Apakah khasiat dari Sayur Bayam?

Bayam memang telah begitu populer di mata masyarakat sebagai sayuran yang bukan hanya bisa dijadikan teman makan nasi, tetapi juga banyak manfaat yang terkandung didalamnya.
64337ffeaae67237594d79a8ceda7ce6_L

Mengenai khasiat bayam ini, para peneliti dari China dan Australia pernah mengadakan penelitian yang berhasil menyimpulkan bahwa bayam mengandung folic acid yang mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang menyebabkan penyakit diabetes.

Folic acid yang banyak terkandung dalam bayam ini merupakan zat yang mudah larut dan mengandung vitamin B9. Vitamin tersebut biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang sedang mengandung untuk melindungi bayinya dari cacat pada bagian sarafnya.

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang terkena diabetes dan menemukan bahwa unsur folic acid dalam bayam dapat mengurangi resiko serangan jantung pada tikus tersebut. Oleh karena itu, banyak ahli lain yang menyarankan penelitian tersebut harus dilakukan lebih lanjut terutama terhadap manusia untuk mengurangi resiko kematian akibat penyakit diabetes.

Selain khasiat bayam untuk menurunkan diabetes, masih banyak khasiat lainnya bagi kesehatan tubuh. Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam bayam seperti vitamin A, C, E, K, kalsium, zat besi, potasium, magnesium, mangan, seng, dan sejumlah mineral lain. Terdapat beberapa jenis khasiat dari bayam:

  1. Kesehatan Jantung
    Sebagaimana diketahui, bayam juga sangat kaya akan antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah terkumpulnya plak kolesterol pada saluran arteri karena kalau tersumbat di bagian arteri, maka resiko terkena penyakit jantung sangat tinggi. Selain itu, bayam juga sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

  2. Menjadikan Tulang Lebih Kuat
    Bayam juga sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya osteoporosis yang selama ini begitu ditakutkan terutama oleh orang yang mendekati lanjut usia. Di dalam bayam juga terkandung vitamin K yang membantu dalam penyerapan kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat.

  3. Mencegah Kanker
    Bayam juga mengandung flavonoid yang mampu mencegah adanya infeksi dalam tubuh sehingga berdampak pada minimnya resiko terkena penyakit kanker kolon, kanker paru-paru, kanker ovarium, dan juga kanker prostat.

  4. Kesehatan Pembuluh Darah
    Bayam juga kaya akan zat besi yang sangat penting untuk membangun sel darah merah yang memiliki fungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi akan membuat badan Anda terasa lemah, mudah kehilangan tenaga, mudah mengantuk, dan juga bisa menimbulkan anemia. Untuk mencukupi zat besi dalam tubuh, salah satunya bisa memperbanyak konsumsi bayam.

  5. Bermanfaat untuk Ibu Hamil
    Bayam mengandung zat folat dan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil. Dengan banyak mengonsumsi bayam, proses pembentukan paru-paru pada janin yang diperankan oleh vitamin A dan pembentukan sistem saraf yang lengkap yang diperankan oleh folat akan berjalan dengan baik.

Sumber: