Apakah hubungan ideal mu?

Menurut Robert Stenberg, cinta dapat diibartkan layaknya segitiga yang terdiri dari 3 komponen. 1.Intimacy yaitu perasaan dekat, adanya ikatan dan merasa terhubung dengan pasangan.
2. Passion yaitu perasaan yang lebih mengarah pada ketertarikan fisik, hubungan romantis ketertarikan seksual.
3. Commitment yaitu keinginan untuk terus bersama dan menentukan keputusan untuk tujuan bersama.

  • Liking: Hubungan tipe Liking hanya didasarkan pada perasaan keintiman (intimacy), merasa dekat namun tidak adanya ketertarikan fisik dan komitmen. Hubungan ini sering juga ditemui dalam hubungan persabahatan dan dapat berkembang menjadi bentuk hubungan lainnya.
  • Infatuation Dalam hubungan ini lebih didominasi oleh ketertarikan fisik (passion) namun tanpa adanya perasaan terikat bahkan enggan membangun komitmen.
  • Empty Love Jika kamu sedang berada di hubungan yang hanya memiliki komitmen (commitment) namun tanpa adanya perasaan terikat dan ketertarikan fisik atapun seksual, maka kemungkinan besar kamu ada di tipe Empty Love. Ini sering ditemui dalam hubungan yang didasarkan atas perjodohan.

References: http://pzacad.pitzer.edu/~dmoore/psych199/1986_sternberg_trianglelove.pdf

Jadi, apakah hubungan idealmu dalam relationship?

Dulu aku sering punya pikiran kalau hubungan yang ideal itu saling kasih kabar, banyak-banyak memuji satu sama lain, percaya satu sama lain (nggak dulu saja, sekarang juga), jaga jarak dengan lawan jenis, dan lain-lain. Tapi aku bersyukur sih karena sekarang mindset aku sudah berubah banyak. Curhat sedikit, dulu aku pernah ada di dalam hubungan panjang sampai bertahun-tahun, dan dengan mindset lawasku, jujur hubungan itu jadi menguras energi, waktu, mental, dan lain-lain. Jadi setelah keluar dari hubungan tersebut, aku jadi punya gambaran untuk hubungan selanjutnya yang lebih sehat dan ideal.

Hubungan idealku saat ini lebih ke saling percaya, tidak clingy, tidak terlalu posesif, tidak terlalu bergantung, dan yang jelas have fun saja. Dan karena sudah lelah dengan hubungan yang isinya mengabari terus 24/7, jadi sekarang idealnya chatting sewajarnya saja kalau tidak bisa ketemu, tidak harus dari pagi buta sampai larut malam. Dan lagian, semakin dewasa semakin sadar juga kalau prioritas dan kesibukan orang setiap harinya berbeda, jadi hubungan idealku ya hubungan yang bisa dibawa santai saja.

1 Like

Dari dulu, saya selalu ingin mempunyai hubungan yang tidak toxic. Menurut saya, hubungan yang ideal adalah ketika sama-sama saling terbuka, namun juga tidak mencampuri privasi masing-masing. Saya tidak ingin hubungan yang possesive, dalam artian masih menghargai kebebasan saya utnuk bersosialisasi dan melakukan hal-hal yang saya sukai. Saya juga menginginkan hubungan yang affectionate, yang cocok dengan komponen pertama yaitu intimacy.

1 Like

Masing masing orang tentunya memiliki hubungan idealnya masing masing, dan semua behak atas hubungannya masing masing, sehingga antar individu tak bisa disamakan. Kalau aku pribadi, hubungan yang ideal menurutku adalah hubungan yang dilandasi rasa saling percaya, komitmen yang kuat, serta saling pengertian. Kemudian, saling memiliki pemikiran dewasa dan cakap dalam berdamai dengan emosinya. Itu kombinasi yang the best sih menurutku terkait hubungan yang ideal versiku.

1 Like