Apakah kekuatan data mampu membuka jendela baru dalam kehidupan kita?

Data ada di mana-mana. Coba pikirkan jumlah data yang kita ambil melalui indera kita yang kemudian diolah oleh otak kita, hanya untuk menavigasi kita dalam beraktivitas sehari-hari. Mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga akhirnya tidur terlelap. Pernahkah kita kemudian mengidentifikasi data apa saja yang masuk ke otak kita sehingga muncul keputusan-keputusan di setiap tindakan kita?

Data dapat digunakan untuk memahami dunia tempat kita tinggal. Data mampu membuka “jendela” baru dalam kehidupan kita. Data dapat membantu kita menemukan tren dan bukti yang biasanya tidak mampu kita lihat. Kemajuan terbaru dalam teknologi memungkinkan kita untuk mengumpulkan data dalam banyak cara, bahkan yang mustahil dijangkau oleh indera manusia sekalipun. Hasilnya, data yang dikumpulkan dapat memiliki banyak bentuk seperti angka, gambar, suara, kualitas produk, pernyataan, opini, dan serpihan-serpihan nilai tak teratur. Ketika data kita kumpulkan dan kita berikan konteks terhadapnya, maka data dapat menjadi informasi luar biasa yang bermanfaat bagi kita. Kita dapat menganalisis informasi yang diperoleh untuk membangun pengetahuan terhadap dunia di sekitar kita. Terlebih, dengan mengumpulkan data dalam skala besar dan menggabungkan berbagai jenis informasi, kita dapat menambah pengetahuan kita lebih jauh dan berinovasi dengan cara-cara yang baru. Berdasarkan pengetahuan yang terbangun, kita dapat yakin tentang pilihan yang akan kita buat. Pengetahuan tersebut juga dapat kita gunakan untuk meluncurkan ide-ide yang lebih besar dan lebih besar lagi.

Dapatkah anda memberikan contoh bagaimana “perjalanan” data (mulai dari memperoleh data sampai dengan menentukan keputusan dan memunculkan ide) dalam kehidupan sehari-hari yang mampu menunjukkan betapa hebatnya data?