Apakah Instagram lebih baik daripada Snapchat untuk aplikasi berbagi foto?

  • Agree
  • Not Agree

0 pemilih

Berbagi momen bersama teman-teman sekitar dengan foto-foto yang kita ambil sendiri memang menyenangkan. Di masa sekarang,banyak sekali sosial media yang memfasilitasi kita untuk berbagi momen misalnya, Instagram dan Snapchat.

Apakah anda setuju dengan pendapat bahwa aplikasi Instagram lebih baik daripada snapchat untuk aplikasi berbagi foto?

:white_check_mark: Agree

Menurut saya, Instagram memang lebih baik daripada snapchat untuk berbagi foto. Mengapa ? Apabila dilihat dari jumlah pengguna kedua aplikasi ini, menurut http://www.adweek.com/socialtimes/adam-padilla-brandfire-guest-post-5-reasons-why-instagram-will-kill-snapchat/643544 perbandingan pengguna instagram dan snapchat adalah 5:1. Dari sisi tersebut dapat kita lihat bahwa instagram lebih banyak diminati dibanding dengan snapchat.
Penggunaan hashtags sebagai identifier pada instagram juga memungkinkan pengguna untuk menemukan gambar dan video lebih cepat. Secara umum, kualitas gambar pada instagram juga lebih tinggi daripada platform lain yang sejenis.
Selain itu, dibanding dengan snapchat, instagram memungkinkan konten yang permanen.
Sumber : https://netivist.org/debate/instagram-vs-snapchat

1 Like

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Dari sumber yang saya baca ( http://www.techtimes.com/articles/157987/20160513/heres-why-snapchat-better-instagram.htm ) dan beberapa alasan saya sendiri Snapchat lah yang lebih baik daripada Instagram, karena :

  • Snapchat mempunyai konsep yang baru dan berbeda dari banyak media sosial lainnya.

    Konsep yang dibawa Snapchat adalah pengguna diharuskan membagi foto atau video secara langsung yang diambil melalui kamera ponsel. Kemudian foto atau video yang telah bagikan hanya dapat dilihat dalam waktu 10 detik setelah itu menghilang selamanya. Walaupun ada cara membuat foto atau video bertahan selama 24 jam. Di Snapchat baik foto atau video akan menjadi video dengan durasi 10 detik.

  • Snapchat memberikan keamanan privasi yang lebih

    Foto atau video yang di bagikan tidak akan bisa disaksikan sembarang orang karena hanya orang-orang yang menabahkan akun Snapchat pengguna yang dapat melihatnya. Dalam aplikasi Instagram tentu saja dapat diprivasi juga. Namun Snapchat mengembangkan ke arah yang lebih kuat seperti jika ada user lain yang mengambil atau screnshot foto pengguna, maka akan mucul notifikasi siapa saja yang melihat dan menyimpan foto tersebut.

:white_check_mark: Agree

Ada beberapa pendapat saya mengenai kelebihan instagram dibandingkan dengan
snapchat berdasarkan sumber yang telah saya baca (http://blog.hubspot.com/marketing/instagram-features-tricks#sm.00000m4xo3rr6ud8yxrkjqqejzh86)
berikut uraiannya ;

Filter foto dapat diatur
Dalam instagram terdapat fitur pengaturan filter dimana fitur ini digunakan bagi user instagram
yang sering memakai instagram. Dalam fitur ini, terdapat mode penyimpanan foto original
dimana user akan membutuhkannya di lain waktu, meskipun foto yang di upload
adalah hasil filter .

Filter foto bersifat permanen, tidak sering berganti-ganti
Filter yang tersedia di dalam instagram bersifat scenic dan mempunyai tingkat kontras warna antar filter yang jumlahnya sangat variatif, tak jarang user akan semakin cenderung menggunakan instagram karena warna filter yang tidak biasa (terlebih tahap foto
profesional) sehingga hasil foto yang di upload berbentuk foto berwarna apik,
dan tentunya unik.

2 Likes

:white_check_mark: Agree

Pendapat saya, aplikasi instagram lebih baik dari pada aplikasi snapchat dari sumber yang saya baca : https://www.fastcodesign.com/3062564/instagram-stories-is-better-designed-than-snapchat-even-if-it-looks-like-a-knockoff
Di Instagram stories kita bisa melihat video atau foto seseorang untuk kedua kalinya dengan cara menggesek ke belakang. Kita juga bisa menyampainkan pesan pribadi kepada seseorang dan pesan pribadi tersebut bersifat permanen, akan hilang jika di hapus oleh pengguna tersebut.
Berbeda dengan Snapchat untuk melihat video dan foto seseorang kita harus menunggu sampai cerita tersebut di akhir. Dan pesan pribadi di Snapchat tidak bersifat permanen.

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Snapchat bisa chat dengan bertukar foto atau video denngan privasi yang tinggi

chat dengan tipe seperti ini mungkin sudah banyak tersedia di media sosial lain, namun kelebihannya adalah chat di snapchat lebih pribadi dan terjaga kerahasiannya, karena konten yang dibagikan bertahan selama 10 detik.

