Apakah Ide Bisnis Startup Milikmu Belum Ada yang Melakukannya?


(Saintia) #1

Dalam memulai bisnis startup, ada kalanya kita bertanya-tanya apakah bisnis yang akan kita lakukan ini sudah dilakukan oleh orang lain atau belum.

Permasalahan ini penting mengingat bahwa keunikan dari suatu bisnis startup bisa mendapatkan tempat spesial di hati pelanggan. Keunikan dari suatu bisnis juga bahkan bisa menentukan apakah bisnis ini akan bisa bertahan atau tidak.

Pada dasarnya, ada tidaknya bisnis yang akan kita mulai bukanlah suatu masalah yang besar.

Dalam memulai sebuah bisnis, akan selalu ada kompetisi yang terjadi dan yang menentukan apakah bisnis kita bisa bertahan atau tidak adalah melalui kompetisi tersebut.

Menurut John Warren, Manager at HIAB, Inc., kita bisa mencari tahu apakah bisnis yang akan kita lakukan sudah ‘eksis’ di dunia bisnis atau belum melalui beberapa cara dibawah ini:

  • Pencarian Google

Lakukan pencarian informasi tentang bisnis yang hendak kamu lakukan melalui Google. Gunakan kata-kata kunci yang unik untuk mendapatkan hasil yang bervariasi. Carilah menggunakan kata-kata atau istilah yang digunakan jika seandainya kamu adalah seorang calon pelanggan. Jika kamu mendapati banyak iklan tentang bisnis tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa ada seseorang diluar sana, bahkan mungkin beberapa orang, yang juga memiliki ide bisnis startup yang sama denganmu. Bahkan mungkin bukan hanya memiliki ide yang sama denganmu, bisa saja bisnis mereka malah sudah berjalan dengan sukses.

  • GoDaddy

Jika kita melakukan pencarian secara umum di Google, sekarang saatnya untuk melakukan pencarin informasi ide bisnis startup milikmu dengan melakukan pencarian domain bisnis startup di situs web GoDaddy. Disini kita bisa melakukan pencarian untuk ide nama bisnis, nama perusahaan bahkan mencari tahu apa yang sebenarnya dicari pelanggan dari suatu bisnis startup. Jika nama-nama yang kamu masukkan ternyata sudah ada alamat situsnya, maka sudah dapat dipastikan bisnis-bisnis sejenis sudah ada. Dan kamu harus mau menerima kenyataan bahwa akan sulit untuk ikut terjun di bisnis startup sejenis.

  • KnowEm

Pernah mendengar aplikasi bernama KnowEm? Jika belum pernah, kamu tidak sendiri. Aplikasi ini bisa membantumu mengecek kepopuleran suatu istilah atau kata. Aplikasi ini juga dapat membantumu untuk melihat apakah istilah tersebut sudah diklaim oleh situs-situs populer semacam Facebook, Twitter atau situs-situs blog lainnya.

  • Cari Di Sosial Media

Carilah segala hal yang berkaitan dengan ide bisnis startup milikmu di media sosial dengan menggunakan fitur pencarian di media sosial tersebut. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas hashtag. Kamu juga bisa berlangganan akun Youtube, media sosial atau blog calon kompetitor bisnismu untuk menambah pengetahuan tentang bisnis itu sendiri, termasuk posisimu dalam kompetisi bisnis sejenis.

Menurut Steve Wilhelm, Co-founder, Euclid Inc., ada beberapa tambahan yang perlu dilakukan apabila kita ingin mengetahui lebih jauh terkait ide kita, antara lain dengan cara :

Berbicara langsung dengan calon pelanggan kita sebanyak mungkin, jelaskan ide kita kepada mereka dan tanyakan apakah mereka pernah meilhat produk atau jasa sejenis dengan ide anda ?

Jika mereka menjawab iya, tanyakan kepada mereka apakah mereka menggunakannya atau tidak.
Jika mereka menggunakan produk atau jasa tersebut, tanyakan kepada mereka mengapa mereka teteap menggunakannya atau bahkan berhenti menggunakannya.

Jika mereka menjawab tidak, tanyakan kepada mereka, apakah mereka mau membeli produk atau menggunakan jasa tersebut dan bagaimana produk dan jasa tersebut menjadi lebih baik lagi.

Mungkin anda akan berpikir, “Jika saya berbicara dengan banyak orang terkait dengan ide kita, seseorang akan mencuri ide kita” Jawabannya adalah, jangan pernah takut mereka akan mencuri ide kita.

##MENDAPATKAN IDE ADALAH HAL YANG MUDAH, MELAKSANAKAN IDE TERSEBUT MENJADI KENYATAANLAH YANG BERAT

Lihat artikel lengkapnya di Saintia