Apakah Itu Tanaman Hias?

Kita semua tentu sudah tidak asing dengan istilah tanaman hias. Namun, apasih sebenarnya arti penting dari tanaman hias itu sendiri? Selain itu, apakah macam-macam tanaman hias yang ada, khususnya di Indonesia?

2 Likes

Tanaman hias atau juga dikenal dengan istilah ornamental plant adalah salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan dengan tujuan untuk menciptakan keindahan lingkungan. Adapan ilmu yang mempelajari tentang budidaya tanaman hias adalah floriculture. Di Indonesia, ada beberapa kelompok tanaman hias dilihat dari nilai estetika yang berasal dari organ tanaman antara lain:

1. Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga memiliki nilai hias atau estetika pada bagian bunganya. Keindahan tanaman hias bunga dapat dilihat dari bentuk bunga, warna, aroma, dan pemanfaatannya. Di Indonesia, contoh dari tanaman hias bunga adalah bunga mawar (Rosa sp.), krisan (chrysanthemum sp.), dahlia (Dahlia variabilis), dan melati (Jasminum sambac).

2. Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun memiliki nilai hias atau estetika pada bagain daunnya. Keindahan tanaman hias daun dapat dilihat dari bentuk daun dan warna daun. Di Indonesia, contoh dari tanaman hias daun adalah suplir (Adiantum cuneantum), sri rejeki (Aglonema sp.), kuping gajah (Anthurium crystallinum), dan begonia daun (Begonia sp.).

3. Tanaman Hias Buah

Tanaman hias buah dilihat keindahan melalui buahnya untuk menghiasi halaman rumah atau ruangan. Meskipun buah pada tanaman hias buah dapat dimakan, tetapi beberapa diantara tanaman hias buah hanya bisa dimanfaatkan sebagai hiasan. Adapun contoh tanaman hias buah adalah cabae pelangi (Capsicum annum), jeruk kingkit (Triphasia trifolia), tanaman buah tin (Ficus carica, L.), dan terong susu (Solanum mamosum).

4. Tanaman Hias Batang

Tanaman hias batang memiliki daya Tarik pada batangnya. Sehingga orang yang membudidayakan tanaman hias batang akan mengutamakan keindahan pada batangnya dengan membentuknya menjadi rangkaian yang unik dan menarik. Contoh tanaman hias batang adalah bambu kuning mini (Bambusa vulgaris), palem merah (Cyrtistachys lakka), kaktus (Notocactus leninghausii), dan bambu keberuntungan atau bambu hoki (Dracaena sanderiana).

Sedangkan industri secara komersial, tanaman hias dikelompokkan menjadi:

1. Bunga potong

Tanaman hias potong atau bunga potong (cut flower) adalah tanaman hias andalan di industri tanaman hias. Dimana bagian yang dinikmati nilai keindahan dan estetika dari tanaman hias potong adalah bagian batang sampai bunga tanaman. Contoh dari tanaman hias potong adalah krisan (Chrysanthenum sp.), mawar (Rosa sp.), anthurium (Anthurium sp.), dan lain sebagainya.

2. Tanaman hias dalam ruangan (indoor plant)

Tanaman hias dalam ruangan adalah kelompok tanaman hias yang sangat sangat tahan dan cocok berada di dalam ruangan. Sehingga, pada umumnya tanamn hias dalam ruangan diletakkan di dalam rumah sebagai hiasan untuk dinikmati nilai estetikanya serta untuk memberikan kesan segar dan asri. Bisanya tanaman hias dalam ruangan ditanam menggunakan pot, namun juga sering ditanam di taman dalam ruangan. Contoh dari tanaman hias dalam ruangan adalah suplir (Adiantum sp.), monstrea (Monstrea sp.), walisongo (Schfflera Dianne), dan Philodendron sp.

3. Tanaman hias taman atau outdoor plants atau lansekap

Hampir semua jenis tanaman hias dapat ditanam di luar ruangan dengan syarat memiliki iklim dan keadaan lahan yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman. Outdoor plant dapat langsung ditanam di tanah atau dengan menggunakan pot. Contoh dari outdoor plant adalah bugenvil (Bougainvillea glabra), dahlia (Dahlia variabilis), kamboja Jepang (Adenium sp.), dan anyelir (Dianthus caryophyllus).

Tanaman hias merupakan tanaman yang dapat menyejukkan jiwa, mendatangkan rasa tenang dan damai, serta dapat berperan dalam membentuk kehalusan budi. Selain itu, adapun manfaat dan kegunaan tanaman hias antara lain:

  1. Dari segi ekonomi, tanaman hias adalah tanaman yang bernilai ekonomi tinggi. Sehingga budidaya tanaman hias yang dikomersilkan dapat memberikan keuntungan besar bagi pelaku usahanya.
  2. Dari segi aesthetic atau seni, tanaman hias dapat menambah nilai estetika lingkungan rumah dan bangunan melalui pertanaman (landscaping), mendayagunakan penampilan lahan terbuka agar lebih berguna, dan meningkatkan jumlah area; terbuka hijau.
  3. Dari segi lingkungan, tanaman hias dapat meningkatkan kualitas udara bersih, menjaga terjadinya erosi, menyediakan keteduhan, menjaga kenyamanan lingkungan, dan melestarikan alam.
Referensi

Wisyastuti, Titiek. (2018). Teknologi Budidaya Tanaman Hias Agribisnis. Yogyakarta: CV Mine

.

