Apakah kamera dengan auto fokus yang bagus menjadi lebih baik?

autofokus kamera

Autofokus merupakan Sistem pada kamera atau lensa, atau kombinasi kamera dan lensa yang mana ketepatan fokusnya ditentukan oleh alat elektronik dan motor. Kamera dengan auto fokus yang bagus apakah lebih baik ?

Mari to the point saja, semua kamera pasti kinerja auto fokusnya bagus kalau memotret benda diam (asal cukup cahaya dan cukup kontras). Untungnya hampir semua cabang fotografi yang kita minati termasuk kelompok benda diam. Misal landscape, arsitektur, potret/model, produk atau foto makanan. Saat memfokus pada benda diam, bahkan kita bisa pakai lensa manual fokus juga. Kalau memotret benda diam itu pada dasarnya kita tidak usah ambil pusing dengan angka-angka seperti sekian titik fokus, bisa fokus secepat nol koma sekian detik dan sebagainya. Tapi mengapa saat ini banyak produsen kamera yang membanggakan angka-angka seperti titik fokus sehingga kesannya makin banyak titik fokusnya makin bagus kameranya? Ya jawabannya selain karena kompetisi antar merk, juga karena titik fokus yang banyak itu juga dibutuhkan oleh fotografer tertentu seperti peliput olah raga atau satwa liar.

Tidak semua kamera auto fokusnya oke untuk fokus kontinu ke subyek yang bergerak. Dibutuhkan kamera DSLR, khususnya yang punya banyak titik fokus, atau kamera mirrorless dengan teknologi hybrid AF. Disini saya lihat bukan lagi trade-off tapi menyesuaikan kebutuhan dengan keinginan. Buat apa menginginkan kamera yang auto fokusnya hebat banget kalau kita jarang memotret aksi yang bergerak cepat? Ujung-ujungnya fitur itu akan membuat harga kamera jadi tinggi dan kita membayar untuk fitur yang jarang dipakai.

Sumber

infofotografi.com