Apakah kita bisa memelihara hewan saat memiliki bayi?

image

saat kita memiliki seorang bayi, apakah kita masih boleh memelihara binatang peliharaan? apakah aman?

2 Likes

Tentu tidak perlu menyingkirkan hewan peliharaan kesayangan untuk memberi ruang bagi bayi. Namun, tidak peduli seberapa kecil kemungkinan Anda berpikir bahwa hewan peliharaan tepercaya Anda akan menyakiti bayi Anda, pisahkan mereka. Sebagian besar hewan peliharaan tidak akan membahayakan bayi dengan sengaja, tetapi mengapa mengambil risiko cedera yang tidak disengaja?
image

Jangan biarkan bayi Anda berbaring di atas selimut di lantai tanpa pengawasan, misalnya, dan pastikan untuk tidak menutup kucing Anda di kamar bayi sendirian. Mulai sekarang, latih hewan peliharaan Anda untuk keluar dari kamar bayi dan meninggalkan perabotan.

Anda harus menyadari bahwa hewan peliharaan di rumah dapat membawa virus, bakteri, dan parasit. Meskipun pada umumnya terdapat keyakinan bahwa mulut hewan peliharaan lebih bersih daripada mulut manusia hanyalah mitos; kenyataannya adalah gigitan anjing atau kucing dapat terinfeksi dengan cepat. Bahkan gigitan kecil atau goresan kucing perlu dibersihkan dengan sabun dan air dan mungkin dirawat. Periksa dengan dokter anak Anda jika bayi Anda digigit atau tergores.

Bayi Anda mungkin akan senang dengan ciuman anjing dan kucing, tetapi jangan biasakan itu. Seperti yang kita tahu bahwa Kucing dan anjing sering mengendus atau menjilat binatang lain, makanan enak di tempat sampah tetangga, dan kotoran. Penting juga untuk menjaga hewan peliharaan Anda bebas dari kutu dan kutu.

Sumber:

https://www.parents.com/baby/safety/can-i-have-dog-around-newborn/

Banyak hewan peliharaan yang sangat toleran terhadap anak kecil, tetapi penting untuk tetap mewaspadai bahaya potensial bagi bayi Anda. Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil untuk menjaga bayi Anda tetap aman, terutama saat dia mulai merangkak dan berjalan.

Walaupun bayi Anda kecil, biasanya Anda dapat memisahkannya dan hewan peliharaan Anda. Jauhkan hewan peliharaan dari kamar tempat ia tidur, dan jangan pernah membiarkan hewan peliharaan berbagi tempat tidur dengan bayi Anda.

Selalu perkenalkan hewan peliharaan Anda dengan lembut kepada bayi baru. Anjing mungkin merasa cemburu pada bayi baru ketika Anda pertama kali membawanya pulang. Cobalah beri perhatian khusus pada anjing Anda, jadi ia tahu Anda masih peduli.

Anjing juga cenderung penasaran. Ingatlah bahwa anjing Anda dapat bereaksi dengan cara yang tidak Anda harapkan ketika bayi Anda lahir.

Sementara itu, kucing biasanya tidak merasa cemburu tetapi mereka tertarik pada kehangatan ranjang bayi. Gunakan jaring kucing di kereta dorong bayi atau kursi dorong saat lantai bawah atau di taman. Bahkan jika Anda tidak memiliki kucing, kucing tetangga bisa saja penasaran.

Kucing akan sering melarikan diri jika anak menggoda atau menyakitinya, tetapi beberapa akan menggaruk dan menggigit. Sangat umum bagi anak-anak kecil digigit oleh hewan peliharaan mereka sendiri. Tanpa sengaja, anak Anda mungkin mendorong anjing Anda untuk mengejar dan menggigitnya. Gigitan anjing ini cenderung kecil, tetapi perhatikan bagaimana anak-anak dan hewan peliharaan Anda bermain bersama.

Anda mungkin merasa terbantu menggunakan gerbang pengaman untuk memisahkan hewan peliharaan dan anak-anak Anda, setidaknya untuk beberapa waktu. Gerbang tangga juga dapat membantu menjauhkan bayi Anda dari makanan hewani dan baki sampah.

Jika Anda memiliki taman, bisa dipagari sehingga ada area bayi yang aman dan area hewan peliharaan yang terpisah. Jika hewan peliharaan Anda diizinkan untuk menggunakan seluruh kebun, Anda mungkin perlu memeriksanya. Anda juga mungkin perlu memeriksa bayi Anda tidak dapat melewati flap kucing, jika Anda memilikinya. Bayi-bayi yang penasaran diketahui menggunakan penutup kucing untuk melarikan diri ke taman. Anda mungkin harus meninggalkan kunci di dalamnya saat bayi Anda ada.

Periksa kembali dengan dokter hewan Anda seberapa sering Anda perlu cacing peliharaan Anda. Jangan pernah meninggalkan tablet cacing atau obat-obatan untuk hewan peliharaan di mana bayi Anda dapat menjangkau mereka.

Jika Anda berpikir untuk memelihara hewan peliharaan terutama untuk anak Anda, pilihlah hewan yang tidak harus tinggal di rumah sepanjang waktu, seperti kelinci percobaan atau kelinci. Hewan peliharaan ini dapat memiliki kandang di luar di tempat terlindung.