuk ‘normal human flora’  termasuk bakteri jahat wich mean they don’t belong to our body and can cause desease. 

Ada 5 jenis microba:

Bacteria
Microbaini terlihat di cahaya normal cara identifikasinya dengan microscope, gram staining (menggunakan chemical), test labolatorium, etc. cara treatmentnya adalah dengan menggunakan antibiotic.
Viruses
Virus ini merupakan microbayang ukurannya lebih kecil dari bacteria, seberapa kecil? 10,000 kali lebih kecil. Cara identifikasinya adalah menggunakan specific fluorescent atau test labolatorium dan fyi virus hanya berkembang di dalam cell lines. Cara treatmentny dengan antivirals atau supportive treatment
Fungi
Sebagian besar fungi ga berbahaya buat kita (mushroom, ragi) tapi beberapa bisa mengganggu kesehatan. Cara identifikasinya dengan labolatorium test atau alternative lain. Cara treatment fungi adalah antifungal.
Parasites
Microbaini gabisa hidup tanpa ada host organism karena tanpa ada host mereka gaakan bisa nyari makan sendiri jadi mereka butuh makhluk hidup untuk diserap, contoh parasites adalah malaria dan guinea-worm desease. Cara ientifikasinya dengan microscope, test darah, dan test labolatory. Mereka bisa di treatment dengan antiparaitics
Prions
Prion merupakan pembawa penyakit menular yang hanya terdiri dari protein. Cara identifikasinya adalah dengan brain biopsy dan labolatorium test yang lebih spesialis. Cara treatmentnya adalah dengan supportive therapy dan untuk saat ini belum ada treatment yang ditemukan.

Dari 5 micobes tersebut kita bisa tau kemungkinan kita sakit bukan hanya karena virus atau bakteri. Jadi, back to point masih perlu antibiotic?? Ada banyak jenis antibiotic, beberapa diperuntukan untuk membunuh banyak jenis bakteri yang disebut Broad-Spectrum antibiotic . antibiotic ini terbilang efektif apabila infeksinya tidak teridentifikasi. Meskipun efektif untuk membunuh bakteri, perlu diingat ditubuh kita juga sudah terdapat bakteri dimana mereka juga ikut terbunuh bersama bakteri yang mau dibasmi.

Dan antibiotic yang lain dibuat untukmelawan beberapa bakteri aja , disebut narrow spectrum. Ada yang dibuat untuk membunuh bakteri Gram-negative dan Gram-positif. Perbedaannya antibiotic ini menjaga normal flora kita jadi hanya bakteri yang diperuntukkan yang mati. 

Jadi apabila tubuh terserang penyakit, butuh identifikasi jenis bakteri atau virus apa yang menyerang tubuh untuk mengetahui penanganannya karena itu kita butuh seorang dokter untuk menangani penyakit.

source : WHO