Apakah kamu tau arti dibalik Lukisan Burung Jatayu karya Affandi Koesoema?


(Nikita Tsalis) #1

Lukisan Burung Jatayu karya Affandi Koesoema

Affandi, Jatayu, 90cm X 70cm, 1971_tumb

Jatayu adalah sebuah kisah dalam cerita pewayangan jawa, merupakan nama sebuah burung yang setia dalam pengabdian kepada sang tuannya “Ramayana”, kehebatan, kesetiaan dan pengabdian Jatayu terkenal pada saat pertarunganya melawan Rahwana, dalam menyelamatkan Dewi Shinta sebagai Istri Ramayana yang akan diculik oleh Rahwana seorang Raja angkara murka, Jatayu dalam hal ini rela mengorbankan jiwa raganya demi menyelamatkan istri ramayana Dewi Shinta, hingga akhirnya Jatayu gugur dalam pertarungan tersebut melawan Rahwana.

Apakah kamu tau arti dibalik Lukisan Burung Jatayu karya Affandi Koesoema?


(Shiella Regina Febriyanisa) #2

Arti dibalik lukisan Affandi yang berjudul “burung jatayu”.

Ya, saya tahu. Cerita dari pengabdian dan kesetiaan burung Jatayu tersebut diatas telah menginspirasi Seniman lukis terbesar indonesia Affandi untuk menciptakan sebuah karya lukisan diatas kanvas yang bertema “Burung Jatayu” sebuah karya lukisan plototan tube dengan gaya ekspresionis yang memukau, warna-warna yang cerah dan berani, sesuai dengan keberanian sang Jatayu melawan angkara murka rahwana sampai titik darah penghabisan.

Disini bisa diambil makna dari lukisan affandi burung jatayu bahwa dalam mengarungi hidup ini kita harus berani dan berbulat tekad untuk melawan setiap kejahatan dan angkara murka meskipun nyawa sebagai taruhannya. disamping itu dalam hidup kita harus mempunyai pendirian yang kokoh kepada kesetiaan yang sudah kita pilih sebagai pedoman dalam menjalani hidup ini.