1 Like

Tanaman hias merupakan salah satu kelompok tanaman dalam hortikultura. Hortikultura adalah ilmu yang mempelajari budidaya tanaman buah-buahan, sayuran, tanaman hias, dan tanaman obat-obatan. Cabang hortikultura yang mempelajari budidaya tanaman hias disebut Florikultur. Tanaman hias memiliki fungsi utamanya sebagai penghias. Fungsi penghias dimaksudkan sebagai pemberi keindahan dan menarik atau bisa dinikmati secara visual, baik yang ditanam di halaman maupun yang berada di ruangan.

Selain berdasarkan nilai estetika dan industri komersial, jenis tanaman hias juga dapat dibedakan berdasarkan kegunaannya yaitu:

  1. Tanaman Hias Sebagai Pagar
    Kelebihan pagar dari tanaman hias yaitu disamping tampak asri dan hijau, juga telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa beberapa tanaman hias bisa berfungsi sebagai penyerap kebisingan. Pagar hidup cukup ekonomis dan memiliki daya tarik tersendiri. Contoh tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai pagar yaitu soka, bambu, sirih merah, kembang sepatu dan bugenvile.

a

  1. Tanaman Hias Sebagai Pergola
    Tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai pergola diantaranya yaitu alamanda, air mata pengantin, nona makan sirih, Mucuna novaeguinensis dan Strophanthus gratus.

b

  1. Tanaman Hias Sebagai Peneduh
    Banyak tanaman hias yang difungsikan sebagai peneduh di pinggir jalan atau taman. Tanaman hias sebagai peneduh bisaanya adalah tanaman hias yang berbentuk pohon dan banyak daunnya. Contoh tanaman hias sebagai peneduh yaitu kakancingan, dadap merah, bungur, flamboyan dan tanjung.

c

  1. Tanaman Hias Penyerap Polutan
    Beberapa tanaman hias disamping keindahannya juga memiliki fungsi yang baik untuk menyerap polutan dan menjadikan udara bersih bebas dari radikal bebas. Contoh tanaman hias sebagai penyerap polutan yaitu tanaman laba-laba, srigading, beringin putih, paku boston dan lidah mertua.

d

  1. Tanaman Hias Bunga Potong
    Dimanfaatkan bunganya sebagai bunga potong (untuk rangkaian bunga, krans, buket, vas bunga). Daya tariknya terletak pada pada keindahan bunga, aroma, dan ketahanannya. Contoh tanaman hias sebagai bunga potong yaitu mawar, sedap malam, anyelir, krisan/seruni dan bunga kertas.

e

  1. Tanaman Hias Sebagai Bunga Tabur
    Di Indonesia masih banyak kegiatan adat dan budaya yang menggunakan bunga tabur dalam upacara ritualnya sehingga bunga tabur harus selalu ada di pasaran. Contoh tanaman hias sebagai bunga tabur yaitu kantil, kenanga, mawar, melati dan sedap malam.

f

  1. Tanaman Hias Sebagai Tanaman Obat
    Banyak tanaman hias yang mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan terhadap berbagai jenis penyakit. Contoh tanaman hias sebagai tanaman obat yaitu bugenvil, lidah buaya, kastuba, bunga pukul delapan dan iler.

g

Referensi

Widyastuti, I. 2018. Teknologi Budidaya Tanaman Hias Agribisnis . Yogyakarta: Mine.

2 Likes

Tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Bagian yang dimanfaatkan orang tidak semata bunga, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun,buah, batang, bahkan pepagan dapat menjadi komponen yang dimanfaatkan. Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar dapat diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dapat menjadikannya sebagai tanaman hias.

Dalam arsitektur landscap, bentuk dan penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan yang penting. Isu lainnya yang penting dalm tanaman hias adalah habitat alami yang disukai tumbuhan tersebut serta bentuk tajuk yang dimilikinya. Dalam pengertian ini, tanaman hias dapat mencakup pula tanaman tepi jalan serta tanaman penaung (di ruang terbuka).

Karena tanaman hias dikelompokkan berdasarkan fungsinya, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu tanaman sayuran, tanaman obat, atau tanaman buah menjadi tanaman hias, atau sebaliknya. Menciptakan lingkungan hiduo yang serasi, nyaman, dan menyenangkan merupakan tujuan penataan tanaman hias atau taman. Bahan tanaman hias untuk penataan lingkungan hidup, misalnya pekarangan-pekarangan atau taman-taman kota, amat banyak jenis arietasnya. Salah satu alternatif yang dapat dijadikan pedoman dalam penyiapan bahan tanaman hias adalah mengenal golongan flora hias itu sendiri.

