Apakah kecerdasan spiritual bisa dibangun?

spiritual1

Kecerdasaran spiritual dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mempertanyakan tentang makna hidup yang paling utama dan hubungannya dengan dunia tempatnya hidup. Memiliki kecerdasan ini akan membantu seseorang untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik loh. Selain itu, dapat memungkinkan seseorang untuk menyatukan spiritualitas, kehidupan batin, dan kehidupan diluar dirinya

Lalu, Apakah menurut teman teman kecerdasan spiritual ini bisa dibangun? Bagaimana caranya?

Semakin hari semakin banyak orang yang percaya pada spiritualitas sebagai salah satu solusi untuk masalah hidup. Karena sejatinya memang bukan hanya kecerdasan emosional dan intelektual yang dinilai penting untuk kehidupan manusia, tetapi juga kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual adalah jenis kecerdasan yang erat kaitannya dengan kemampuan spiritual yang membantu seseorang untuk hidup lebih baik. Memiliki kemampuan ini memungkinkan untuk menyatukan spiritualitas, kehidupan batin (inner life), dan kehidupan di luar dirinya (outer life).

Menurutku untuk membangunnya bisa dengan berdoa kepada Tuhan yang kita percaya masing-masing. Karena dengan semakin kita beribadah dan berdoa, kita juga tentunya akan semakin ingat tentang kehidupan setelah di dunia. Kita juga akan semakin memahami bahwa garis kehidupan kita juga telah ditentukan oleh Yang Diatas, tinggal usaha kita untuk bisa mewujudkannya dengan usaha keras. Kemudian kecerdasan spiritual juga bisa dilatih dengan berkumpul dengan komunitas. Dengan begini, tentunya kita bisa lebih terbuka, menghargai keberagaman, dan menemukan hal baru yang akan kita temukan dari diskusi-diskusi spiritual yang dibicarakan.

1 Like

Kecerdasan spiritual didefinisikan sebagai orang yang mampu mengoptimalkan dimensi spiritualitasnya sehingga memiliki derajat spiritual yang tinggi dan diyakini merupakan tingkatan tertinggi dari kecerdasan. Definisi lain, kecerdasan spiritual diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memahami makna yang ada di lingkungan kehidupan mereka. Beberapa penelitian menjukkan bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan dan menjalankan agamanya, umumnya memiliki tingkat kecerdasan spiritual yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak memiliki kepercyaan atau tidak menjalankan perintah agamanya (Rosidin, 2017).

Seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual membuatnya mampu memaknai setiap kegiatannya sebagai ibadah, demi kepentingan umat manusia dan Tuhan-nya. Disamping itu, kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh seseorang juga dapat membuatnya menjadi lebih baik karena selalu berusaha mencoba melihat makna yang terkadung di dalamnya. Berdasarkan sebuah studi yang aku baca juga menyebutkan bahwa pengembangan spiritualitas pegawai diduga menjadi solusi dalam perbaikan kinerja pegawai di lingkungan instansi pemerintahan di Pemerintah Jakarta Barat.

Dengan demikian, menurutku kecerdasan spiritual ini dapat dibangun oleh seseorang dengan banyak cara. Contohnya seperti menaati perintah agama, karena agama mengajarkan hal-hal baik kepada kita dan memerintahkan kita untuk menjauhi hal-hal buruk. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat memperoleh kehidupan yang baik dan juga berkah, namun juga tidak lupa dibarengin dengan usaha dan doa. Selain itu adalah tidak lupa untuk selalu berbuat baik kepada sesama, karena dengan begitu Tuhan akan mempermudah segala urusan-urusan hidup kita nanti. Tidak hanya itu, kecerdasan spiritual ini juga dapat dibangun dengan melakukan meditasi. Meditasi ini berguna untuk menyadari dan memahami pikiran maupun perasaan yang muncul sehingga membuat kita akan merasa lebih rileks dan berenergi.

