Apakah kandungan gizi jagung seimbang dengan beras?

Ka bagaimana kalau saya mengganti beras menjadi jagung untuk dikonsumsi? Apakah setara kandungan gizinya?

hallo, kalau menurutku sih tidak, tapi untuk sebagai makanan pokok yah bisa memenuhi. secara jagung memiliki kandungan pati yang lebih tinggi. namun untuk kandungan zat gizi lebih tinggi beras.

Halo kak,

Tentunya kandungan gizi dalam jagung dan beras berbeda,namun jagung dapat dijadikan alternatif pengganti beras. Bulir jagung banyak mengandung karbohidrat sekitar 80 % dari seluruh bahan bulir kering. Kandungan karbohidrat pada jagung lebih rendah daripada beras. Untuk setiap 100 g jagung dalam bentuk pipil atau giling mengandung sekitar 361 sampai 366 kalori. Namun, jagung mengandung serat dan karoten yang lebih tinggi daripada beras. Karoten adalah zat yang penting dalampembentukan vitamin A. Jagung dengan bulir berwarna kuning lebih banyak mengandung protein dan vitamin A.

Referensi

Soegiharto,S. 2011. Jagung Bahan Pangan Alternatif. Seri Bacaan Orang Tua (19). Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Jakarta.

Kandungan gizi dalam beras dan jagung sangat berbeda. Bisa dilihat dalam kandungan gula dalam beras memiliki lebih banyak kandungan gula daripada jagung. Sumber nutrisi juga lebih banyak ditemukan pada jagung seperti zat besi, vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, folat,dan fosfor,

Kalo menurutku sih jagung digunakan sebagai alternatif pengganti beras itu bisa, karena jagung memiliki komposisi kimia sprt 71,3% pati, 3,7% protein, 1,0% lemak, 86,7% serat kasar, dan 0,34 % gula. Selain itu didalam 100 gr jagung terkandung 342 kalori.
Namun, untuk zat gizinya apakah setara dengan beras? tentu tidak, didalam jagung sendiri terkandung serat dan beta karoten yang lebih tinggi daripada beras. selain itu jagung juga salah satu bahan pangan yg memiliki nilai IG rendah yakni 48, sedangkan IG beras putih berkisar antara 56-78 sehingga jagung lebih baik untuk dikonsumsi.

Kandungan gizi pada jagung tidak sama dengan beras. Dalam 100 g jagung mengandung 150 kalori, 2,67 g protein, 26,1 g karbohidrat, 0,64 g gula, 0,8 g serat, 3,99 g lemak. Sedangkan dalam 100 g beras mengandung 130 kalori, 2,66 g protein, 27,9 g karbohidrat, 0,05 g gula, 0,4 g serat, 0,28 g lemak.