Fungsi Tanaman Hias

Menanam atau mengoleksi tanaman hias mempunyai peran atau fungsi amat besar dalam kehidupan manusia dan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Fungsi tanaman hias antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Keindahan (Estetis)
    Secara visual tanaman hias atau tatanan pengaturan komposisi dan bentuk yang serasi dari aneka flora hias membuahkan rasa indah dan puas pada orang yang memandangnya.

  2. Stabilisator dan Pemelihara Lingkungan
    Berbagai aktivitas manusia dapat menyebabkan pencemaran lingkungan hidup. Tanaman hias berfungsi sebagai stabilisator dan pemelihara lingkungan karena tanaman ini dapat meredam getaran suara, menyaring debu, menyerap gas-gas beracn hasil pembakaran kendaraan bermotor ataupun pabrik, dan memelihara keadaan lingkungan, seperti suhu udara, kelembapan, dan angin dalam batas-batas yang nyaman untuk didiami. Tanaman hias menimbulkan udara yang sejuk dan nyaman walaupun udara bebas sebenarnya amat terik. Tanaman hias juga merupakan unsure pembentuk lingkungan kehidupan manusia dengan alam sekitar yang satu sama lain saling membantu sesuai dengan kodrat alami.

  3. Pendidikan (Edukatif)
    Tanaman hias atau tatanan aneka jenis tanaman hias dalam taman merupakan salah satu sarana pendidikan. Tanaman hias dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap alam, membentuk watak dan pribadi, serta memacu penelitian ilmu pengetahuan. Contoh paling sederhana fungsi tanaman hias di bidang pendidikan adalah penataan taman di sekolah taman kanak-kanak. Warna-warni tanaman hias dan bunga, seperti merah, kuning, oranye, hijau, dan biru akan menimbulkan perasaan gembira, gairah bermain sehingga menunjang pendidikan dan kembangkan jiwa anak-anak.

  4. Pemelihara Kesehatan (Higienis)
    Keindahan warna ataupun bentuk dan susunan tanaman hias dapat menumbuhkan ruas puas, tentram, dan tenang. Ketiga perasaan ini merupakan unsure pemelihara kesehatan jiwa dalam kehidupan manusia yang tidak dapat dinilai dengan ukuran kebendaan. Pada proses asimilasi, tanaman menghisap sisa-sisa zat arang (CO2) dan kotoran udara, sebaliknya juga menghasilkan zat asam (O2) yang amat dibutuhkan manusia untuk bernapas. Oleh karena itu, tanaman hias berfungsi sebagai paru-paru pembersih udara.

  5. Ekonomi dan Sosial
    Tanaman hias, termasuk bunga, memiliki nilai ekonomi dan sosial yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Komoditas ini, selain diperdagangkan di dalam negeri, juga dapat diancang sebagai bahan ekspor kepasar internasional. Budidaya tanaman hias dan bunga dalam skala komersial merupakan sumber pendapatan ekonomi rumah tangga maupun ekonomi negara (sumber devisa negara). Ketertiban dan keindahan suatu ekosistem juga dapat meningkatkan martabat ekosistem tersebut, misalnya martabat suatu kota. Stabilisasi sosial akan tercapai oleh setiap warga atau keluarga kota dengan memanfaatkan tanaman hias. Tanaman hias dan taman sering diasosiasikan sebagai tanaman yang serba mahal sehingga keberadaan suatu taman selalu dikaitkan dengan khayalan kemewahan. Padahal kesan tersebut keliru dan menyesatkan diri kita sendiri. Nilai keindahan suatu taman tidak ditentukan oleh mahal dan murahnya bahan yang dipakai, melainkan unsure kesederhanaan, kemurnian, keaslian, dan kewajarannya.

Referensi

Evinola. 2019. Ruang Lingkup Tanaman Hias. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia

Rukmana, Rahmat. 2000 . Teknis Perbanyakan Tanaman Hias. Kanisius

1 Like

izin menjawab kak, tannaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, maupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan atau busana, dan sebagai komponen karangan bunga. Bunga potong pun bisa dimasukkan sebagai tanaman hias. Pengertian tanaman hias ialah semua jenis tanaman yang bermanfaat untuk menambah keindahan dan kecantikan baik itu tanaman hias bunga, daun, batang ataupun akar. Dari penjelasan ini jelas tanaman hias ialah segala tanaman yang di tanam untuk estetika keindahan sehingga jenis jenisnya pun ada beraneka ragam. dapat berupa tanaman bunga, pohon bahkan buah buahan serta sayuran pun bisa digolongkan sebagai tanaman hias selama mereka memberikan unsur keindahan. Tanaman hias umumnya sengaja ditanam dengan tujuan untuk dapat memberikan kesan indah baik untuk dalam ruangan ataupun untuk dluar ruangan. Tanaman hias tidak hanya memberikan unsur keindahan saja namun juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kita. Manfaat yang kita dapatkan ini akan tergantung dari jenis tanaman yang kita pilih.

referensi : www.dosenpertanian.com

1 Like

saya pribadi berpendapat tanaman hias adalah seluruh tanaman yang keberadaannya dapat memperindah lingkungan tersebut. Bahkan, di rumah saya di kampung tanaman padi di tanam di wadah dan menjadi tanaman hias. menarik sekali

1 Like