Apakah Insecure Dapat Menganggu Kesehatan Mental?

images (3)

Remaja memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan generasi selanjutnya. Di dalam proses menuju dewasa ini, banyak sekali hambatan yang dapat memengaruhi kesehatan mental mereka, salah satunya adalah rasa insecure.

Insecure adalah perasaan tidak aman yang dapat terjadi pada setiap orang. Ketidakamanan bisa terjadi saat kita merasa khawatir, malu, dan tidak percaya diri. Saat orang hidup dalam ketidakamanan, orang cenderung merasakan ketakutan dalam hal apapun. Insecure dalam psikologi jika kita artikan merupakan sebuah upaya dari adanya emosi yang terjadi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Kemudian mengenai suatu aspek tertentu yang terjadi di dalam kehidupan kita yang bisa kita anggap sebagai kehidupan yang relevan, serta hal- hal yang menjadi penilai dapat menimbulkan negatif di dalam perasaan yang kita miliki. Karena di dalam hidup ini kita biasa menganggap inferioritas merupakan sebuah hal yang membuat kita tidak mampu menghadapi suatu tantangan yang biasa kita anggap sebagai hal yang tidak memenuhi standar tertentu dari diri orang lain maupun diri kita sendiri.

Namun salah satu hal ini biasanya hanya akan berhubungan dengan seorang individu yang biasa melakukan rasa tidak aman dan juga cara orang tersebut mengenai pribadi dirinya sendiri. Rasa itu juga bisa kita dapatkan dari rasa malu yang kita alami misalnya malu dengan berat badan, dengan warna kulit sampai dengan hal- hal yang tidak sesuai dengan diri kita sendiri untuk itulah kita terbiasa memancarkan sesuatu yang berkaitan dengan aura diri kita.

Insecure yang ada di dalam diri kita juga bisa berkaitan dengan diri sendiri yang memang tidak memiliki kemampuan untuk bisa menahan emosi dan juga kesulitan dalam pembagian emosi yang ada di dalam dua level tertentu. Karena dengan adanya fenomena tersebut juga bisa membuat kita mempertanyakan hal- hal lainnya.

Jadi, apakah insecure dapat menganggu kesehatan mental?

Menurut saya pribadi iya. Karena, seperti yang kita tahu bahwa insecure sendiri adalah perasaan tidak aman yang dapat terjadi pada setiap orang. Ketidakamanan bisa terjadi saat Anda merasa khawatir, malu, dan tidak percaya diri. Saat orang hidup dalam ketidakamanan, orang cenderung merasakan ketakutan dalam hal apapun. Hal ini banyak sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bagimana tidak, kita selalu disuguhkan dengan berbagai fenomena dan masalah setiap hari. Contoh saja saya, saya sering merasa insecure pada diri saya sendiri, merasa tidak percaya diri, membandingkan diri dengan orang lain dan selalu merasa khawatir. Tetapi, perlahan perasaan ini dapat saya tepis dengan menyibukkan diri dengan berbagai macam hal. Kita tidak perlu merasa insecure , karena diri kita adalah kita. Seperti yang dikatakan oleh Shannon Alder:

“Akan selalu ada seseorang yang mau melukaimu, merendahkanmu, bergosip tentang dirimu, meremehkan pencapaianmu dan menilai jiwamu. Itu adalah fakta yang harus kita hadapi. Namun, jika Anda menyadari bahwa Tuhan adalah sahabat terbaik yang berdiri di samping Anda ketika orang lain melemparkan batu, Anda tidak akan pernah takut, tidak pernah merasa tidak berharga dan tidak pernah merasa sendirian. ”

Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa merasa insecure adalah hal yang manusiawi, semua orang pasti pernah merasakan hal tersebut. Tak kecuali diri kita sendiri yang merasa insecure. Insecure adalah perasaan tidak aman karena merasa dirinya lebih rendah dari orang lain, serta menggangap dirinya kurang. Mungkin kita harus memulai dengan self love atau mencintai diri kita untuk mampu mengurangi insecure tersebut. Memang, menerima kekurangan bukanlah sesuatu hal yang mudah, tapi dibalik kekurangan pasti ada kelebihan dalam diri kita yang patut kita syukuri. Mulailah dengan tidak membandingkan diri kita dengan orang lain, karena kita sendiri memiliki sisi unik masing-masing. Kita tahu bahwa itu sulit, tetapi dengan niat dan usaha pasti semua bisa. Jadi, mulailah untuk mencintai diri sendiri.

