Apakah kelebihan bahasa pemrograman Perl ?

Perl adalah singkatan dari Practical Extraction and Report Language. Bahasa pemrograman PERL diciptakan oleh Larry Wall pada tahun 1986 yang awalnya digunakan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk menulis program di lingkungan UNIX.

Apakah kelebihan bahasa pemrograman Perl ?

Practical Extraction and Report Language (Perl) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source. Perl dapat digunakan untuk berbagai platform seperti windows, linux, macintosh, dll.

Bahasa Pemrograman Perl di desain khusus untuk memanipulasi teks terutama dalam Web Programming. Karena kemampuan pengolahan teks yang kuat, Perl menjadi bahasa yang paling populer untuk menulis skrip Common Gateway Interface (CGI).

Selain CGI, Perl 5 yang dibuat oleh Larry Wall ini juga dapat digunakan untuk pemrograman grafis , administrasi sistem , pemrograman jaringan , keuangan, bioinformatika , dan berbagai aplikasi lainnya.

Fitur


  • Perl mengambil fitur-fitur terbaik dari bahasa pemrograman lain, seperti C, awk, sed, sh, dan BASIC.
  • Perl juga berjalan dengan database third-party seperti Oracle, Sybase, Postgres, dan yang lainnya melalui antarmuka database abstrak yang disebut DBI.
  • Perl dapat bekerja dengan HTML, XML, dan mark-up languages lainnya.
  • Perl mempunyai dukungan Unicode.
  • Perl adalah dan akan selalu Y2K compliant.
  • Perl mendukung procedural maupun object-oriented programming.
  • Perl dapat berantarmuka dengan library-library C/C++ eksternal melalui XS atau SWIG.
  • Akan mendukung development Java-Perl Lingo (JPL)

Kelebihan


  • Fleksibilitas : Seperti mottonya yang berbunyi “There’s more than one way to do it” . Perl memiliki fitur yang cukup lengkap karena bahasa ini merupakan kombinasi dari beberapa bahasa pemrograman lain.
  • Manipulasi teks : Hal ini tentu sangat memudahkan pengguna untuk memodifikasi teks seperti menyalin, mengedit, menghapus, dll.
  • Manipulasi database
  • Bahasa yang mudah diterjemahkan
  • Ukuran program exe yang kecil
  • Bersifat Open Source dan dapat digunakan di berbagai platform
    • Shell Scripting

Kekurangan


  • Kompilasi lambat
  • Sulit untuk mempertahankan kode dan memperbaiki bug

Referensi

http://encyclopedia2.thefreedictionary.com/Perl+(programming+language)
https://en.wikipedia.org/wiki/Perl
http://www.shlomifish.org/lecture/Perl/Newbies/lecture1/intro/history.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Outline_of_Perl
https://www.tutorialspoint.com/perl/perl_introduction.htm
http://nursalimbox.blogspot.co.id/2015/12/pengenalan-singkat-bahasa-pemrograman-perl.html

1 Like

Bahasa program Perl adalah sebuah bahasa pemrograman yang levelnya tingkat tinggi. Disebut tingkat tinggi karena bahasa pemrograman ini bersifat dinamis dan juga dapat digunakan untuk pengembangan banyak jenis aplikasi maupun program.

Bahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall dan diperkenalkan sekitar tahun 1987. Bahasa pemrograman ini adalah bahasa yang open source. Selain itu, Perl juga dikembangkan sebagai bahasa scripting agar dapat mempermudah proses pelaporan.

Seperti halnya kebanyakan bahasa pemrograman lainnya, Perl dikembangkan berdasarkan implementasi dari bahasa pemrograman C. Meskipun begitu, tidak hanya bahasa C yang berpengaruh dalam pengembangan bahasa program Perl. Bahasa-bahasa lain yang berpengaruh lainnya yakni Shell Script, AWK, dan juga Sed.

Untuk penggunaannya sendiri, Bahasa Program Perl bisa dipakai untuk membuat berbagai macam hal. Contohnya seperti membuat program yang membutuhkan grafis, pengembangan sistem administrasi, program jaringan, program keuangan, dan juga aplikasi lainnya.
berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat dilakukan oleh bahasa pemrograman Perl.

Kelebihan Bahasa Program Perl

  1. Termasuk bahasa program yang tangguh
    Bahasa program Perl termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang tangguh. Sebab, bahasa pemrograman ini mempunyai dukungan yang kuat terhadap bahasa pemrograman yang fungsional, berbasis objek, serta prosedural. Bahka, bahasa ini mempunyai ekosistem library yang terbilang cukup matang. Ekosistem librarynya sanggup memiliki 25.000 modul open source.

  2. Bahasa program yang kompleks
    Keunggulan lain dari bahasa program Perl adalah dilengkapi juga dengan kompleksitas yang sangat tinggi dari bahasa pemrograman tersebut. Bahasa program ini dapat digunakan untuk menangani enkripsi data. Selain itu, Perl memiliki dukungan terhadap library eksernal dengan bahasa program C maupun C++ yang melalui XS atau juga SWIG. Bahkan, Bahasa program Perl mempunyai penerjemah yang dapat ditanamkan pada sistem lain semacam web server dan juga database server.
    Bahasa program Perl ini juga sempat dijuluki dengan Swiss Army Chainsawnya bahasa pemrograman. Hal tersebut disebabkan bahasa program Perl termasuk contoh pemrograman terstruktur. Selain itu, bahasa program Perl juga mempunyai sifat yang fleksibel serta kuat. Bahasa program ini juga mempunyai karakteristik utama yang salah satunya adalah berbagai macam jalan pintas agar dapat menyelesaikan masalah-masalah umum.

  3. Open source
    Apa yang kamu pikirkan ketika ada bahasa program yang open source? tentu saja dengan dukungan open source, maka bahasa program ini dapat digunakan dan juga dikembangkan oleh siapa pun dengan bebas. Sehingga, ukuran file dari Perl termasuk kecil. Selain bebas dikembangkan, dengan adanya open source maka bahasa program ini dapat digunakan pada berbagai macam platform. hal tersebut tentu saja menguntungkan untuk para programmer.

Referensi

(https://dosenit.com/kuliah-it/pemrograman/contoh-pemrograman-terstruktur)