Apakah kaum Muslimin ada sebelum adanya nabi Muhammad saw ?

Apakah kaum Muslimin ada sebelum adanya nabi Muhammad saw ? Sejak kapankah awal sejarah kaum Muslimin dimulai?

Setelah hampir 14 abad lamanya umat Islam membangun peradaban tentunya ada beberapa catatan penting yang menjadi sejarah dalam pembangunan peradaban tersebut. Islam sebenarnya bukanlah agama yang baru saja hadir 14 abad yang lalu akan tetapi ajaran Nya telah disempurnakan pada saat itu oleh Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam.

Islam sendiri adalah agama yang mengajarkan ketauhidan dan perintah untuk menyembah Allah Hal ini telah berlaku sejak zaman Nabi Adam alaihissalam hingga saat ini. Adapun Catatan sejarah yang termasuk dalam peradaban Islam dapat diketahui dalam penjelasan berikut ini mengenai sejarah peradaban islam

Islam Sebelum Kerasulan Muhammad SAW

Masyarakat dunia menganggap bahwa Islam dibawa oleh Nabi Muhammad SAW akan tetapi sebenarnya Islam sudah ada sejak zaman Nabi Adam As meskipun ajarannya belum disempurnakan (baca fungsi agama dalam kehidupan manusia dan hakikat penciptaan manusia).

Masa kenabian sebelum rasulullah

Sebelum diutusnya Rasulullah SAW para nabi dan rasul sebelumnya hanya menyampaikan wahyu ataupun ajarannya kepada umatnya masing-masing dan hal ini berbeda dengan Islam yang dibawa oleh Muhammad SAW yang bersifat universal. Seperti halnya para nabi dan rasul yang diutus kepada beberapa kaum contohnya Nabi Musa Alaihissalam yang diutus pada kaum Bani Israil maupun Nabi Luth yang diutus kepada kaum Negeri Sodom.

Kondisi Manusia pada masa sebelum kenabian Muhammad

Pada masa itu Islam belum banyak dianut oleh masyarakat dan para nabi serta Rasul mendapat pertentangan yang sangat keras dari kaumnya dan bahkan tidak jarang di antara mereka yang mendapatkan siksaan dan perlakuan yang kejam dari para kaum kafir.

Meskipun demikian ada beberapa kejadian penting yang terjadi dalam sejarah peradaban Islam sebelum kenabian Muhammad SAW seperti dibangunnya atau dipugarnya Baitullah yang saat ini dikenal sebagai Ka’bah oleh Nabi Ibrahim As beserta putranya Ismail As. Sejarah Islam pun berlanjut dari Nabi ke nabi dan rasul ke Rasul pada setiap zaman dan akhirnya peradaban Islam yang baru dimulai setelah diutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia.

Islam Pada Masa Kerasulan Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 rabi’ul Awwal tahun gajah dan kelahirannya merupakan suatu awal penyempurnaan agama Islam yang dianut oleh umat muslim dunia saat ini. Muhammad SAW adalah rasul terakhir yang menerima wahyu dari Allah subhanahu wa ta’ala melalui Malaikat Jibril dan kemudian Wahyu tersebut dikenal sebagai kitab Alquran yang menjadi pedoman hidup bagi kaum muslimin. Tidak hanya Alquran saja yang menjadi pedoman bagi umat muslim akan tetapi segala perkataan dan perbuatan Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang dikenal dengan Hadits Rasulullah juga menjadi pedoman lain dalam menentukan segala aspek kehidupan manusia terutama umat Islam.

Islam juga Mulai disebarkan ke negara atau daerah lain di luar Arab seperti halnya saat Rasulullah mengirim utusan kerajaan Persia dan beberapa kerajaan lain yang ada di sekitar Jazirah Arab meskipun Rasulullah mengalami banyak penolakan dari negeri tersebut. Setelah Rasul wafat maka kepemimpinan umat Islam dan peradabannya dilanjutkan oleh para khalifah yang dikenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin

Referensi : https://dalamislam.com/sejarah-islam/sejarah-peradaban-islam