Apakah Kepintaran Anjing setara dengan Anak Usia Lima Tahun?


Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa manusia percaya bahwa anjing memiliki kepandaian yang setara dengan anak berusia lima tahun.


Semakin dekat kita dengan anjing kita, semakin kita memikirkan bahwa mereka lebih pintar dari yang lebih kita ketahui, menurut sebuah paper baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Veterinary Behavior. Namun perspektif semacam itu tidaklah sesuai dengan kenyatannya.

Paper tersebut, yang ditulis oleh para peneliti dari Monash University meneliti lebih dari 550 lebih pemilik anjing. Secara umum, mereka percaya bahwa anjing mereka memiliki kepandaian bersosialisasi dan dapat mempelajari bagaimana bersosialisasidan kemampuan kognitif dasar.

Para peneliti menemukan satu dari empat pemilik anjing percaya bahwa anjing mereka lebih pintar daripada orang lain. Hampir setengah dari mereka percaya bahwa anjing mereka memiliki kemampuan mental yang setara dengan anak berusia tiga hingga lima tahun, dan setelah disurvei, sebanyak 73 persen dari mereka menganggap dirinya memiliki pengetahuan tentang anjing.

Namun pada kenyataannya, kepercayaan seperti itu tidak terlalu akurat. Seorang balita berusia dua tahun mengetahui 300 kata, namun Chaser, Seekor anjing paling pintar di dunia, mengetahui sebanyak 800 nama mainan dan lebih dari 200 mainan plastic dan bola.

Mengagumkan, namun tidak mendekati kepandaian dari seorang anak berusia empat tahun yang pada dasarnya sudah mengetahui sebanyak 1000 kosa kata dan dapat mudahnya menempatkan kosa kata tersebut dalam satu kalimat dengan empat atau lima kata.

Namun hanya karena para anjing tidak memiliki kepandaian seperti manusia, bukan berarti mereka tidak menawarkan keuntungan yang unik dari diri mereka. Para peneliti mengatakan, bahwa para pemilik anjing kemungkinan melakukan kegiatan olahraga lebih sering daripada mereka yang tidak memiliki anjing.

Para hewan ini juga digunakan sebagai salah satu terapi untuk mengurangi rasa sakit dan stress serta kesehatan kardiovaskular. Pada satu penelitian yang dibiayai oleh NIH, menemukan bahwa orang-orang yang menderita sakit jantung hidup lebih lama daripada penderita lainnya yang tidak memiliki seekor anjing.