:white_check_mark: Agree

Saya kurang setuju dengan pendapat anda, karena kini Instagram memiliki beberapa fitur baru, yaitu:

Instagram stories
Instagram juga memiliki fitur yang dapat digunakan untuk membagi foto atau video secara spontan. Fitur tersebut dinamakan instagram stories. Secara teknis, Instagram stories memang mirip seperti Snapchat tetapi ada beberapa hal yang berbeda, misalnya dalam segi filter dan timeline. Dari segi filter memang snapchat lebih unggul, tetapi dari segi timeline, Instagram stories menurut saya lebih rapi karena momen yang kita share diurutkan mulai dari momen terlama sampai terbaru pada hari itu.Pengaturan privasi akun anda juga mempunyai efek terhadap siapa saja yang dapat melihat story anda. Ketika anda mensetting akun anda menjadi private, followers yang anda terima di list follow request dapat melihat story anda. Ketika anda mensetting akun seperti biasa/umum, followers anda dapat melihat story anda dari timeline dan siapapun selain follower anda pun dapat melihatnya.
Sumber:(http://blog.instagram.com/post/148348940287/160802-stories)
(https://help.instagram.com/1660923094227526)

Durasi video Instagram lebih panjang
Snapchat hanya dapat menampilkan video dengan durasi 10 detik, berbeda dengan instagram, durasi maksimal video Instagram adalah 60 detik. Mengapa 60 detik? Itu semua demi mengoptimalkan sisi metric dari pengamat videonya, seperti yang dikatakan oleh CEO MassiveImpact bidang Performa Periklanan Mobile, Sephi Shapira
“ini semua tentang menjaga para pengguna untuk tetap berada dalam feed Instagram itu sendiri” kata Shapira, yang menjelaskan bahwa fitur 60 detik sebagai fitur ajaib Instagram.
Kebutuhan video secara signifikan meningkat terus menerus bagi Instagram, yang dimana akibat fitur ini Instagram mampu menyentuh 400 juta pengguna aktif setiap bulannya. Dalam lebih dari 6 bulan belakangan ini, jumlah waktu pengguna untuk menghabiskan waktunya untuk menonton video di Instagram mengalami peningkatan sebesar 40%, menurut data perusahaan mereka. Sejak fitur tab Instagram ‘explore’ dirubah pada waktu musim panas tahun lalu, Instagram sudah melakukan memberikan jasa untuk upload video dengan tambahan fitur yang dibuat dengan adanya places (peta lokasi foto) dan tag accounts (tanda akun Instagram di dalam foto itu sendiri), yang sudah terspesialisasi dengan foto-foto para (artis) pemusik, atlit, bangunan-bangunan, dan kadang foto-foto pemandangan seperti pantai.

Format video yang lebih lama dapat membantu meningkatkan jumlah waktu pengguna menghabiskan waktunya di dalam aplikasi dan membuat Instagram mempunyai nilai lebih sebagai alat sekaligus pemberi dukungan terhadap event secara live pada kedepannya.
Sumber: (http://www.forbes.com/sites/kathleenchaykowski/2016/03/29/why-instagram-extended-its-video-length-limit-to-60-seconds/#99e21843cb48)

2 Likes

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Foto atau video yang dibagikan di Snapchat adalah yang tebaru dan secara langsung
melalui fitur kamera Snapchat, penangkapan gambar atau video secara langsung dan bersifat nyata sehingga tidak dapat dipalsukan. selain itu user dapat menambahkan efek animasi ( dengan teknologi pengenalan wajah) yang setiap hari diperbarui secara gratis dan dapat menuliskan caption secara langsung di dalam foto/ video .

:white_check_mark: Agree

Menurut pengalaman pribadi saya, dengan chat yang hanya bisa bertahan selama 10 detik, seringkali membuat saya lupa apa yang tadi saya bicarakan dengan teman saya.

2 Likes

:white_check_mark: Agree

Memang pada snapchat, gambar dan video yang di share sifatnya spontan atau langsung, tetapi pada umumnya user selalu ingin hasil yang terbaik dengan menambahkan filter-filter agar foto atau videonya lebih menarik. Resolusi foto pada instagram juga lebih tinggi dri snapchat, yaitu 1080 pixel sehingga lebih nyaman untuk dipandang pula.
Sumber:(https://colorlib.com/wp/size-of-the-instagram-picture/)

2 Likes

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

instagram story hampir identik dengan Snapchat Story. Dalam sebuah wawancara CEO Instagram, KEVIN SYSTROM mengakui bahwa Snapchat adalah inspirasi utama untuk fitur instagram story. (https://blog.bancdebinary.com/2016/08/03instagram-ceo-admints-to-copy-snapchat/) sehingga tidak aneh jika instagram lebih mencuat dengan ide murni dari Snapchat. di lingkungan startup sudah tidak asing dengan pencurian ide dan menyalin terang terangan. namun jarang jika seorang CEO besar mengakui bahwa perusahaan mereka telah mencuri ide dari orang lain.

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Salah satu keunggulan yang dimiliki snapchat selain memiliki banyak filter yang berbentuk animasi-animasi, snapchat juga memiliki yang namanya geofilter. Geofilter artinya ketika kita mengabadikan suatu momen foto atau video disnapchat kita bisa menunjukan atau menanpilkan lokasi kita,jadi orang-orang bisa mengetahui dimana lokasi kita mengabadikan momen tersebut.
Sumber : https://www.thrillist.com/tech/nation/instagram-snapchat-stories-new-features