Apakah Jogging sambil mendengarkan musik itu aman ?


Saat berlari atau jogging banyak orang yang mendengarkan musik menggunakan earphone agar tidak bosan. Apakah melakukan hal demikan aman dan tidak ada dampak buruknya ?

Suatu penelitian mengenai pengaruh tempo musik terhadap olahraga, dilakukan selama 10 tahun oleh seorang ahli musik dan olahraga dari Brunel University, Costas Karageorghis. Ia mengungkapkan bahwa pemilihan lagu untuk olahraga dengan tempo yang tepat, dapat meningkatkan pengaruh positif dari olahraga itu sendiri, meningkatkan efisiensi gerakan selama berolahraga, dan memperkuat ketahanan Anda dalam berolahraga.

Penelitian ini juga menemukan bahwa musik dengan tempo yang cepat, akan lebih sesuai dengan olahraga yang memiliki intensitas tinggi. Berikut beberapa hal yang terjadi saat Anda mendengarkan lagu sambil berolahraga:

Merasa lebih positif
Musik dapat membuat Anda merasa lebih positif meski dalam keadaan yang mengharuskan Anda untuk berjuang sangat keras. Sebagian besar atlet masih merasa gugup saat akan mengikuti suatu perlombaan. Bila mereka mendengarkan musik, ini dapat mengurangi perasaan gugupnya ini hingga 10 persen. Seperti Anda merasa telah bersepeda selama 40 menit, saat sebenarnya Anda telah bersepeda selama 60 menit. Musik membantu Anda menghalangi rasa gugup yang timbul.

Menstabilkan detak jantung setelah olahraga
Setelah melakukan suatu olahraga, biasanya detak jantung Anda akan meningkat. Mendengarkan lagu untuk olahraga dengan tempo yang lambat, akan mampu mengurangi kecepatan detak jantung Anda setelah olahraga hingga 90 detakan per menit. Perlahan kondisi dan kekuatan Anda pun turut pulih dan aman untuk melanjutkan aktivitas lain.