Sumber

Rosidin. 2017. Pengembangan Spiritual Religius Dan Kinerja Pegawai Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat. 2(2)

1 Like

Benar, kecerdasan spiritual dapat dibangun. Saat mengalaminya beberapa orang menyebutnya dengan istilah pencerahan atau kebangkitan spiritual (spiritual awakening)

Beberapa cara untuk membangun kecerdasan spiritual dari jurnal saya baca :

  • Meditasi, menenangkan pikiran
  • Mencintai diri sendiri
  • Bersyukur (Display the power of your gtatitude)
  • Mulai menulis tujuan-tujuan hidup
  • Mendekatkan diri dengan alam
1 Like

MENURUT OPINI SAYA TERKAIT " APAKAH KECERDASAN SPRIRITUAL BISA DI BANGUN?"

  • Dengan demikian, kecerdasan spiritual akan membuat manusia mengingat kembali fitrahnya yang tentunya akan mengarahkan manusia pada budi pekerti yang baik. Menurut penulis, kecerdasan spiritual adalah kemampuan jiwa yang digunakan untuk mengenal keberadaan kita sebagai manusia untuk hidup di dunia dan posisi manusia sebagai seorang hamba di hadapan Allah. Kecerdasan spiritual berbicara tentang kenapa manusia hidup di dunia. Dengan mengetahui alasan kita hidup, maka segala perilaku akan terarah pada tujuan hidup tersebut. Kecerdasan spiritual membuat setiap orang dapat merasakan makna hidup yang tidak dapat hanya dipahami oleh kemampuan kecerdasan intelegensi dan emosional yang biasa saja.

  • Kecerdasan spiritual berkaitan erat dengan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Selaras dengan yang disampaikan oleh Zohar dan Marshall, kecerdasan spiritual adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan kecerdasan intelektual dan emosional secara efektif.Kecerdasan intelektual adalah sebuah kemampuan jiwa manusia untuk menjalankan fungsi logika dengan baik, atau yang kita sebut dengan rasional. Sedangkan, kecerdasan emosional adalah kemampuan jiwa manusia untuk menjalankan fungsi perasaan dengan baik, sehingga dapat mengendalikan perasaan dalam setiap situasi dan kondisi. Kecerdasan spiritual akan hadir ketika kita mampu mengintegrasikan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan baik. Oleh karena itu, Zohar dan Marshal berpendapat kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi seorang manusia.

  • Pentingnya memperhatikan kecerdasan spiritual dalam perjalanan hidup kita adalah karena kecerdasan spiritual memiliki banyak manfaat. Menurut Ani, manfaat kecerdasan spiritual diantaranya dapat membedakan antara benar dan salah, menumbuhkan perkembangan otak manusia, dan mencapai perkembangan diri. Serta manfaat lainnya adalah membangkitkan kreatifitas, memberi kemampuan bersifat fleksibel, Cerdas dalam beragama, dan menyatukan interpersonal dengan intrapersonal.Dari berbagai manfaat tersebut, penulis menyimpulkan bahwa kecerdasan spiritual akan memberikan sebuah peningkatan kualitas diri seseorang. Artinya, kita dapat menjadi sosok yang lebih unggul dalam menjalani kehidupan ketika kecerdasan spiritual terus kita kembangkan. Hal ini dikarenakan keseimbangan intelektual dan emosional, akan menumbuhkan sebuah kecerdasan tertinggi yaitu spiritual yang tentunya akan membuat seorang manusia memiliki makna dalam menjalani setiap akitivitas kehidupannya. Hidup akan jauh lebih tentram, karena hal-hal mulia akan memenuhi pikiran kita. Maka dari itu, dengan banyaknya manfaat dari kecerdasan spiritual bagi diri kita, sehingga kita perlu meningkatkan kecerdasan spiritual.

REFERENSI

Cahyono, R. (2011). Dinamika Emosi dan Pengalaman Spiritual Beragama INSAN, Vol. 13 No. 01.

1 Like