Shannon Alder mengatakan bahwa :

“Saya yakin bahwa yang cemburu, marah, pahit, dan egois adalah yang pertama berlomba ke puncak gunung. Orang yang percaya diri menikmati perjalanan, orang-orang yang mereka temui di sepanjang jalan dan melihat hidup bukan sebagai kompetisi. Mereka mencapai puncak terakhir karena mereka tahu Tuhan tidak ada di puncak menunggu mereka. Dia di bawah membantu para pengikutnya untuk memahami bahwa pandangan itu mulia di mana pun Anda berdiri. "

Setiap orang pastilah memiliki rasa insecure-nya sendiri-sendiri. Dan yang menjadi permasalahannya disini adalah terdapat hal- hal yang menjadi kecil hati kita dan juga membuat kita lebih sulit untuk melangkah. Dimana ketika kita hendak membandingkan diri kita dengan diri orang lain, biasanya kita akan merasa kelebihan dan juga tidak memiliki hal-hal yang kita miliki. Hal tersebut itulah yang biasanya membuat diri kita merasa tidak insecure dan juga kehilangan kepercayaan diri. Kita juga harus memahami, bahwa ada hal-hal yang memang harus kita bandingkan dengan orang lain, misalnya ketika kita harus menganggap diri kita jauh lebih spesial dari orang lain.

Hal ini jugalah yang bisa membuat kita mengetahui cara hidup bahagia menurut psikologi dengan baik. Cara lainnya yang bisa kita lakukan adalah untuk tetap melihat ke masa depan. Kita memang pernah memiliki masa lalu yang tidak menyenangkan, atau masa lalu yang gelap. Hal tersebut itulah yang biasanya akan membuat kita merasa terpuruk dan ada saatnya juga kita merasa bahwa kita tidak ingin hidup dan tidak layak untuk hidup.

Namun harus kita ketahui juga, yang lalu biarlah berlalu dan kita harus melihat ke masa depan dan jangan sampai melakukan kesalahan yang sama lagi. Hal yang harus kita pikirkan juga adalah jangan pernah membuat diri kita merasa bahwa kita mendefinisikan siapa diri kita sekarang. Sehingga merasa bahwa diri kita ini tidak layak. Yang berikutnya jangan sampai kita terlalu sering melihat sosial media. Dengan terlalu sering melihat sosial media akan membuat kita kesulitan untuk bangkit. Pastinya cara bangkit dari keterpurukan menurut psikologi yang pernah terjadi di dalam diri kita itu tidak mudah. Untuk itu hal lain yang harus dilakukan adalah dengan tetap melihat ke depan dan jangan sampai terlalu sering melihat orang lain atau selalu bersyukurlah dengan apa yang kita miliki sekarang.

Hal lain yang akan menyulitkan kita dalam hal insecure dalam psikologi adalah terlalu overthingking atau berpikir yang terlalu berlebihan. Sehingga dengan hal ini jika kita terlalu banyak berfikir dan juga tidak mempedulikan kesehatan, nantinya kita merasa tidak nyaman dengan diri kita dan hal tersebut akan membuat diri kita malah semakin menjadi pribadi yang cuek.

Untuk itu jangan terlalu keras pada diri sendiri dan juga jangan pernah berfikir bahwa diri kita tidak berharga, apalagi merasa bahwa kita tidak menarik dan pintar. Untuk saat ini segeralah berfikir positif apapun yang terjadi. Untuk cara mengatasi yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan selalu menuliskan hal- hal positif di dalam jurnal diri kita, khususnya ketika kita tengah merasa insecure. Akan ada orang yang selalu merendahkan kita, ada dan pasti ada. Tetapi kita tidak boleh terus larut dalam hal itu.

Penyanyi Demi Lovato pernah mengatakan :

“Akan selalu ada orang yang tidak suka padamu, tapi jangan biarkan mereka memengaruhimu, jangan juga biarkan mereka mengambil bagian dari dirimu”.

Karena tubuh kita ini memang membutuhkan hal-hal positif atau pun berbagai hal yang bisa melawan rasa insecure yang ada di dalam diri kita. Anda juga perlu dikelilingi dengan orang-orang yang akan membuat kita jauh lebih suportif. Setiap orang pastinya membutuhkan dukungan dari orang terdekatnya, misalnya sahabat atau pasangan, sehingga bisa menumbuhkan lagi rasa kepercayaan diri yang ada di dalam diri anda. seorang sahabat yang bisa mengingatkan diri anda mengenai hal positif yang anda miliki.

Cara mencegah hal insecure yang ada di dalam diri kita sebenarnya bisa kita lakukan sendiri dengan mudah, asalkan ada kemauan di dalam diri kita yang kuat, seperti dengan terus melawan insecurity dengan hal-hal atau perkataan yang positif. Hal ini juga harus anda lakukan, dan terus menerus melakukannya. Lawan secara terus menerus dengan kalimat positif, sehingga pada akhirnya anda bisa mengatasi hal tersebut.

Daftar Pustaka

  • Suara.com. Insecure Dapat Mengakibatkan Fatalnya Mental Ilness Pada Remaja”.
  • Dian Afrilla .2017. Mengapa orang merasa insecure. Diakses Minggu, 19 April 2020 18:07 WIB.
  • Audian Laili.2019. Hidup Penuh Insecure, Mau Bahagia Kok Kebanyakan Mikir?. Diakses Minggu, 19 April 2020 18:10 WIB.
  • San.2020. “Pahami Perasaan Insecure, Ini Dia Cirinya!”. Diakses Minggu, 19 April 2020 18:12 WIB.
2 Likes