Apakah ikan dapat bertahan hidup di darat?

Pernahkah kalian bertanya-tanya, apakah ikan bisa hidup di daratan tanpa air? Bukankah kita sebagai manusia bisa hidup dengan nyaman di daratan? Apa beda kita dengan ikan?

Ikan tidak akan bisa hidup di darat tanpa air. Setidaknya, mereka akan bertahan selama beberapa menit sebelum akhirnya mati. Mengapa begitu? Sebab ikan tidak bisa bernapas di darat seperti kita dan mamalia lainnya. Kita tahu, setiap makhluk hidup memerlukan oksigen untuk bertahan hidup. Bedanya, kita mengambil oksigen dari udara, sedangkan ikan dari air. Hal ini juga dipengaruhi organ yang bertugas menyaring oksigen tersebut. Kita, manusia dan mamalia lainnya, memiliki hidung dan paru-paru. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan udara, dan mengambil oksigen yang berharga.

Nah, pada ikan, mereka memiliki organ tersendiri bernama insang, bahwa air tawar dan air laut juga mengandung oksigen. Ikan akan menggunakan insang mereka untuk mengumpulkan air dan menyaring oksigen yang berguna bagi tubuh mereka. Itulah mengapa ikan tidak bisa bertahan hidup di darat. Sebab organ mereka didesain untuk mengambil oksigen dari air, bukan udara. Begitupun dengan kita, manusia. Kita tidak akan bisa bertahan terlalu lama di dalam air tanpa alat bantu khusus. Sebab tentu saja, paru-paru kita hanya didesain untuk mengambil oksigen dari udara, bukan dari air