Apakah kelemahan dari jaringan nirkabel (Wifi)?

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Berdasarkan media transmisi datanya, jaringan komputer bisa dibagi menjadi 2.

Salah satunya adalah jaringan nirkabel (Wifi). Apakah jaringan nirkabel (Wifi) punya kelemahan?

Terlepas dari banyaknya keuntungan menggunakan jaringan nirkabel (wifi) ternyata ada pula kelemahan dalam wifi ini. berikut adalah kekurangannya.

  1. Keamanan yang kurang
    Kenapa? Jaringan WiFi bersifat public, sehingga bisa dimasuki oleh siapa saja, bahayanya adalah bisa saja dimasuki oleh pengguna yang memiliki kepentingan negatif. Ini tidak seperti jaringan kabel yang terlindungi jaringannya dengan koneksi khusus menggunakan kabel.

Meskipun jaringan WiFi dapat diperkuat dengan password yang dipasang, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya orang yang tidak bertanggung jawab yang membocorkan password atau diretas orang tidak dikenal.

  1. Batasan jarak
    Masalah sinyal jika kita berada jauh dengan sumber koneksi, ini bisa diakibatkan oleh pergerakan kita yang bebas dengan sumber. Maka dari itu, pertimbangkanlah jarak yang sesuai. Atau bisa-bisa tidak mendapat koneksi kembali.

  2. Kelemahan saat transfer data besar
    Jaringan ini tidak seperti jaringan kabel. Jaringan Wi-Fi tidak cocok digunakan untuk transfer data berukuran besar. Berbeda dengan jaringan kabel yang support terhadap data besar dengan kecepatan yang besar pula, bahkan kecepatannya bisa mencapai 1 Gbps lebih.

1. Instalasi dan pengembangan yang biayanya cukup mahal

Salah satu hal yang membuat wireless memiliki kekurangan adalah biaya implementasi dan modal yang cukup tinggi. Bagi sebuah perusahaan telekomunikasi biasa, penggunaan wireless memiliki beban yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pembangunan sebuah jaringan berbasis kabel.

Terlebih pada jaringan MAN yang memiliki cakupan luas untuk perkantoran yang memiliki tempat yang luas. Fungsi WAN itu sendiri dapat membuat jaringan lebih baik meski tanpa kabel namun dengan transmisi yang tetap terjaga.

2. Peralatan atau perangkat keras jaringan yang masih tinggi harganya

Perangkat keras yang memiliki kemampuan jaringan wireless juga tentu saja memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan perangkat keras jaringan yang menggunakan kabel.

Coba saja anda bandingkan wireless modem atau router dengan router dan juga modem yang masih menggunakan teknologi jarignan kabel. Sudah pasti harga modem dan juga router yang menggunakan teknologi wireless memiliki harga yang jauh lebih mahal dan juga lebih tinggi.

3. Kekuatan sinyal sangat tergantung dengan kondisi cuaca

Kelemahan atau kekurangan lainnya pada teknologi jaringan wireless adalah kemampuan memancarkan sinyalnya yang tergantung dengan kondisi cuaca. Apabila cuaca sedang buruk, maka hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi proses transmisi data pada sebuah jarngan wireless.

Hal ini disebabkan karena jaringan wireless memanfaatkan udara sebagai penghantar transmisis data, sehingga sudah pasti ketika terjadi sesuatu terhadap kondisi cuaca dan juga udara, hal ini akan mengganggu proses transmisi data, yang bisa kita alami berupa sinyal yang tidak stabil, dan sebagainya.

4. Kekuatan sinyal dipengaruhi oleh lingkungan fisik dan penghalang, seperti tembok

Kekurangan lainnya dari sebuah jaringan wireless adalah kekutan sinyal yan terkadang dipengaruhi oleh kondisi fisik dan lingkungan sekitar. Contohnya adalah lingkungan dengan kondisi tembok – tembok yang tinggi dan tebal. Ataupun sebuah lingkungan yang berada di sekeliling gedung pencakar langit.

Adanya penghalang berupa tembok – tembok tersebut akan menyebabkan kualitas sinyal dan juga proses transmsisi data pada sebuah jaringan wireless akan memburuk. Merupakan salah satu kelemahan utama dari sebuah jaringan wireless, dimana sebuah lokasi yang dikelilingi oleh tembok tinggi akan mengalami gangguan dan juga kendala dalam proses transmisi data nya.

  • Biaya
    Dibandingkan dengan jaringan kabel, jaringan nirkabel membutuhkan biaya yang lebih mahal

  • Cakupan
    Jaringan nirkabel mempunyai jarak atau cakupan yang terbatas. Jika kita tidak di dalam jarak cakupannya maka kita tidak bisa mendapatkan akses ke jaringan.

  • Keamanan
    Jaringan Wifi bisa diakses selama masih dalam cakupannya. Sehingga informasi yang dikirimkan
    melalui jaringan bisa dicegat oleh orang yang tidak berwenang

  • Kecepatan
    Dibandingkan dengan jaringan berkabel, Wifi kurang cepat dan juga tidak stabil