Apakah itu Flinstone MVP yang Merupakan Salah Satu Tipe Dari MVP ?


Dalam Minimum Viable Product terpdapat beberapa tipe salah satunya yaitu Flinstone MVP. Apa itu Flinstone MVP dan apa contoh produk keluaran dari tipe MVP tersebut ?

Flinstone MVP merupakah salah satu tipe dari MVP dan biasa juga disebut dengan Wizard of Oz MVP. Disebut Flinstone dikarenakan pada film Flinstone terdapat sebuah mobil yang dapat bergerak yang kita kira digerakan oleh sebuah mesin, tetapi ternyata di dalam mobil tersebut hanya menggunakan kekuatan kaki dari pengemudi mobil tersebut. Jadi dasar prinsip dari tipe MVP ini adalah membuat gambaran produk yang berfungsi penuh, tetapi di belakang layar, menggunakan tenaga manusia untuk memberikan solusi.

Pendekatan dengan biaya yang rendah ini berarti Anda dapat menguji respons pasar terhadap produk Anda tanpa harus benar-benar membangunnya. Hanya setelah Anda melihat respons positif, Anda menginvestasikan waktu pengembangan untuk benar-benar menciptakannya.

Flinstone MVP ini pernah diterapkan oleh Nick Swinmurn pada Zappos untuk membuktikan bahwa strateginya berhasil. Pada awalnya, ia menghabiskan nol dolar untuk pembelian sepatu dan sewa gudang. Dia memposting foto sepatu di situs web. Setelah pelanggan mulai memesan sepatu, dia pergi ke toko, membeli sepasang yang dibutuhkan, dan mengirimkannya. Setelah menyadari proyek ini layak, ia menambahkan fungsionalitas ke situs web.

Referensi: