Apakah kelebihan Hemoglobin(Hb) dalam tubuh berbahaya untuk kesehatan ?


Hemoglobin tinggi berarti tingginya kadar protein pembawa oksigen di dalam darah. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya jumlah sel-sel darah merah atau karena tingginya konsentrasi Hemoglobin (Hb) di dalam sel darah merah. Apakah hal tersebut berbahaya bagi kesehatan?

Bagaimana cara mengetahui kadar Hb tinggi?
Umumnya, gejala Hb tinggi hampir tidak ditemukan, justru baru diketahui saat dilakukan pemeriksaan laboratorium darah. Nah, untuk mengetahui tinggi atau rendahnya hemoglobin, Anda bisa melakukan tes hemoglobin. Tes ini adalah salah satu tes darah yang paling umum dilakukan, biasanya menjadi bagian dalam tes darah lengkap. Ada banyak cara untuk mengukur kadar hemoglobin, kebanyakan dilakukan dengan mesin otomatis. Anda bisa berkunjung ke Puskemas atau ke rumah sakit untuk melakukan cek darah.

Faktor risiko Anda memiliki kadar Hb tinggi
Umumnya, tingkat Hb tinggi tidak selalu berisiko buruk untuk kesehatan. Meskipun begitu, orang yang memiliki hemoglobin dalam jumlah tinggi bisanya terjadi pada orang yang tinggal di dataran tinggi dan pada perokok. Berikut adalah beberapa penyebab lain yang berpengaruh dan bisa membuat kadar Hb meninggi:

  • Penyakit pada paru-paru (misalnya emfisema)
  • Mengidap tumor tertentu
  • Kelainan sumsum tulang yang dikenal sebagai polisitemia vera
  • Menggunakan obat-obatan jenis erythropoietin

Sumber : Hb Tinggi