Apakah Hinaan kepada Seseorang dalam Konteks Bercanda termasuk Hate Speech?

image

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Bercanda adalah hal yang sering dilakukan untuk meringankan suasana dan membuat teman. Namun terkadang bercanda dengan teman bisa menggunakan kata hinaan, dan kedua orang tersebut bisa saja ketawa atau salah satunya merasa sakit. Sehingga memunculkan pertanyaan jika Hinaan tersebut bisa dilaporkan sebagai Hate Speech walaupun konteksnya adalah sebagai candaan.

Apakah hinaan dalam kontes bercanda termasuk Hate Speech?

1 Like
Menurut saya tergantung konteks dari candaan itu sendiri, opini saya jika candaan itu berupa body shaming, sara, rasis dsb itu merupakan hate speech.

Menurut saya hal tersebut dapat dikatakan hate speech karena kita tidak tau bagaiaman perasaan orang yang sedang kita ajak bercanda walaupun dia tertawa, karena ditakutkan dapat membuat mental orang yang di bercandaan menjadi down

Menurut saya tergantung dari konteks bercandaan dan bagaimana interaksi antara pelaku dan korban tersebut, apa bila bercanda an tersebut sudah mengarah ke yang tidak benar dan menjatuhkan diri orang yg dijadikan bahan bercanda, serta korban tidak terima dan tidak ada upaya untuk meminta maaf dari pelaku maka hal tersebut tentu bisa dikatakan merupakan upaya ujaran kebencian.