Apakah Jin Qorin itu beneran ada?

Halo aktivis baca :wink ,


Bagi teman-teman pembaca mungkin pernah mendengar informasi tentang orang yang kerasukan untuk menjadi mediator makhluk gaib. Mungkin kita akan menilai roh yang merasuki mediator tersebut adalah arwah yang “penasaran” di bumi. Tetapi, ada juga teori yang menyatakan bahwa sebenarnya arwah yang merasuki itu adalah Jin Qorin, yaitu jin yang mendampingi setiap manusia semasa hidup. Sobat pembaca pernah denger ga tentang Jin Qorin ini? Bagaimana pendapat sobat pembaca tentang Jin Qorin ini?

Saya pernah membaca tentang keberadaan Jin Qorin ini… Jin Qorin ini juga terdapat dalilnya dan disebutkan di dalam al-Quran seperti berikut :

Qorin adalah jin yang ditugasi untuk mendampingi setiap manusia dengan tugas menggoda dan menyesatkannya. Karena itu, qorin termasuk setan dari kalangan jin.

Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya, “Apa itu qorin?” Beliau menjawab, “Qorin adalah setan yang ditugasi untuk menyesatkan manusia dengan izin Allah. Dia bertugas memerintahkan kemungkaran dan mencegah yang ma’ruf. Sebagaimana yang Allah firmankan,

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَآءِ وَاللهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلاً وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian dan memerintahkan kemungkaran. Sementara Allah menjanjikan ampunan dan karunia dari-Nya. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 268)Akan tetapi, jika Allah memberikan karunia kepada hamba-Nya berupa hati yang baik, jujur, selalu tunduk kepada Allah, lebih menginginkan akhirat dan tidak mementingkan dunia maka Allah akan menolongnya agar tidak terpengaruh gangguan jin ini, sehingga dia tidak mampu menyesatkannya. (Majmu’ Fatawa, 17:427)

dan juga terdapat dalilnya di al-Quran yaitu:
Firman Allah

قَالَ قَرِينُهُ رَبَّنَا مَا أَطْغَيْتُهُ وَلَكِنْ كَانَ فِي ضَلالٍ بَعِيدٍ

“Yang menyertai manusia berkata : “Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh.” (QS. Qaf: 27)
Dalam tafsir Ibn Katsir dinyatakan bahwasanya Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu, Mujahid, Qatadah dan beberapa ulama lainnya mengatakan, “Yang menyertai manusia adalah setan yang ditugasi untuk menyertai manusia.” (Tafsir Ibnu Katsir, 7:403)

Sumber : Konsultasi Syariah

Sebuah pernyataan yang diberikan oleh Syaikh Ibnu Utsaimin tentang jin ini, yaitu “Seorang jin yang mendapat izin dari Allah SWT untuk bisa menggoda serta menyesatkan para manusia. Serta mengajak kita untuk melakukan kemungkaran”. Benar-benar mengerikan. Ternyata, Rasulullah SAW juga memiliki jin qorin ini. Namun karena jin qorin yang mengikuti Rasulullah mampu di-islamkan, maka jin tersebut hanya memerintah kebaikan. Sungguh luar biasa ya?

sumber: https://nulis.babe.news/baca/f4c675/tugas-jin-qorin/