Apakah ikan Guppy dapat hidup tanpa aerator ?

Untuk memelihara ikan Guppy dalam akuarium, apakah dibutuhkan aerator?

Bisa. Ikan guppy termasuk ikan hias yang bisa hidup meskipun tidak menggunakan aerator. Aerator sendiri adalah gelembung udara yang digunakan di dalam akuarium atau kolam agar kebutuhan oksigen ikan bisa terpenuhi.

Berikut cara memelihara ikan guppy tanpa menggunakan aerator.

  1. Siapkan tempat
    Menyiapkan tempat seperti aquarium, toples atau wadah bersih untuk meletakkan ikan hias guppy. Ukuran yang bisa dipakai adalah 30x25x25 cm atau 28x20x15 cm. Jika ikan guppy tidak banyak, maka menggunakan toples kaca pun bisa. Toples biasanya hanya bisa menampung 1 sampai 2 ikan guppy.

  2. Siapkan air
    Siapkan air bersih, lalu masukkan ke dalam tempat atau wadah ikan yang tadi telah disiapkan. Perlu diingat bahwa Anda harus mengendapkan air tersebut terlebih dahulu sebelum ikan guppy dimasukkan ke dalam wadah berisi air. Air yang baru dimasukkan ke dalam wadah tidak boleh langsung ditempati ikan guppy. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan ikan mati.

  3. Gunakan garam ikan
    Masukkan garam ikan atau garam kristal ke dalam wadah yang sudah diisi air. Masukkan sedikit saja, jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan air keasinan. Garam ikan ini mungkin terdengar asing bagi Anda tapi jika mencarinya khusus di toko ikan hias, Anda akan dengan mudah menemukannya.

  4. Masukkan ikan guppy
    Apabila air sudah diendapkan selama 1 sampai dengan 2 hari, barulah Anda masukkan ikan guppy. Tapi, jangan langsung dibiarkan begitu saja. Anda awasi ikan setelah dimasukkan. Awalnya, ikan guppy akan berada di atas permukaan air. Hal tersebut sangatlah wajar, karena ikan membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan air dan tempat yang baru.

Agar ikan guppy bisa tetap hidup sehat, Anda harus melakukan pergantian air dengan cara memindahkan airnya sebagian terlebih dahulu atau parsial. Yang paling penting pastikan jika wadah ikan mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung.