Apakah keuntungan menggunakan project charter?


image source: GuruPendidikan.com

Dalam pembuatan risk plan management sangat penting menggunakan project charter atau dokumentasi project. Apakah keuntungan menggunakan project charter dalam merancang manajemen risiko?


source image: jempolkaki.com

Project charter adalah dokumen tertulis yang menangkap dan meringkas unsur-unsur proyek dengan menjelaskan kasus bisnis, ruang lingkup proyek dan sasarannya. Tujuan dasar project charter adalah memberi wewenang kepada manajer proyek untuk memulai proyek yang disetujui dan mengizinkannya menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan proyek. Jika project charter tersebut dibuat dengan benar, ini juga membantu eksekutif melihat nilai bisnis proyek. Mereka juga bisa merujuk charter untuk memahami seberapa baik proyek ini selaras dengan strategi organisasi.

Bagian dari project charter ialah:

  • Problem Statement
  • Business Need Addressed
  • Objective
  • Scope
  • Resources
  • Deliverables

Keuntungan menggunakan project charter dalam membuat risk management plan ialah:

  1. Mengetahui kemungkinan masalah dan risiko apa yang mungkin dapat terjadi, sehingga organisasi tersebut mampu memanajemen kemungkinan risiko yang akan muncul dengan tindakan prefentive atau pencegahan.
  2. Dengan menggunakan project charter, jalannya pembuatan projek akan lebih bisa dikontrol. Karena project timeline sudah di dokumentasikan dengan jelas. Project Charter menjelaskan tugas apa yang perlu dilakukan, siapa dan kapan seseorang melakukan tugas tersebut. Timeline membantu memandu semua aktivitas kerja dalam sebuah proyek, sehingga kita tahu apa yang sedang terjadi, dan apa yang sedang ditunda.
  3. Mengetahui tujuan organisasi dengan jelas.
  4. Mengetahui stakeholder dan peranannya secara detail.
  5. Peran penting lainnya dari piagam proyek adalah mengklarifikasi peran dan tanggung jawab. Project Charter menjelaskan siapa saja stakeholder dalam sebuah proyek - termasuk vendor, anggota tim proyek, pengguna bisnis dan juga manajemen.
  6. Project charter juga sangat penting menjelaskan proses kontrol perubahan.

Reference:
www.simplilearn.com
www.project-skills.com